Mengenal Rhizophora, Sang Mangrove Primadona

bakau
Mengenal Rhizophora, sang Tumbuhan Penyelamat

LindungiHutan.com, Semarang. Indonesia adalah sebuah negara maritim yang terdiri atas lebih dari 17.000 buah pulau dengan garis pantai sepanjang 95.181 km, dan mempunyai variasi iklim yang besar yang mendukung beragam vegetasi yang tumbuh dari mulai wilayah pesisir sampai wilayah pegunungan. Termasuk mangrove dan berbagai jenisnya, salah satunya Mangrove Rhizophora.

Ads

Pada sebagian besar garis pantai Indonesia, tumbuh berbagai macam jenis mangrove. Mangrove-mangrove tersebut membentuk sebuah ekosistem hutan yang lebarnya berkisar dari beberapa meter sampai beberapa kilometer. Disana terdapat diversitas spesies tumbuhan dan fauna yang besar yang bermanfaat untuk menghasilkan berbagai produk berharga yang mendukung kebutuhan hidup sehari-hari masyarakat pesisir, baik pangan, minuman, obat-obatan bahkan bahan bangunan.

Baca Lainnya : 10 Situs Galang Dana Online Asli Indonesia

Disamping itu, hutan mangrove juga memberikan berbagai jasa lingkungan seperti perlindungan garis pantai dari abrasi, pengendalian intrusi air laut, pencegahan kerusakan dari badai dan ombak yang terlalu kuat, pemurnian air pesisir dari polutan, dan jasa lain untuk mempertahankan kualitas lingkungan wilayah pesisir agar lebih nyaman bagi kehidupan manusia dan mahluk hidup lainnya.

Masyarakat awam menyebut mangrove sebagai bakau. Padahal, bakau dan mangrove merupakan sesuatu yang berbeda. Bakau merupakan nama lokal dari Rhizophora sp., salah satu dari mangrove yang ada di alam. Jadi ingat ya Sahabat, mangrove belum tentu bakau, tetapi bakau pasti mangrove.

Nah, Rhizophora sendiri ternyata ada bermacam-macam loh Sahabat, apa bedanya sih? Yuk kita ulas mangrove yang jadi jenis primadona dalam rehabilitasi pesisir ini.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Rhizophora Mucronata

Rhizophora Mucronata
Rhizophora Mucronata

Merupakan jenis Rhizophora yang mudah dikenali dari propagulnya yang paling panjang dibandingkan jenis lainnya. Propagulnya dapat mencapai panjang 70 cm dengan diameter 3-4 cm. Terdapat bintil-bintil pada permukaan propagul bakau jenis ini, menjadikan permukaannya kasar. Daun R. mucronata juga paling lebar diantara jenis Rhizophora lain, dengan ujung meruncing. Bunganya agak besar berwarna kuning yang terdiri dari 6-8 bunga per kelompok.

Sepengalaman admin, jenis ini paling banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia.

Rhizophora Apiculata

Rhizophora Apiculata
Rhizophora Apiculata

Jenis ini dinamakan apiculata karena bunganya menempel pada apex (tangkai daun), dengan bunga yang berwarna merah kecoklatan. Formasi bunga 2-4 bunga per kelompok. Daun R. apiculata berbentuk elips dengan ujung runcing dan berwarna merah, ukurannya paling kecil dibandingkan jenis Rhizophora lain. Propagulnya berwarna agak kemerahan, dan mulus.

Yuk, Adakan Penghijauan di Daerahmu!

Bersama LindungiHutan, Menghijaukan Indonesia.

Rhizophora Apiculata
Rhizophora Apiculata

Mangrove Rhizophora Stylosa

Mangrove Rhizophora Stylosa
Mangrove Rhizophora Stylosa

Jenis ini memiliki bunga dengan formasi 8-16 bunga dalam satu tangkai. Buahnya berbentuk buah pir memanjang yang dapat mencapai 20-30 cm dengan diameter 1,5-2 cm. Di bawah daun terdapat bintik-bintik.

Mangrove Rhizophora Stylosa
Mangrove Rhizophora Stylosa

Wah ternyata ada macam-macam ya? Sahabat biasanya menanam yang mana nih?? (Kika)

 

LindungiHutan merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Dalam rangka mendukung kegiatan penghijauan teman-teman di Indonesia, yuk dukung Kampanye Alam daerahmu dengan berkunjung pada situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam.

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!