Mengenal Paus Beluga, Si Cerdas yang Ramah ke Manusia

Gambar 1. Paus beluga yang datang ke permukaan
Gambar 1. Paus Beluga yang datang ke permukaan © pixabay.com

Halo Sobat Alam! Apakah kalian familiar dengan salah satu jenis paus yaitu beluga? Jenis paus ini dikenal ramah dengan manusia dan memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi. Hewan ini juga merupakan salah satu hewan sosial atau selalu hidup dalam sebuah kelompok. Selengkapnya, yuk kita baca artikel di bawah ini Sobat Alam.

Ads

Taksonomi

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Mammalia

Ordo: Artiodactyla

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Famili: Monodontidae

Genus: Delphinapterus

Spesies: Delphinapterus leucas

Karakteristik

Nama ‘Beluga’ diambil dari bahasa Rusia bielo yang artinya putih. Sebutan ini merepresentasikan warna tubuhnya sendiri yaitu putih. Warna dari paus beluga sendiri menjadi pembeda dirinya dengan jenis paus yang lain. Tidak seperti beluga dewasa, bayi beluga memiliki warna yang berbeda. Warna dari bayi tersebut adalah abu-abu dan terkadang agak kecoklatan. Warna ini akan bertahan hingga bayi ini bertumbuh dewasa yaitu di kisaran umur 5 tahun. Ukuran bayi beluga bisa mencapai 3 hingga sekitar 6 meter. Bobot dari paus jantan dan betina juga tidak berbeda jauh, yaitu beluga jantan mampu mencapai bobot hingga 1,500 kg dan beluga betina bisa mencapai sekitar 1,300 kg. Bila dibandingkan dengan benda nyata, ukuran paus beluga bisa tumbuh sepanjang bus sekolah lho, Sobat Alam. Saudara dekat paus narwhal ini memiliki umur yang cukup panjang yaitu 35-50 tahun.  

Mereka memiliki badan dengan bentuk silindris dengan ujung kepala seperti benjolan bulat. Benjolan bulat atau bisa disebut dengan melon ini hanya berisikan lemak. Hewan akuatik lucu ini memiliki mulut yang agak moncong sedikit. Paus beluga memiliki gigi di bagian rahang atas dan bawahnya dengan jumlah gigi sekitar 36 hingga 40 gigi. Paus beluga memiliki dua mata yang berwarna hitam dan di belakang matanya terdapat sepasang telinga. Di bagian atas kepalanya, di belakang bagian melonnya, paus beluga memiliki lubang sembur. Mamalia satu ini menggunakan lubang tersebut untuk bernafas. Di bagian bawah lehernya, kita bisa melihat adanya lekukan atau lipatan kulit karena beluga bisa memutar lehernya. Turun sedikit di bagian ‘kaki’, hewan ini memiliki dua sirip depan yang memiliki fungsi untuk mengarahkan arah berenangnya. Agak berbeda dengan beberapa hewan laut lainnya, hewan ini tidak memiliki sirip di bagian punggungnya. Tidak seperti ikan hiu, ekor paus beluga memiliki bentuk horizontal atau mendatar. Ekornya juga memiliki fungsi untuk mengatur pergerakan paus putih ini.

Perilaku

Gambar 2. Berenang bersama atau saling mengejar merupakan salah satu proses kawin beluga
Gambar 2. Berenang bersama atau saling mengejar merupakan salah satu proses kawin beluga © tribunnews.com

Paus beluga merupakan salah satu mamalia laut karnivora. Makanan mereka adalah ikan-ikan kecil, cumi-cumi, dan kelompok hewan crustacea (udang, kepiting, dll.) Paus beluga bisa memakan mangsa hingga lebih dari 20 kg. Mereka akan langsung menelan makanannya tanpa dikunyah, karena fungsi gigi beluga sendiri hanya untuk menggenggam mangsanya.

Dalam rantai makanan di ekosistem Laut Arktik, paus beluga merupakan mangsa dari beruang kutub. Karena hewan ini merupakan hewan yang sosial, kita akan menemukan mereka dalam sebuah kelompok. Mamalia satu ini mampu menirukan berbagai macam suara, karena inilah beberapa orang menyebut paus beluga merupakan salah satu contoh mamalia laut yang cerdas. Mereka menggunakan suara-suara ini untuk berkomunikasi dengan beluga lain. Fakta unik lainnya adalah bahwa mereka bisa menggunakan suara yang dihasilkannya untuk menemukan objek-objek yang ada di sekitarnya. Bentuk kepala dari kenari laut ini sendiri bisa berubah-ubah apabila mereka mengeluarkan udara dari hidung mereka.

Paus beluga merupakan hewan yang memiliki musim kawin. Waktu di mana mamallia ini akan berkembang biak dan mengandung adalah pada akhir bulan Februari hingga Mei. Mereka memiliki bermacam-macam perilaku untuk menunjukkan mereka siap untuk berkembang biak dan tertarik pada lawan jenisnya, seperti mereka saling mengejar atau mengeluarkan suara-suara tertentu. Hal ini bisa terjadi apabila kedua beluga setuju atau tertarik dengan satu sama lain. 

Sebaran

Gambar 3. Paus Beluga
Gambar 3. Salah satu bayi beluga © today.com

Kita bisa menemukan hewan yang ramah ini di daerah Kutub Utara dan Laut Arktik. Ada beberapa wilayah perairan di mana kita bisa menjumpai mamalia laut yang lucu ini, daerah-daerah tersebut adalah sebagai berikut: Laut Okhotsk, Laut Bering, Teluk Alaska, Laut Beaufort, dll. Biasanya paus beluga hidup berkelompok dan kelompok ini dinamakan dengan pod. Walaupun mamalia ini sangat suka air laut yang dingin, tetapi mereka akan melakukan perpindahan atau migrasi ke arah selatan dengan kelompoknya apabila daerah lautan Arktik membeku. Namun, hal ini terkadang tidak dilakukan oleh semua beluga. Jumlah populasi paus beluga saat ini berkisar lebih dari 130.000 ekor, tetapi hewan Laut Arktik yang satu ini bisa digolongkan cukup terancam karena kerap menjadi buruan oleh penduduk di daerah utara.

Nah, sekarang sudah tahu lebih jauh kan sama mamalia laut yang lucu ini? Apakah Sobat Alam ingin bertemu dan melihat langsung jenis paus ini? Selain ramah dengan manusia, mereka merupakan hewan yang cerdas. Jumlah mereka saat ini bisa dibilang cukup banyak tetapi keberadaan mereka saat ini juga sangatlah rentan karena adanya perburuan ilegal yang terjadi. Yuk, mari kita mencegah hal tersebut terjadi dan jangan lupa tetap jaga alam dan isinya agar tetap lestari ya, Sobat Alam.   

Penulis: Muchammad Rivandi Fatchur Rachman

Referensi Literatur

DeanneAwuy, J. M. (2020, November 13). Mengenal Biota Laut: Paus Beluga, Si Paus Kepala Melon. Dipetik Maret 1, 2021, dari Kompasiana: https://www.kompasiana.com/jessye70559/5facfa5a8ede485535123b72/mengenal-biota-laut-paus-beluga-paus-berkepala-melon?page=1

Nakama Aquatics. (2019, Februari 8). Paus Beluga Si Paus Putih Berotot yang Sangat Cerdas. Dipetik Maret 1, 2021, dari Nakama Aquatics: http://nakamaaquatics.id/2019/02/08/paus-beluga-si-paus-putih-berotot-yang-sangat-cerdas/

National Geographic. (2015). Beluga Whale. Dipetik Maret 1, 2021, dari National Geographic: https://www.nationalgeographic.com/animals/mammals/facts/beluga-whale

Nelson, M. (2011, September 12). 10 Interesting Facts about Beluga Whales. Dipetik Maret 1, 2021, dari WWF: https://www.worldwildlife.org/blogs/good-nature-travel/posts/ten-interesting-facts-about-beluga-whales

Seaworld Parks and Entertainment. (2021). All About Beluga Whales. Dipetik Maret 1, 2021, dari Seaworld Parks and Entertainment: https://seaworld.org/animals/all-about/beluga-whales/characteristics/#:~:text=A%20beluga%20whale’s%20body%20is,with%20thick%20folds%20of%20blubber.

Zisovska, S. (2018, Januari 25). Interesting Facts About Beluga Whales. Dipetik Maret 1, 2021, dari Outdoor Revival: https://m.outdoorrevival.com/instant-articles/interesting-facts-beluga-whales.html

Referensi Gambar

https://pixabay.com/photos/beluga-whale-water-animal-ocean-6008844/ (foto 1)

https://medan.tribunnews.com/2019/07/11/meski-bisa-bersuara-ternyata-paus-beluga-tak-punya-pita-suara?page=1 (foto 2)

https://www.today.com/pets/isnt-she-lovely-gender-baby-beluga-whale-revealed-1C6640998 (foto 3)

LindungiHutan.com merupakan Platfrom Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

 Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!