Mengenal Sarang Burung Walet Dan Keistimewaannya

Gambar 1. Burung Walet Dalam Sarangnya
Gambar 1. Burung Walet Dalam Sarangnya

Sejak abad ke-18, Indonesia telah menjadi salah satu negara penghasil sarang burung walet dengan skala besar di dunia. Keberadaan sarang burung walet sangat diminati karena keistimewaan yang dimilikinya, mulai dari manfaatnya bagi kesehatan hingga menjadi komoditas ekspor karena harga jualnya yang tinggi. yuk, mengenal sarang burung walet dan manfaatnya bagi kehidupan manusia!

Ads

 

Sarang Burung Walet

untuk mengenal sarang burung walet lebih dekat, hendaknya kita mengatahui habitat burung walet dalam membuat sarang. Burung walet (Collocalia sp.) mempunyai kebiasaan untuk berdiam diri pada daerah yang relatif lembab, remang-remang, dan gelap  seperti pada gua, gedung, hingga di rumah-rumah. Burung walet akan singgah dengan menetap pada langit-langit gua, rumah atau gedung tersebut untuk membuat sarang sebagai tempat tinggal (tempat beristirahat hingga berkembangbiak). Sarang burung walet tersebut terbentuk dari kumpulan air liur burung walet yang telah dipadatkan. 

 

Mengenal Macam Sarang Burung Walet

Gambar 2. Burung Walet Dalam Proses Membuat Sarangnya
Gambar 2. Burung Walet Dalam Proses Membuat Sarangnya

 

Terdapat banyak jenis sarang burung walet yang muncul di alam. Namun hanya terdapat 3 jenis sarang burung walet yang dapat dimanfaatkan untuk dikonsumsi dan laris dijual dipasaran, yaitu antara lain:

Sarang putih yang dihasilkan oleh  burung walet Collocalia fuciphaga

Burung walet Collocalia fuciphaga kebanyakan membuat sarang burung dengan keseluruhan komposisinya hanya terbuat dari air liurnya. Beberapa kasus sarang burung jenis ini juga terdapat sedikit bahan campuran lain seperti halnya bulu-bulu halus namun jumlahnya pun relatif sedikit. Warna sarang burung walet yang diciptakan adalah putih sehingga kemudian sering disebut dengan edible-nest swiftlet, yen-ou. Sarang burung walet jenis ini rata-rata memiliki ukuran lebar sekitar 6-10 cm dan beratnya sekitar 6-9 gram. Bentuk sarangnya cukup bagus dan bervariasi tergantung dengan sistem pemasangan sirip, usia walet, pola panen, dan musimnya. Sebagian besar sarang walet putih berhabitat di gedung rumah walet, namun ada juga yang tinggal di wilayah gua alam. Secara kualitas, sarang burung walet putih gedung lebih baik daripada sarang burung walet putih yang tinggal di gua alam.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Sarang hitam yang dihasilkan oleh burung walet Collocalia maxima

Berbeda dengan burung walet Collocalia fushiphaga, burung walet Collocalia maxima membangun sarang burung waletnya tidak murni dari air liurnya saja namun terdapat campuran dari bulu-bulunya. Persentase antara air liur dan bulu-bulunya relatif tidak menentu, namun seringnya komposisi bulu-bulunya bisa sangat banyak dibandingkan dengan air liurnya sehingga mendominasi sarang burung walet yang terbentuk dengan warna hitam sehingga sering disebut dengan sarang walet hitam atau swiftlet, mo-yen. Terbentuknya sarang burung walet hitam dengan komposisi campuran tersebut dipengaruhi oleh kondisi habitat tinggal (gua) yang relatif sangat lembab sehingga sarang burung walet yang dibentuk susah kering. Sarang tersebut dapat berguna sebagai tempat bertelur jika walet mencampurkan bulu-bulunya yang kering sebagai kerangka pada sarang. Sarang burung walet hitam ini mempunyai ukuran sekitar 5-7 cm dengan bentuk tidak beraturan. Bentuk tidak beraturan tersebut disebabkan oleh lekuk dinding gua yang relatif tidak rata sehingga menyulitkan burung walet saat membangun sarangnya.

Sarang yang dihasilkan oleh burung walet Collocalia esculenta

Burung walet Collocalia esculenta atau disebut juga dengan burung sriti atau white bellied swiftlet yang memiliki makna si perut putih membentuk sarang burungnya dengan campuran antara air liur dengan bahan-bahan lain, seperti halnya rumput-rumputan kering, daun pinus, daun cemara, serabut kelapa, hingga bunga rumput. Terkadang juga sarang burung walet jenis ini terbuat dengan komposisi antara bulu-bulu burungnya dengan campuran plastik, tali rafia, hingga kapuk. Bagi orang Cina, sarang burung walet ini disebut dengan cho-yen.

 

Faktor yang Mempengaruhi Habitat Sarang Burung Walet

Sarang burung walet dalam masa produksinya dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya yaitu faktor keadaan lingkungannya. Habitat lingkungan sarang burung walet terdiri dari komponen makro dan mikro. Habitat makro sarang burung walet meliputi faktor lingkungan di dalam gedung yang dapat disesuaikan kondisinya menyesuaikan kebutuhan, mulai dari kelembaban, intensitas cahaya, hingga temperaturnya. Sedangkan habitat makro yang mempengaruhi yaitu lingkungan sarang burung walet yang berada di luar gedung habitat tinggalnya seperti lingkungan terbuka dengan suhu, kelembaban, ketinggian daerah, sumber air, hingga vegetasi flora yang relatif tidak bisa dikontrol. Ketidakmudahan faktor makro untuk disesuaikan atau dikontrol sesuai kebutuhan menjadikan faktor tempat pembudidayaan atau pembangunan sarang gedung walet harus diperhatikan agar berkualitas baik.

 

Bacaan Lainnya : Burung Wiwik Kelabu, Burung Benalu dan Pembawa Malapetaka

 

Manfaat Sarang Burung Walet

Gambar 3. Produksi Sarang Burung Walet
Gambar 3. Produksi Sarang Burung Walet

Di negara Cina, sarang burung walet sudah dijadikan sajian bernutrisi tinggi untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh  mulai dalam bentuk sajian sup hingga olahan lainnya. Sarang burung walet juga banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit mulai dari gangguan pernapasan, masalah kulit.

Memperbaiki regenerasi kulit

Air liur dalam sarang burung walet kaya akan kandungan asam amino yang berguna bagi tubuh manusia. Asam amino sebagai salah satu unsur kimiawi dapat membantu meningkatkan pertumbuhan atau mempercepat regenerasi sel tubuh.

Meningkatkan imunitas

Tidak hanya mengandung asam amino, air liur dalam sarang burung walet ternyata mengandung hormon yang berguna baik bagi laki-laki dan perempuan. Bagi laki-laki, sarang burung walet mengandung hormon testosteron yang berperan dalam meningkatkan otot laki-laki dan menurunkan lemak. Sementara bagi perempuan, sarang burung walet mengandung hormon estradiol, hormon sejenis esterogen. Hormon estradiol tersebut berperan dalam mencegah osteoporosis hingga menangani penyakit kanker.

Mengandung hormon penting tubuh

Imunitas atau sistem kekebalan tubuh yang baik dapat membantu manusia terhindar dari berbagai penyakit seperti flu, batuk, hingga demam. Sistem imunitas sangat penting bagi manusia untuk terhindari dari penyakit. Sarang burung walet memiliki kandungan yang baik untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tersebut, mulai dari kandungan kalsium, kalium, magnesium, hingga zat besi. Hal ini dapat dilihat lewat usaha Realfood melalui beberapa programnya (seperti Stayfit, Wonder Mom, hingga Forever Young) berusaha mengajak masyarakat untuk memulai hidup sehat dengan mengkonsumsi sarang burung walet. Realfood melalui program Stayfit menyatakan bahwa sarang burung walet mengandung unsur asam lisin yang baik untuk membantu penyerapan kalsium guna perbaikan dan pertumbuhan gigi dan tulang pada anak-anak. melalui program Forever Young, Realfood menyatakan bahwa sarang burung walet memiliki kandungan kolagen yang berguna untuk membantu kecantikan kulit. 

 

Penulis: Ivena Christie

Dikurasi Oleh: Daning Krisdianti

 

Referensi Literatur

Ayuti, Turaina, dkk. 2016. Identifikasi Habitat Dan Produksi Sarang Burung Walet (Collocalia fuciphaga) Di Kabupaten Lampung Timur. Fakultas Peternakan Universitas Padjajaran: Bandung.

Cnnindonesia.com (n.d.). Ini Manfaat Luar Biasa Sarang Burung Untuk Kesehatan Tubuh. Retrieved on February 10, 2021, from https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200316061002-307-483672/ini-manfaat-luar-biasa-sarang-burung-untuk-kesehatan-tubuh

Leutikaprio.com (n.d.). Mengungkap Potensi Sarang Burung Walet Secara In Silico. Retreived on February 10, 2021, from http://www.leutikaprio.com/main/media/sample/Mengungkap%20Potensi%20Sarang%20Burung%20Walet%20Secara%20In%20Silico.pdf

News.ddtc.co.id (n.d.). Apa Itu Pajak Sarang Burung Walet?. Retrieved on February 10, 2021, from https://news.ddtc.co.id/apa-itu-pajak-sarang-burung-walet-26358?page_y=1447

 

Referensi Gambar

[1] https://www.99.co/blog/indonesia/manfaat-sarang-walet/ 

[2] https://www.cnbcindonesia.com/news/20210118113856-4-216773/ini-kenapa-sarang-burung-walet-jadi-harta-karun-rp-500-t 

[3] https://kumparan.com/kumparanbisnis/seberapa-sulit-ekspor-langsung-sarang-burung-walet-ri-ke-china 

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak! 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!