Mengenal Llama, Hewan Yang Memiliki Karakter Lembut

Gambar 1. Llama
Gambar 1. Llama

Halo Sahabat Alam! Pasti kalian tau kan dengan hewan lucu yang satu ini? Yap, bener banget! Eitss, jangan ketuker ya dengan alpaca karena hewan ini adalah hewan llama, lho. Nah, mau tau seputar llama ini? Yuk, kita simak bareng-bareng.

Ads

Deskripsi, Asal-Usul dan Habitat

Sebagai pembukaan, Sahabat Alam harus tau nih tentang hewan llama, mulai dari asal-usulnya maupun habitatnya. Nah, llama ini merupakan salah satu jenis unta jinak yang ada di bagian Amerika Selatan. Dagingnya banyak dijadikan sebagai makanan dan llama ini merupakan hewan pengangkut barang oleh budaya Andes sejak era Pra-Columbus. Selain itu, llama juga salah satu hewan yang hidup bersama dengan orang lain sebagai kawanan yang sangat sosial. 

Menurut mitologi Aymara, llama adalah makhluk atau hewan yang penting. Menurut mitologi Aymara eskatologi, llama akan kembali ke mata air dan laguna tempat asalnya pada akhir zaman. Sekitar 40 juta tahun yang lalu diperkirakan nenek moyang llama berasal dari dataran tengah Amerika Utara dan mulai bermigrasi ke Amerika Selatan sekitar tiga juta tahun yang lalu. Namun pada akhir zaman es terakhir yaitu sekitar 10.000-12.000 tahun yang lalu, terjadi kepunahan di Amerika Utara. Kemudian pada tahun 2007, terdapat lebih dari tujuh juta llama dan alpaca yang ada di Amerika Selatan yang kemudian diimpor pada akhir abad ke-20. Saat ini, llama dirawat dan dikembangbiakkan di seluruh dunia. 

Habitat asli alami hewan yang satu ini berada di dataran tinggi Andes yang dingin dan kering, tempat mereka tinggal di puncak gunung yang terjal. Khususnya Altiplano dari Bolivia bagian barat dan Peru bagian tenggara. Namun, di zaman modern ini llama dapat ditemukan hidup di berbagai habitat, termasuk di padang rumput dan di lahan pertanian.

Klasifikasi Hewan Llama

Llama terdiri dari vicuña (Vicugna vicugna, prev. Lama vicugna), guanaco (Lama guanicoe), Suri alpaca, Huacaya alpaca (Vicugna pacos, prev. Lama guanicoe pacos) dan llama domestik (Llama glama). Jenis guanacos dan vicuñas hidup di alam liar, sedangkan llama dan alpaca adalah salah satu hewan peliharaan. Analisis DNA telah mengkonfirmasi bahwa vicuña adalah nenek moyang liar dari alpaca sedangkan guanaco adalah nenek moyang liar dari hewan llama.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Banyak sisa-sisa fosil llama ditemukan di deposit Pleistosen di Pegunungan Rocky dan di Amerika Tengah. Beberapa fosil llama saat terdahulu jauh lebih besar dari bentuk saat ini. Beberapa spesies llama tetap ada di Amerika Utara selama zaman es berakhir. Llama Hemiauchenia di Amerika Utara dikategorikan sebagai satu genus yang sudah punah. 

Gambar 2. Llama
Gambar 2. Llama

Reproduksi Hewan Llama

Perlu Sahabat Alam ketahui bahwa llama memiliki siklus reproduksi yang unik dan tidak biasa untuk sebagian hewan berukuran besar. Llama betina adalah ovulatoar yang diinduksi. Llama betina melepaskan telur, sering dibuahi pada upaya pertama dan tidak mengalami estrus. Sedangkan llama jantan dan betina matang secara seksual dengan kecepatan yang berbeda-beda. Mari kita bahas lebih lanjut tentang kehamilan, perkawinan, dan crias atau bayi pada llama.

  • Kehamilan

Masa gestasi llama adalah 11,5 bulan atau 350 hari. Perlu diketahui bahwa llama betina tidak dapat menjilati bayi mereka karena lidah mereka menempel yang tidak dapat mencapai bagian luar mulut lebih dari 13 milimeter. Namun sebaliknya, mereka akan mencium dan bersenandung untuk bayi mereka yang baru lahir.

  • Perkawinan

Hewan llama kawin dengan posisi berbaring. Mereka melakukan perkawinan untuk waktu yang lama yaitu sekitar 20–45 menit dan  hal ini adalah hal yang tidak biasa pada sebagian hewan besar. 

  • Crias

Crias merupakan bahasa Spanyol dari bayi, yang juga disebut dengan bayi llama, alpaca, vicuña, atau guanaco. Llama melahirkan bayinya dalam posisi berdiri, seperti layaknya hewan besar lainnya. Bayi llama diberi makan dengan susu induk llama yang lebih rendah lemak dengan garam dan lebih tinggi fosfor dan kalsium daripada susu sapi atau kambing. Seekor llama betina hanya dapat menghasilkan sekitar 60 mililiter susu saat memberikan ASInya, jadi bayi llama harus sering menyusu kepada induknya agar ia dapat menerima nutrisi yang dibutuhkannya.

Serat Bulu Pada Llama

Hewan yang satu ini memiliki lapisan bawah yang bagus dan dapat digunakan sebagai kerajinan tangan maupun pakaian. Rambut atau bulu pelindung luar hewan llama yang lebih kasar dapat digunakan untuk membuat permadani, tali timah, dan hiasan dinding. Selain itu digunakan juga untuk pakaian rajut dan untuk kain tenun yang dibuat menjadi pakaian luar. Serat llama memiliki berbagai warna mulai dari putih atau abu-abu hingga coklat kemerahan, coklat, coklat tua dan hitam.

Llama biasanya dicukur setiap dua tahun, masing-masing hewan akan menghasilkan sekitar 3-3,5 kg serat. Bulu bulu llama terdiri dari bulu pelindung kasar dari lapisan luar pelindung dan serat pendek berkerut yang berbentuk bergelombang dari lapisan bawah isolasi. Pembersihan atau cukur dapat mengurangi hasil akhir bulu menjadi sekitar 66 sampai 84 persen dari berat aslinya.  

Gambar 3. Llama
Gambar 3. Llama

Fakta Tentang Llama

Terakhir inilah beberapa fakta menarik yang perlu Sahabat Alam ketahui tentang llama:

  1. Llama merupakan hewan yang populer di negara Amerika Serikat sebagai hewan yang bersahabat dengan manusia dan dipelihara. Umumnya mereka memiliki sifat yang lembut dan karakter ingin tahu, yang menjadikan llama hewan yang pas dijadikan sebagai peliharaan maupun hewan terapi di rumah sakit dan panti jompo.
  2. Domestikasi llama dimulai sejak 3.000 hingga 5.000 tahun yang lalu, hal ini menjadikan mereka sebagai salah satu hewan pertama di dunia yang didomestikasi. Suku Indian Inca menggunakannya sebagai hewan pengangkut barang dan sebagai sumber makanan, pakaian, dan bahan bakar.
  3. Llama mampu membuat berbagai suara, yang paling sering adalah suara dengungan. Llama betina mendengung khusus kepada anak mereka. Sedangkan llama jantan mengeluarkan suara yang terdengar seperti suara mendengus saat kawin. Jika masa kawin tiba dan dua pejantan bertemu yang akhirnya terjadi pertarungan, mereka akan mulai saling berteriak.
  4. Perlu diketahui bahwa llama ternyata bisa meludah, lho. Biasanya llama betina akan meludahi pejantan agar membuatnya pergi untuk menyelesaikan permasalahan soal makanan atau untuk memutuskan llama mana yang lebih dominan. Mereka tidak akan meludahi manusia kecuali diprovokasi.
  5. Seekor llama akan memberi tanda ketidaksenangan dengan meregangkan tubuhnya sangat tinggi, kepala yang terangkat tinggi serta mampu menjentikkan ekornya dengan cepat. Sedangkan llama betina yang hamil akan menggunakan perilaku serupa seperti llama jantan untuk menghalangi pejantan yang akan mendekat.
  6. Jejak kaki fosil llama yang ditemukan di California menunjukkan bahwa mereka masuk ke dalam keluarga unta yang berasal dari Amerika Utara. Diperkirakan bahwa hewan-hewan yang pergi ke bagian utara dan menyeberangi jembatan darat Bering kemudian berevolusi menjadi unta, sementara yang bermigrasi ke bagian selatan berevolusi menjadi keluarga “llama”.

Nah, itulah informasi dari hewan llama yang perlu kamu ketahui. Bagaimana, Sahabat Alam? tertarik untuk memeliharanya?  

 

Penulis: Anisyafa Firda Dwi Damaranti 

 

Referensi Literatur

Wikipedia. Llama. Tersedia dalam: https://en.wikipedia.org/wiki/Llama. Diakses pada tanggal 26 Januari 2021. 

Britannica, The Editors of Encyclopaedia. “Alpaca”. Encyclopedia Britannica, 12 Feb. 2020, https://www.britannica.com/animal/alpaca.  Diakses pada tanggal 27 Januari 2021.

Gerava. Llama – Fakta, Makanan, Habitat, Populasi, Gambar. Tersedia dalam: https://gerava.com/informasi-tentang-llama/#Faktafakta_unik. Diakses pada tanggal 27 Januari 2021.

Greelane. Fakta Llama yang Menarik. Tersedia dalam: https://www.greelane.com/id/sains-teknologi-matematika/hewan–nature/llama-facts-4690188/. Diakses pada tanggal 27 Januari 2021. 

Animals Network Team. Llama. Tersedia dalam: https://animals.net/llama/. Diakses pada tanggal 27 Januari 2021. 

 

Referensi Gambar

Gambar 1: https://pixabay.com/images/id-5766270/ 

Gambar 2: https://pixabay.com/images/id-5548696/ 

Gambar 3: https://pixabay.com/images/id-5841826/ 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya.

 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!

Enable Notifications    Ok No thanks