Ubur-Ubur Turritopsis dohrnii, Makhluk yang ‘Hidup Abadi’

Turritopsis dohrnii © National Geographic
Turritopsis dohrnii © National Geographic

Ubur-ubur adalah salah satu makhluk hidup yang menakjubkan. Bagaimana tidak? Mereka hidup tanpa otak, tanpa jantung, memiliki kulit transparan, dan makan melalui anusnya, tetapi mereka mampu bertahan hidup melawan seleksi alam sejak zaman sebelum dinosaurus ada. Namun ternyata, ada satu jenis ubur-ubur paling spesial yang pernah ditemukan karena kemampuan luar biasanya dalam ‘mencurangi kematian’, yaitu Turritopsis dohrnii. 

Ads

Yap, ubur-ubur Turritopsis dohrnii dapat hidup abadi!

 

Bagaimana Turritopsis dohrnii Dapat ‘Hidup Abadi’?

Mungkin kamu bertanya-tanya, apakah makhluk hidup yang dapat hidup kekal itu benar-benar ada? Bukankah semua makhluk hidup pasti akan mati? Turritopsis dohrnii dapat hidup abadi karena mereka memiliki kemampuan untuk meregenerasi seluruh sel tubuhnya yang membuat mereka tidak mengalami penuaan dan tetap dapat bertahan hidup meski berada di kondisi ekstrim, seperti kelaparan, terluka berat, dan lingkungan yang tidak mendukung. Meski begitu, ubur-ubur ini tetap akan mati apabila hewan yang lebih besar memangsa mereka.

Kemampuan regenerasi yang dimiliki oleh ubur-ubur Turritopsis dohrnii ini disebut dengan transdiferensiasi. Transdiferensiasi adalah proses berubahnya sel yang telah mencapai tahap tertentu menjadi sel yang lebih muda dan baru. Proses ini memungkinkan ubur-ubur ini  tidak mengalami penuaan dalam masa hidupnya. Begitupun saat mengalami masa krisis, alih-alih mati, ubur-ubur ini akan mengubah seluruh selnya menjadi sel-sel yang lebih muda melalui serangkaian siklus daur hidupnya.

Pertama-tama, ubur-ubur Turritopsis dohrnii akan berdiam menempel di suatu tempat dan mengubah dirinya menjadi suatu gumpalan kista. Gumpalan kista ini kemudian akan berkembang menjadi koloni polip yang merupakan tahap pertama dalam siklus daur hidup ubur-ubur. Lalu melalui reproduksi aseksual, koloni polip ini akan menelurkan ratusan ubur-ubur yang identik secara genetik dengan salinan aslinya.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Berkat proses transdiferensiasi yang menakjubkan ini, kawanan ubur-ubur tersebut mampu menyebar ke seluruh lautan dunia dengan jumlah yang sangat masif dan memiliki gen DNA yang identik pada setiap spesimen yang ditemukan. Untuk alasan yang masih misterius, ubur-ubur abadi mengambil bentuk yang sedikit berbeda saat menyebar. Kawanan yang hidup di perairan tropis biasanya hanya memiliki 8 tentakel, sedangkan di daerah beriklim sedang dapat memiliki 24 tentakel atau lebih.

Daur Hidup Ubur-ubur Turritopsis © Kompas.com
Daur Hidup Ubur-ubur Turritopsis © Kompas.com

 

Potensi Turritopsis sebagai Anti-Kanker

Kemampuan ubur-ubur Turritopsis dohrnii dalam membalikkan usianya menjadi muda kembali membuat para ilmuwan berspekulasi bahwa makhluk-makhluk itu memiliki mekanisme perbaikan sel yang sangat efektif yang memungkinkan mereka menua tanpa mengalami kerusakan yang disebabkan oleh waktu pada sel mereka. Meskipun demikian, ubur-ubur Turritopsis dohrnii tidak bisa menjadi kunci obat anti penuaan bagi manusia.

Namun ada kemungkinan ubur-ubur Turritopsis dohrnii dapat membantu melawan salah satu ancaman terbesar bagi kesehatan manusia yaitu kanker. Seperti sel kanker, beberapa sel ubur-ubur ini yang seharusnya mati mampu mematikan beberapa gen dan mengaktifkan beberapa gen lain, mengaktifkan kembali program genetik yang digunakan pada tahap awal siklus hidup. Dengan mempelajari bagaimana tepatnya sel ubur-ubur abadi melakukan itu, para ilmuwan mungkin dapat menemukan petunjuk untuk melawan kanker, si penyerbu lain yang diam dan berkembang pesat.

Ubur-ubur Turritopsis © Yiming Chen/Getty Images
Ubur-ubur Turritopsis © Yiming Chen/Getty Images

 

Penulis : Latifa Ariani

Dikurasi Oleh: Daning Krisdianti

 

Referensi Literatur

Science with Dr Karl: Immortal Jellyfish! (2019, August 09). Retrieved January 28, 2021, from https://www.natgeokids.com/au/discover/science/nature/drkarl/

Turritopsis dohrnii, Ubur-ubur Abadi yang Bisa ‘Mencurangi’ Kematian – Semua Halaman. (n.d.). Retrieved January 28, 2021, from https://nationalgeographic.grid.id/read/131754974/turritopsis-dohrnii-ubur-ubur-abadi-yang-bisa-mencurangi-kematian?page=all

Than, K. (2018, October 02). “Immortal” Jellyfish Swarm World’s Oceans. Retrieved January 28, 2021, from https://www.nationalgeographic.com/animals/2009/01/immortal-jellyfish-swarm-oceans-animals/

 

Referensi Gambar

https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/15/185610369/daur-hidup-berbagai-jenis-hewan?page=all

https://www.natgeokids.com/au/discover/science/nature/drkarl/

https://nationalgeographic.grid.id/read/131754974/turritopsis-dohrnii-ubur-ubur-abadi-yang-bisa-mencurangi-kematian?page=all

 

LindungiHutan.com adalah Platform Crowdfounding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak.

Yuk, jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!