Merawat Bumi Bersama BUMI Bulkstore and Refillery Brand

Bumi dan seisinya memberikan banyak hal baik bagi kehidupan manusia, hewan, tumbuhan, bahkan segala makhluk hidup. Tetapi, apakah kita sudah memberikan timbal balik bagi bumi dan seisinya? Sering kali kita lupa untuk berbuat baik bagi sekitar kita, tidak hanya bagi kita sesama manusia, tetapi berbuat baik untuk alam pula. Semua yang diberikan alam kerap kali hanya dipergunakan manusia untuk memenuhi segala kebutuhan manusia saja, salah satu contohnya adalah tindakan eksploitasi segala kekayaan alam tanpa melakukan restorasi. Sadar atau tidak, hanya dengan tindakan kecil yang biasa kita lakukan sehari-hari, kita dapat merusak alam. Penggunaan plastik yang tidak dapat di daur ulang, membiarkan lampu terus menyala, tidak mematikan keran air, bahkan perilaku konsumtif dan impulsif juga dapat merusak alam. Bermula dari hal kecil yang sering kali dianggap sepele dan tidak kita sadari dapat menyebabkan dampak yang sangat besar untuk alam. Apabila kita tidak melakukan tindakan cepat, tepat, dan tanggap, alam akan kehilangan daya restorasinya cepat atau lambat. Melihat hal ini, selain menyediakan produk untuk merawat diri, BUMI Bulk Store and Refillery Brand juga berinisiatif untuk bersama merawat bumi dengan menggalakkan kampanye alam bersama LindungiHutan sebagai suatu timbal balik baik dari manusia kepada bumi. Adanya kampanye alam ini diharapkan menjadi suatu dorongan yang bermula dari langkah kecil yang dapat mengubah dunia sehingga manusia lebih peduli akan merawat bumi dan segala isinya.

Ads

Tentang BUMI Bulk Store and Refillery Brand

Profil Instagram BUMI Bulk Store and Refillery
Gambar 1 Profil Instagram BUMI Bulk Store and Refillery

BUMI Bulk Store and Refillery Brand adalah suatu toko yang menjual barang kebutuhan rumah tangga berbasis zero waste product. Produk yang dijual pada BUMI Bulk Store and Refillery Brand adalah produk yang dapat dipakai berulang kali (disposable), barang tangan kedua (second-hand), produk yang ramah lingkungan yang diperoleh dari alam dengan sedikit dan bahkan tanpa campuran bahan kimia, dan produk yang dapat diambil dan dipergunakan secukupnya dengan takaran yang dapat konsumen tentukan sendiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Konsep dari BUMI Bulk Store and Refillery Brand sendiri menerapkan prinsip dan filosofi 4R, yaitu reuse, repair, recycle, dan reduce. Dengan berbelanja di BUMI Bulk Store and Refillery Brand konsumen telah berpartisipasi dan membantu gerakan 4R. Gerakan 4R sumbangsih konsumen meliputi: reuse dan repair dengan cara membeli produk tangan kedua (second-hand) BUMI Bulk Store and Refillery Brand serta menggunakan kembali produk tersebut sehingga produk tetap berguna tanpa mengurangi value dari produk itu sendiri, recycle yang dilakukan BUMI Bulk Store and Refillery Brand dengan cara meminimalisir penggunaan plastik baik dalam pengemasan maupun sebagai wadah penyimpanan produk belanja, dan gerakan reduce yang dilakukan BUMI Bulk Store and Refillery Brand dengan cara membuat produk yang berbasis bebas sampah dan residu yang mana produk dapat diambil dengan porsi dan proporsi secukupnya sesuai dengan kebutuhan konsumen sehingga mengurangi produk yang tersia-siakan dengan mengurangi sifat konsumtif dan impulsif dalam berbelanja. 

1000 Pohon BUMI Bulk Store and Refillery Brand

BUMI Bulk Store and Refiller x LindungiHutan
Gambar 2 BUMI Bulk Store and Refiller x LindungiHutan

BUMI Bulk Store and Refillery Brand selain bertekad melestarikan bumi melalui karya produk yang ramah lingkungan dan berkelanjutan, mereka juga peduli akan usaha serta tindakan pelestarian alam dan lingkungan hidup. Salah satu wujud upaya kepedulian BUMI Bulk Store and Refillery Brand melalui upaya penanaman Mangrove Rhizophora di Desa Bedono, Demak. Kampanye alam BUMI Bulk Store and Refillery Brand dengan LindungiHutan tidak semata-mata timbul, tetapi terdapat beberapa keprihatinan yang menjadi pondasi kampanye alam ini. Desa Bedono, Demak merupakan suatu desa dengan banyak potensi besar di dalamnya. 

Sektor bahari merupakan sektor utama dalam perekonomian desa ini, usaha prospektif pada sektor ini meliputi budidaya hasil laut dan perikanan serta wisata bahari. Sayangnya, jika tidak disandingkan dengan upaya konservasi dan restorasi, daratan Demak terancam tenggelam akibat abrasi. Terdapat beberapa prediksi apabila daratan Demak tidak melakukan konservasi dan restorasi dengan segera, prediksi tersebut meliputi: dengan kenaikan air laut per tahun yang mencapai 3 cm dan penurunan permukaan tanah yang per tahun mencapai 25 cm, maka akan menyebabkan penurunan daratan Demak dengan rentang waktu 10-20 tahun kedepan. Hal ini akan membuat rumah penduduk di daratan Demak tenggelam dengan estimasi jumlah rumah penduduk mencapai 200 rumah. Maka dari itu, BUMI Bulk Store and Refillery Brand bersama LindungiHutan bertekad untuk mencegah hal itu terjadi dengan upaya penanaman Mangrove Rhizophora di Desa Bedono, Demak. Mangrove Rhizophora terbukti dapat mengendapkan lumpur melalui akar pohon bakau yang mencegah terjadinya perembesan air laut ke daratan sehingga meminimalisir terjadinya percampuran air laut dan air tanah. Selain dapat mencegah intrusi air laut ke daratan, akar Mangrove Rhizophora dapat mempercepat penguraian limbah organik dan limbah kimia sehingga pencemaran laut dapat dicegah. Tindakan preventif ini akan berdampak besar bagi Desa Bedono, Demak, apabila banyak tangan dapat membantu niat baik BUMI Bulk Store and Refillery Brand dan LindungiHutan.

Kampanye Alam 

Desa Bedono, Demak merupakan suatu desa yang memiliki banyak sekali potensi bahari di dalamnya. Tetapi, adanya abrasi dapat menghambat segalanya. Abrasi yang terjadi pada kawasan pesisir pantai Laut Demak harus diberi perhatian secara berkelanjutan. Apabila tidak dilakukan tindakan preventif dengan cepat dan tepat sasaran, seiring berjalannya waktu, dampak dari abrasi akan semakin besar dan dapat menimbulkan kerugian bagi sekitar. 

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Air laut yang meningkat dengan kontinu dapat menyebabkan rumah penduduk di sekitar daratan Demak tenggelam. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam meminimalisir hal tersebut adalah menanam tanaman konservasi Mangrove Rhizophora yang memiliki banyak sekali manfaat guna menahan abrasi. Tidak hanya menahan abrasi, Mangrove Rhizophora dapat menahan ombak, angin, menyaring dan menangkap sedimen, sebagai tempat biota air hidup, berkembang, serta melindungi diri. Menurut beberapa penelitian, akar dari Mangrove Rhizophora menggantung dari batang dan dilapisi oleh lapisan lilin yang dapat dilalui oksigen tetapi tidak dapat dilalui oleh air. Hal ini menjadikan Mangrove Rhizophora tanaman konservasi yang paling pantas dan baik untuk mencegah abrasi di Desa Bedono, Demak. 

Kampanye alam yang dilakukan oleh BUMI Bulk Store and Refillery Brand merupakan suatu inisiatif baik untuk merawat alam dan sebagai tindakan preventif kerusakan alam. Selain membantu alam untuk merestorasi diri, dengan kampanye ini kita sebagai manusia juga dapat membantu sesama untuk mencegah terjadinya bencana alam yang sewaktu-waktu dapat terjadi, cepat atau lambat. Langkah kecil yang dapat kita lakukan adalah menyisihkan sebagian dari uang kita dengan berdonasi mulai dari Rp10.000,00 untuk pembelian benih tanaman Mangrove Rhizophora. Donasi tersebut dapat membawa suatu langkah besar, seperti melestarikan alam dan mencegah bencana alam. Selain itu, donasi yang kita berikan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar Desa Bedono, Demak karena tanaman Mangrove Rhizophora dinilai sebagai tanaman yang ekonomis yang dapat dimanfaatkan secara langsung. Niat baik dari BUMI Bulk Store and Refillery Brand dapat kita dukung dengan melakukan suatu aksi nyata dengan berdonasi untuk pembelian benih tanaman konservasi Mangrove Rhizophora pada laman yang telah tersedia. Mari bersama melakukan aksi nyata untuk kelestarian alam dengan satu langkah kecil yang berdampak besar bagi Desa Bedono, Demak!

 

Veronique Graceelli

 

Sumber foto:

Desa Bedono Demak (https://regional.kompas.com/read/2020/03/27/10200071/kisah-satu-keluarga-di-demak-bertahan-di-tengah-desa-yang-tenggelam-gunakan?page=all)

Penanaman mangrove di Desa Bedono oleh Dinkes (https://dinkes.demakkab.go.id/penanaman-mangrove-di-desa-bedono-kab-demak/)

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu.

Enable Notifications    Ok No thanks