Misi untuk Hutan dan Mata Air Sigandul

Bukit Sigandul yang Terletak di Gunung Sindoro
Bukit Sigandul yang Terletak di Gunung Sindoro

LindungiHutan.com, Semarang – Bukit Sigandul terletak di lereng Gunung Sindoro, Temanggung. Sebagian besar wilayahnya berada di kecamatan Wonoboyo. Dengan ketinggian sekitar 2005 meter dari permukaan laut, bukit ini menawarkan keindahan bagi para pecinta alam seperti pendaki gunung. Di bukit ini, juga terdapat salah satu keindahan alam yang memiliki nama yang serupa, yaitu Mata Air Sigandul.

Ads

Setidaknya ada 4 tempat yang sudah diresmikan sebagai start atau basecamp pendakian di bukit  ini, antara lain; Gelangan Gunung, Bulu, Dedapan, dan Sigandul. Dari puncak bukit Sigandul, Gunung Prau yang cantik tampak sangat jelas seperti perahu terbalik. Puncaknya memanjang, tidak begitu luas, tanpa pepohonan, hanya ilalang tinggi.

Baca Lainnya : Harapan Baru untuk Bedono, Reboisasi Pesisir Demak

Air Terjun di Bukit Sigandul
Air Terjun di Bukit Sigandul

Banyak air terjun dan sumber mata air di sekitar Bukit ini, mata air tersebut menjadi sumber kehidupan ekosistem dan masyarakat sekitar, bahkan dimanfaatkan oleh PDAM.

Namun semakin banyaknya illegal logging di kawasan Bukit Sigandul menyebabkan 25 persen dari luasan total hutan sebanyak 20 hektar kawasan hutan terlihat gundul. Aksi penebangan tersebut juga membuat kuantitas debit air dari mata air Sigandul menurun.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Yuk, Adakan Penghijauan di Daerahmu!

Bersama LindungiHutan, Menghijaukan Indonesia.

Sambutan dari Edi Sucahyo, Direktur PDAM Tirta Mudal
Sambutan dari Edi Sucahyo, Direktur PDAM Tirta Mudal (Dok.LindungiHutan)

“Pada musim kemarau saat ini, dari 21 mata air yang dimanfaatkan PDAM, rata-rata debit airnya mengalami penurunan sekitar 30 persen”– kata Edi Sucahyo, Direktur PDAM Tirta Mudal pada Agustus 2015.

Bencana longsor yang terjadi pada Februari 2018 lalu membuat sekelompok pemuda membentuk Komunitas LMDH. Mereka tergerak untuk menghijaukan kembali Bukit Sigandul.

Baca Lainnya : #BersamaMenjadiSeribu: THR untuk Antok

Relawan Penanaman di Mata Air Sigandul
Relawan Penanaman di Mata Air Sigandul (Dok.LindungiHutan)

Pada 24 Februari 2018, dengan dibantu oleh TNI, Mapala dan pihak Perhutani, mereka menanam sebanyak 74 bibit di sekitar mata air Sigandul. Jenis tanaman yang ditanam pada area tersebut adalah Beringin, Eucalyptus, Cemara gunung, Pinus dan Kayu manis.

Serunya Penanaman di Mata Air Sigandul
Serunya Penanaman di Mata Air Sigandul (Dok.LindungiHutan)

Gotong royong antar berbagai pihak tersebut harapannya dapat mengembalikan kelestarian mata air Sigandul. Salam Lestari !! (Kika)*

Referensi: Jowonews, Mutamam, Ampl

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di daerahmu. Selain daerahmu, kamu  juga bisa membantu menghijaukan daerah lainnya di Indonesia lho!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!