Mengenal Parijoto, Tanaman Kaya Manfaat Khas Kudus

Ⓒ kompasiana.com
Ⓒ kompasiana.com

Jarang diketahui oleh masyarakat luas, di Pegunungan Muria Kabupaten Kudus terdapat salah satu tanaman hutan tropis yang kaya akan manfaat mulai dari kegunaannya sebagai tanaman hias hingga menjadi tanaman obat-obatan. Tahukah kalian tanaman apa itu? Ia adalah Parijoto.

Ads

Parijoto (Medinilla Speciosa) sering disebut sebagai tanaman khas Kudus dikarenakan banyak dibudidayakan dan dijual di pasar Pegunungan Muria, Kudus. Namun tidak hanya dikonsumsi oleh masyarakat sekitar saja, beberapa pembeli parijoto juga berasal dari luar daerah Kabupaten Kudus karena menurut beredarnya kepercayaan warga sekitar jika parijoto baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Bahkan mitosnya, parijoto merupakan salah satu warisan dari Sunan Muria, lho. Ingin tahu lebih? Kenalan yuk dengan parijoto!

Taksonomi

Menurut Surjowinoto, et al (2008), klasifikasi taksonomi parijoto adalah sebagai berikut:

Kingdom : Plantae

Divisi : Magnollophyta

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Kelas : Magnollopsida

Ordo : Myrtales

Famili : Melastomataceae

Genus : Medinilla

Spesies : Medinilla Speciosa

Ⓒ bali.tribunnews.com
Ⓒ bali.tribunnews.com

Habitat dan Penyebarannya

Sebagai salah satu tanaman hutan tropis, parijoto banyak tumbuh dan tersebar di daerah dataran tinggi dari mulai hutan hingga lereng gunung. Namun tidak terbatas di dataran tinggi, parijoto juga dapat tumbuh di daerah dataran rendah. Yang pasti, parijoto dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan suhu hangat yang terkena sinar matahari. Tanaman ini akan berbunga pada akhir musim, baik musim gugur maupun musim panas.

Selain di Pegunungan Muria Kabupaten Kudus, tanaman parijoto juga bisa ditemukan di area hutan Gunung Merapi, Yogyakarta dan di Desa Kebonagung Kecamatan Wonodadi. Dimana terdapat salah satu obyek wisata edukasi tanaman obat di Kecamatan Wonodadi, yaitu Kampoeng Toga Turi Putih Herbs yang menjadikan parijoto sebagai salah satu icon objek tersebut. Bahkan tidak berhenti di Indonesia saja penyebarannya. Parijoto juga ditemukan di beberapa negara lain. Dimulai dari Gunung Kinabalu di Sabah, Malaysia sebagai salah satu gunung tertinggi di Pulau Kalimantan, parijoto dapat ditemukan pada daerah berketinggian sekitar 1700 meter di atas permukaan laut. Hingga pada Negara Filipina, parijoto dapat kita ditemukan di daerah pegunungan hutan hujan tropisnya tepatnya  di daerah dengan ketinggiannya lebih dari 1500 meter.

Ⓒ kompasiana.com
Ⓒ kompasiana.com

Morfologi Tanaman Parijoto

Tanaman dari genus Medinilla pada umumnya dikenal sebagai salah satu tanaman hutan paling cantik, dengan ciri khasnya berupa daun dan bunga yang indah juga mencolok. Begitu halnya dengan Medinilla Speciosa atau parijoto ini yang juga dimanfaatkan sebagai tanaman hias, tidak hanya di Indonesia namun hingga menjadi salah satu tanaman hias ornamental di Romania. 

Parijoto memiliki bunga yang indah berwarna merah muda. Termasuk sebagai salah satu tanaman perdu, parijoto tumbuh tegak dengan batang bercabang yang ketinggiannya mencapai 1 hingga 2 meter. Daunnya berbentuk lonjong (oval) dengan permukaan agak bergelombang, berpangkal tumpul dan ujung runcing, lebar, kokoh, berwarna merah di bagian bawah dan berciri khas saling berhadapan. Akar parijoto berbentuk serabut yang tumbuh pada nodus tanamannya. 

Ⓒ repo.iain-tulungagung.ac.id
Ⓒ repo.iain-tulungagung.ac.id

Banyak Manfaat Terkandung Dalam Tanaman Parijoto

Bagian-bagian dari tanaman parijoto mengandung banyak zat kimia yang baik bagi kesehatan manusia, juga dapat dimanfaatkan dalam bidang lainnya seperti industri (tanaman hias dan penyamakan kulit). Yuk, kenali lebih dalam manfaatnya!

Baik Untuk Kehamilan

Terdapat beberapa zat aktif dalam tanaman parijoto yang baik bagi kehamilan. Seperti halnya senyawa tanin, flavonoid, saponin, dan glikosida yang baik untuk membantu pembentukan otak janin dalam kehamilan. Lebih daripada itu, kandungan flavonoid dalam tanaman ini juga berkhasiat dalam menjaga motilitas  sperma (pergerakan sperma) laki-laki.

Ekstrak Buah Parijoto Baik Untuk Kesehatan

Selain bagi kehamilan, kandungan fenolik serta flavonoid yang tinggi pada tanaman parijoto juga berfungsi sebagai antioksidan, yaitu molekul dalam tubuh yang dapat melawan keberadaan radikal bebas. Senyawa-senyawa kimia aktif (salah satunya saponin) yang terkandung dalam ekstrak buah parijoto juga mampu berperan sebagai antibakteri terhadap Escherichia coli dan bakteri Staphylococcus aureus, juga sebagai antijamur. Bakteri Escherichia coli sendiri umumnya ditemukan dalam usus besar manusia dan dapat mengakibatkan diare hingga infeksi saluran kemih. Sedangkan  bakteri Staphylococcus aureus sebagai bakteri patogen dapat ditemukan dalam saluran pernapasan hingga rambut pada kulit, yang mampu mengakibatkan nanah pada luka hingga meracuni makanan. 

Daun dan Buah Parijoto Berkhasiat Sebagai Obat

Tanaman obat pada dasarnya mengandung zat aktif pada salah satu atau bahkan keseluruhan bagiannya yang mampu menyembuhkan penyakit tertentu. Daun dan buah tanaman parijoto baik dalam keadaan segar maupun dikeringkan dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit dari mulai sariawan, diare hingga radang. Hal tersebut dikarenakan kandungan dalam buahnya yang antara lain terdiri atas zat aktif saponin, kardenolin, dan flavonoid. Sedangkan daunnya mengandung saponin, kardenolin, dan juga tanin di dalamnya.

Untuk mengatasi sariawan, buah parijoto dapat ditumbuk halus dan dilarutkan ke air matang lalu diminum atau dikonsumsi dengan berkumur. Sedangkan untuk mengobati diare dan radang, daun tanaman parijoto dapat dikonsumsi dalam bentuk air rebusannya.

Batang Parijoto Bermanfaat Untuk Industri Kulit

Salah satu zat aktif yang banyak terkandung dalam perbatangan tanaman parijoto adalah tanin. Tanin yang termasuk senyawa larut dalam air mampu untuk melakukan presipitasi protein, sehingga batang parijoto sering dimanfaatkan juga dalam bidang industri khususnya industri penyamakan kulit.

 

“Tak Kenal Maka Tak Sayang”, salah satu istilah yang sesuai bagi keberadaan parijoto sekarang. Dengan banyaknya manfaat dari parijoto bahkan hingga bagian per bagiannya, juga potensinya sebagai tanaman khas daerah Kudus, tentunya akan menjadi lestari apabila tanaman ini bisa diperkenalkan lebih ke masyarakat untuk dibudidayakan dan dimanfaatkan dengan efektif.

Sebagai salah satu komponen keanekaragaman hayati Indonesia kaya manfaat yang masih kurang dikenal oleh masyarakat, marilah kita semua memulai dari diri sendiri proses mengenal, melestarikan dan memanfaatkan tanaman parijoto (Medinilla Speciosa) ini dengan bijak demi menjaga ekosistem dan kelangsungan hidup. Kalo bukan dari kamu, siapa lagi?

 

Penulis: Ivena Christie

 

Referensi Literatur

Bambang Kunarto dan Elly Yunarti Sani. 2020. Ekstraksi Buah Parijoto (Medinilla Speciosa Blume) Berbantu ultrasonik Pada Berbagai Suhu, Waktu dan Konsentrasi Pelarut Etanol. Jurnal Teknologi Pertanian Vol. 21 No. 1.

Octaviani, Inge. 2016. Aktivitas Antibakteri Ekstrak Daun Parijoto (Medinilla Speciosa) Terhadap Escherichia coli dan Staphylococcus aureus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Repo.iain-tulungagung.ac.id (n.d). Kenampakan Hayati di Indonesia Salah Satunya Tanaman Parijoto. Retrieved on January 5, 2021, from http://repo.iain-tulungagung.ac.id/14525/4/BAB%20I.pdf

Yasir Sidiq dan Kistantia Elok Mumpuni. 2014. Identifikasi Variasi Genetik Parijoto (Medinilla Javanensis(Bl.)Bl. Dan Medinilla Verrucosa (Bl.) Bl.) Dengan Penanda Molekular Sebagai Sumber Belajar. Seminar Nasional XI Pendidikan Biologi FKIP UNS

 

Referensi Gambar

[1] https://www.kompasiana.com/image/randomnesscorner/5a728ce3caf7db0559716c32/parijoto-buah-lokal-yang-jarang-dikenal?page=2

[2] https://bali.tribunnews.com/2019/04/01/hanya-tumbuh-di-lereng-muria-buah-parijoto-dipercaya-memiliki-khasiat-bantu-mengatasi-kehamilan?page=2

[3] https://www.kompasiana.com/image/randomnesscorner/5a728ce3caf7db0559716c32/parijoto-buah-lokal-yang-jarang-dikenal?page=3

[4] https://www.google.com/imgres?imgurl=x-raw-image%3A%2F%2F%2Fb0547794409cc8ca4c83a90b3f998074bd1c8e7b0bc7c7270a1a7a6cd72c409e&imgrefurl=http%3A%2F%2Frepo.iain-tulungagung.ac.id%2F14525%2F7%2FBAB%2520IV.pdf&tbnid=ysicQJR3VLCXTM&vet=12ahUKEwj-qtqLhYjuAhXPxnMBHfO9DNcQMygPegQIARBp..i&docid=WJ7xqQV03VRwFM&w=358&h=237&q=Tanaman%20Parijoto%20(Medinilla%20Javanensis)&safe=strict&ved=2ahUKEwj-qtqLhYjuAhXPxnMBHfO9DNcQMygPegQIARBp

 

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak! 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!

Enable Notifications    Ok No thanks