Nuri Talaud: Burung Khas Sulawesi yang Terancam Punah

Taksonomi

Nuri Talaud merupakan jenis burung asal Talaud, tepatnya di Kepulauan Talaud di provinsi Sulawesi Utara. Burung ini juga dikenal sebagai Red-and-Blue Lory. Burung ini memiliki urutan taksonomi seperti berikut:

Ads
  • Kerajaan : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Aves
  • Ordo : Psittaciformes
  • Famili : Psittaculidae
  • Genera : Eos
  • Spesies : Eos histrio

"<yoastmark

Morfologi Burung Nuri Talaud

Burung Nuri Talaud konon memiliki ukuran sekitar 31 cm dan berat badan yang sangat ringan yaitu sekitar 150 hingga 185 gram. Secara biologis, jenis burung ini terbagi menjadi tiga suku: E.h. histrio, E.h. talautensis, E.h. challengeri. Masing-masing suku tersebut juga memiliki perbedaan tersendiri. 

Dimulai dari E.h. histrio, jenis burung Nuri Talaud yang memiliki penampilan yang berbeda pada tahap belia dan dewasa. Di usia belia, jenis burung ini memiliki sedikit warna biru pada bulu kepala dan dada. Warna biru di mahkota kepala biasanya mencapai tengkuk dan bawah mata. Juga terdapat garis berwarna biru yang tidak terlalu kentara pada daerah dada. Selain itu, mereka memiliki paha yang berwarna ungu kusam dan mata yang berwarna coklat. Seiring mereka beranjak dewasa, kedua jenis kelamin pada umumnya memiliki keseluruhan tubuh yang berwarna merah. Terdapat pula pita ungu atau biru lebar yang melingkari bagian belakang kepala mereka serta pada mata hingga telinga dan sisi leher mereka. Garis biru pada bagian dada masih terdapat pada populasi dewasa, tetapi semakin lebar dan jelas. Warna paha berubah menjadi hitam, bagian bawah ekor berwarna biru, dan ekornya sendiri berwarna merah keunguan. Matanya berubah menjadi merah.

E.h. (Eos histrio) histrio  © macaulaylibrary.org
E.h. (Eos histrio) histrio  © macaulaylibrary.org

E.h. talautensis memiliki perbedaan penampilan yang sangat minim dengan E.h histrio. Tidak seperti E.h. histrio, jenis burung ini tidak mengalami banyak perubahan fisik dalam masa pertumbuhan. Yang membedakan jenis ini dari E.h. histrio hanyalah sedikitnya warna hitam pada bagian sayap.

Terakhir, terdapat jenis E.h. challengeri yang populasi dewasanya memiliki garis biru yang sangat pudar bercampur merah di bagian dadanya. Tidak seperti kedua jenis di atas, pita biru dari mata milik E.h. challengeri tidak meluas ke mantel. Selain itu, ukurannya lebih kecil jika dibandingkan dengan kedua burung lainnya.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

"Fitur

Keunikan Nuri Talaud

  1. Kicauan

    Burung Nuri ini memiliki suara kicauan pendek yang serak dengan volume sedang dan nada yang monoton. Kicauannya yang khas ini pun akan mereka ulangi lagi dan lagi. Selain itu, mereka juga bisa mengeluarkan suara kicauan yang berbeda yang sangat jarang mereka suarakan. Untuk kicauan yang ini, durasi dapat mencapai setengah menit

  2. Memiliki Musim Kawin

    Mungkin hal ini tidak selalu dapat bersifat “unik”. Seperti burung pada umumnya, burung ini pun memiliki musim kawinnya sendiri. Musim ini biasanya terjadi pada bulan Maret hingga Mei. Namun, yang membuatnya unik adalah, tiap induk hanya dapat menghasilkan 2 butir telur.

  3. Terbang Secara Kelompok

    Di alam bebas, mereka paling sering terlihat terbang berkelompok. Tak heran jika 8 burung Nuri Talaud terlihat berterbangan bersama. Sejumlah besar lainnya dapat juga terlihat berkumpul untuk bertengger. Pada pertemuan ini, kicauan pun akan sering terjadi.

"Kelompok

Penyebaran Nuri Talaud

Populasi burung Nuri Talaud lumayan tersebar luas. Jenis Nuri Talaud E.h. histrio umumnya tersebar di daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe di bagian Utara Sulawesi, Indonesia. Penyebaran E.h. talautensis terdapat di Kabupaten Kepulauan Talaud di Sulawesi Utara, Indonesia. Terdapat juga subspesies satunya lagi, E.h. challengeri, di Kabupaten Kepulauan Talaud, tepatnya di wilayah Nanusa. 

"Penyebaran

Sayangnya, dari semua wilayah yang dihuninya, burung ini memiliki jumlah populasi yang berkisar kurang dari 4000 nyawa. Lebih tragisnya lagi, burung ini sangat dekat ataupun dapat disebut punah. Terjadinya hal ini diakibatkan oleh hilang dan hancurnya habitat mereka yang biasa bertempat di hutan. Terlebih lagi, jenis burung ini memiliki banyak peminat. Karena itu, banyak manusia yang nekat dan tega menggusur tempat tinggal populasi burung ini dengan tujuan untuk memeliharanya ataupun menjualnya. 

Untungnya, kabar tentang populasi Nuri Talaud sudah mulai tersebar dan penjagaan jenis burung ini pun sudah menjadi semakin ketat. Mari ikut serta dalam menyebarkan hal ini ke orang-orang di sekitarmu mulai dari sekarang. Jangan sampai Indonesia kehilangan salah satu hewan keunggulannya.

 

Penulis: Angeline Lee

 

Referensi Literatur

(2013, November 20). Retrieved March 05, 2021, from https://nationalgeographic.grid.id/read/13286243/polisi-gagalkan-penyelundupan-111-burung-nuri-talaud-ke-filipina?page=all

Yadi. (2021, March 03). Mengenal ciri Khas BURUNG Nuri T4laud Yang KINI DILINDUNGI. 

Retrieved March 05, 2021, from https://www.jalaksuren.net/mengenal-ciri-khas-burung-nuri-talaud-yang-kini-dilindungi/

Trust, W. (n.d.). Red-and-blue lory. Retrieved March 05, 2021, from 

https://www.parrots.org/encyclopedia/red-and-blue-lory 

Red-and-blue lory. (2020, June 22). Retrieved March 05, 2021, from 

https://en.wikipedia.org/wiki/Red-and-blue_lory 

 

Referensi Gambar

  • Nuri Talaud:

Nuri Talaud By adyah ningtyas – Oct 12, 2020 10:44 am Hits:24 A+ | a- Nuri Red-and-blue Lory Nama Ilmiah Eos histrio – Status Konservasi Terancam Punah – Distribusi Spesies ini berasal dai Pulau Talaud, bagian utara dari Sulawesi, Indonesia …

  • E.h. (Eos histrio) histrio: 

Red-and-blue Lory (Eos histrio)

  • Fitur:

From Hunter to Protector: The Invention and Reinvention of the Nuri Talaud | Forest and Society

  • Kelompok:

Polisi Gagalkan Penyelundupan 111 Burung Nuri Talaud ke Filipina – Semua Halaman – National Geographic

  • Penyebaran:

Profil Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Sulawesi Utara – perkim.id

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Sulawesi Utara, daerah tempat tinggal populasi Nuri Talaud yang tersisa. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan demi menjaga keberadaan burung ini.

Yuk, bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!