Mengenal Semanggi, Tanaman Pembawa Keberuntungan

Tentang Semanggi: Klasifikasi dan Morfologi

 

semanggi
Gambar 1. Marsilea crenata © phytoimages.siu.edu

Semanggi merupakan tanaman dengan nama ilmiah Marsilea crenata yang termasuk ke dalam kelompok tumbuhan paku-pakuan. Ia biasa dijumpai tumbuh dengan liar di kawasan yang lembab. Tanaman ini memiliki ukuran yang kecil serta bentuk yang khas berupa daun yang umumnya berjumlah tiga helai dengan batang yang berukuran kecil pula. Selain itu, tanaman yang berasal dari kelompok flora Hydrophyte ini juga kerap dimanfaatkan sebagai salah satu lauk sehari-hari. Selain bermanfaat bagi kesehatan, tanaman mini ini juga memiliki kepercayaan atau mitos yang telah turun-temurun diceritakan serta diyakini oleh masyarakat.

Ads

 

Klasifikasi

Marsilea crenata memiliki sistem klasifikasi ilmiah atau taksonomi sebagai berikut:

 

Kingdom Plantae
Divisi Pteridophyta
Kelas Pteridopsida
Ordo Marsileales
Famili Marsileaceae
Genus Marsilea
Spesies Marsilea crenata

Tabel 1. Taksonomi Semanggi

Morfologi

Sebagai tanaman yang masuk dalam kelompok tumbuhan paku, semanggi memiliki bentuk daun, batang, dan akar yang dapat dibedakan dengan mudah. Namun, secara keseluruhan struktur morfologi semanggi masih tergolong sederhana dan belum terlalu kompleks seperti halnya pada tumbuhan sejati lainnya.

Berdasarkan bentuknya, bagian tubuh semanggi dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian:

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
  1. Daun
semanggi
Gambar 2. Daun Semanggi © flickr.com

Pada umumnya, tanaman semanggi memiliki tiga hingga empat helai daun. Untuk spesies Marsilea crenata, ia biasa memiliki empat helai daun dengan panjang sekitar 2,5 cm serta lebar 2,3 cm. Daun tanaman ini memiliki bentuk oval dengan warna hijau yang bervariasi, mulai dari hijau terang hingga gelap. Tekstur daun tanaman ini adalah lembut serta tipis sehingga cukup mudah robek.
Berdasarkan posisi tumbuhnya, daun semanggi dibagi menjadi tiga macam, yaitu floating leaves (mengapung di atas air), submerged leaves (tenggelam di dalam air), serta aerial leaves yang mengacu pada tempat tumbuhnya yaitu di atas tanah (daratan). Meski memiliki habitat yang berbeda, ketiga jenis daun ini memiliki kesamaan pada segi struktur jaringan.

  1. Batang
    Semanggi memiliki bentuk batang atau tangkai yang dikenal dengan istilah caudex, yaitu bentuk tegak lurus dan dapat tumbuh melingkar secara simetris. Batang ini memiliki struktur yang lemah dengan warna hijau tua atau kemerah-merahan. Pada yang tumbuh di perairan, batang dapat tumbuh hingga mencapai 20 cm, sedangkan pada daratan atau permukaan air, tangkai akan cukup tumbuh dalam kisaran 2 hingga 4 cm. 
  2. Akar
    Pada tanaman semanggi, akar tersusun atas epidermis, endodermis, korteks, dan silinder vaskuler. Pada jenis Marsilea crenata, akar memiliki struktur akar tinggal (rhizoma) yang tumbuh memanjang. Sedangkan pada jenis lainnya, misalnya pada jenis berdaun merah, tanaman ini memiliki struktur akar yang berbeda yaitu berupa akar tunggang dengan serabut yang tumbuh mengelilinginya.

Habitat Semanggi

 

semanggi
Gambar 3. Pada Perairan © lelong.com

 

Pada dasarnya, tanaman Marsilea crenata termasuk ke dalam kelompok tumbuhan air dengan habitat basah sebagai rumahnya. Namun, beberapa jenis dapat bertahan hidup sebagai tumbuhan darat. Pada umumnya, tanaman ini akan hidup merambat pada daratan serta mengapung pada daerah perairan, seperti kolam dangkal maupun genangan air. Jika diamati, akan terlihat bahwa batang tanaman ini memiliki bagian yang berada di bawah air serta bagian lainnya mengambang di atas permukaan. Habitat tumbuh akan mempengaruhi ukuran batang tanaman ini, semakin dangkal tempat ia tumbuh, maka semakin pendek pula batang tanaman yang dimilikinya.


Sebagai tanaman yang biasa tumbuh dalam genangan air, semanggi membutuhkan lingkungan sekitar yang rindang dan teduh serta sinar matahari yang cukup untuk mendukung pertumbuhannya. Tempat optimal bagi tanaman ini adalah pada kawasan dataran rendah khususnya pada genangan air, kolam, sungai, rawa, serta area persawahan. Meskipun begitu, tanaman hijau ini juga dapat tetap bertahan hidup di wilayah dengan ketinggian 3000 meter di atas permukaan air laut.

Tanaman ini tumbuh menyebar dan dapat dijumpai di sepanjang Benua Asia hingga Australia dengan iklim tropis dan subtropis. Beberapa negara yang menjadi rumah tanaman ini ialah Indonesia, Taiwan, Laos, Malaysia, China (wilayah Fujian dan Guangdong), Jepang (wilayah Kyushu), serta Australia (wilayah Queensland dan sekitarnya).

 

Semanggi Pembawa Keberuntungan

Tanaman ini memiliki berbagai mitos yang mengiringinya. Salah satu mitos yang terkenal adalah bahwa tanaman ini merupakan pembawa keberuntungan. Kepercayaan tersebut menyatakan jika seseorang menemukan tanaman ini dengan daun empat, maka seseorang tersebut akan dihampiri oleh nasib baik dan keberuntungan.

Namun, perlu diketahui bahwa mitos ini tidak merujuk pada seluruh spesies semanggi di seluruh dunia, hal ini dikarenakan beberapa spesies semanggi seperti misalnya Marsilea crenata justru memiliki empat daun sebagai ciri umum. Semanggi keberuntungan ini merujuk pada tanaman semanggi dengan spesies Trifolium repens yang umumnya dikenal sebagai white clover dengan habitat aslinya berasal dari Eropa, Afrika Utara, dan Asia Barat.  

 

semanggi
Gambar 4 Jenis Spesies Trifolium repens © florafinder.org

 

Sepanjang sejarah, semanggi berdaun empat dianggap sebagai pembawa keberuntungan, hal ini dikarenakan jenis tersebut sangat langka dan sulit ditemukan. Umumnya, satu semanggi berdaun empat akan ditemukan di tiap 100.000 berdaun tiga dalam spesiesnya. Kini, semanggi berdaun empat merupakan simbol keberuntungan yang diterima secara universal.

 

Penulis: Nur Annisa Kusumawardani

 

Referensi Literatur

Britannica, The Editors of Encyclopaedia. “Clover”. Encyclopedia Britannica, 31 May. 2016, https://www.britannica.com/plant/clover-plant. Accessed 23 March 2021.

Chronicle Staff. “The History of Four-Leaf Clovers.” The History of Four-Leaf Clovers, 12 Mar. 2012, www.thechroniclenwi.com/2012/03/13/the-history-of-four-leaf-clovers.

“Semanggi – Taksonomi, Morfologi, Habitat, Sebaran, Manfaat & Mitos.” Rimbakita.Com, rimbakita.com/semanggi.

 

Referensi Gambar

https://www.greeners.co/flora-fauna/semanggi-legenda-sang-pembawa-keberuntungan/

https://flickr.com/photos/ruisoares65/2828592138

https://www.lelong.com.my/marsilea-crenata-aquatic-plant-aquarium-acestoryaquatic-209086681-2021-10-Sale-P.htm

http://phytoimages.siu.edu/imgs/benctan/r/Marsileaceae_Marsilea_crenata_30888.html

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online uuntu Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya.

 

 

 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!