One Booking, One Tree

Semua orang suka dengan liburan. Apalagi, kalau liburannya di tempat sejuk nan asri dan penuh dengan berbagai keindahan alam. Sayangnya, alam sudah tidak seindah dulu. Ada banyak kerusakan dan aktivitas manusia yang kian lama kian menghancurkan keindahannya. Akibatnya, semakin banyak tempat yang tidak bisa kita kunjungi, masalah lingkungan yang timbul, dan kerusakan ekosistem. Hal ini semakin diperparah dengan minimnya kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya pelestarian lingkungan bagi keberlangsungan hidup manusia. Melihat kondisi ini, Ekosistem Hotels and Villas memutuskan untuk mengambil langkah nyata perubahan lingkungan berupa penanaman di pesisir Pantai Bahagia, Bekasi yang dikemas dalam sebuah kampanye alam yang diberi nama “One Booking, One Tree”. Seluruh rangkaian kegiatan kampanye tersebut diharapkan dapat meningkatkan kelestarian lingkungan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya pelestarian lingkungan bagi keberlangsungan hidup manusia.

Ads

Berlibur Bersama Ekosistem Hotels and Villas!

Ekosistem Hotels and Villas atau yang juga dikenal sebagai PT. EKOSISTEM HOTELS INDONESIA merupakan sebuah hotel operator yang menyediakan berbagai Boutique Hotels, Luxury Villas, Eco-Retreats, dan Spa yang berada di berbagai tempat wisata di Bali. Melalui berbagai pilihan hotel dan vila, mereka berusaha untuk memedulikan kenyamanan pengunjung dengan memperhatikan kualitas dan efisiensi tempat. Selain itu, mereka menyediakan berbagai fasilitas dan pelayanan yang dapat meningkatkan kenyamanan dan kebahagiaan pengunjung selama berlibur. Fasilitas dan pelayanan tersebut diaplikasikan sesuai dengan prinsip yang holistik. 

Selain itu, Ekosistem Hotels and Villas berusaha memberikan berbagai dampak positif bagi masyarakat sekitar. Dalam setiap kegiatan yang mereka lakukan, mereka berusaha untuk menggunakan produk dan bahan lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Selain itu, mereka juga mengedukasi setiap pengunjung yang datang akan tradisi, hukum adat, dan budaya yang berlaku di sekitar hotel maupun vila. Hal ini dilakukan agar pengunjung dapat mengenal lebih dekat dan menghormati budaya yang ada.

ekosistem hotel and villas
Gambar 1. Akun Instagram Ekosistem Hotels and Villas © Instagram

Pada saat yang sama, mereka juga berusaha percaya bahwa mereka memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Mereka melakukan hal ini atas kepercayaan bahwa setiap hal yang mereka miliki berasal dari alam. Oleh karena itu, alam harus dihormati dan dijaga kelestariannya. Untuk melakukan ini, mereka mengambil beberapa langkah nyata. Pertama, mereka tidak memakai plastik apapun dalam kegiatan mereka. Selain itu, mereka juga mengajak pengunjung untuk tidak menggunakan plastik dengan menyediakan air isi ulang gratis. Berikutnya, mereka mengolah berbagai berbagai limbah yang dihasilkan untuk mengurangi jejak karbon dan dampak lingkungan. Keempat, mereka menggunakan panel surya untuk mengurangi penggunaan listrik yang tidak ramah lingkungan di setiap lokasi. Terakhir, mereka berusaha menginspirasi industri pariwisata untuk mengambil langkah perubahan. Semua fasilitas dan kegiatan mereka dapat dilihat melalui akun Instagram @ekosistem.hotels dan laman resmi Ekosistem Hotels and Villas.

Kampanye Alam “One Booking, One Tree”

Untuk menjalankan visi mereka sebagai industri yang peduli akan lingkungan, Ekosistem Hotels and Villas melakukan sebuah upaya pelestarian lingkungan. Upaya ini dilaksanakan atas dasar rasa tanggung jawab sebagai industri yang menjadikan alam sebagai salah satu atraksi dan keresahan akan berbagai kerusakan alam semakin banyak terjadi di Indonesia, terutama di Pantai Bahagia, Bekasi. Selain itu, mereka juga sadar bahwa usaha yang telah mereka lakukan sebelumnya belum cukup untuk mengatasi permasalahan lingkungan yang ada. Oleh karena itu, mereka bekerja sama dengan LindungiHutan untuk membentuk sebuah kampanye alam yang diberi nama “One Booking, One Tree” sebagai upaya pelestarian di Pantai Bahagia, Bekasi.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
Kampanye Alam Ekosistem Hotels and Villas – Wanaswara
Gambar 2 Kampanye Alam Ekosistem Hotels and Villas © LindungiHutan

Kegiatan kampanye ini dilakukan untuk menanggulangi kerusakan alam yang terjadi di pesisir Pantai Bahagia, Bekasi. Pantai ini memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi salah satu destinasi wisata di Bekasi dengan keindahan hutan mangrove dan penangkaran Lutung Jawa. Sayangnya, pantai ini mengalami abrasi dan banjir rob yang parah. Akibatnya, daratan semakin hilang ditelan ombak dan masyarakat kehilangan rumah mereka. Hal ini tentu saja membahayakan kehidupan manusia dan berbagai satwa. Oleh karena itu, kampanye ini memiliki peran yang sangat besar dalam mencegah hal itu sampai terjadi.

Untuk merealisasikan kegiatan kampanye ini, Ekosistem Hotels and Villas menyisihkan profit mereka dan mengajak seluruh kalangan masyarakat berpartisipasi demi keberlangsungan hidup manusia. Kampanye ini disebarkan melalui jaringan sosial media Ekosistem Hotels and Villas dan LindungiHutan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat akan usaha pelestarian lingkungan. Selain itu, Ekosistem Hotels and Villas juga membuka penggalangan dana secara online di LindungiHutan untuk memberikan kesempatan kontribusi bagi masyarakat dengan memberikan donasi sebesar Rp 15.000,00/pohon. 

Alam Indah, Hidup Nyaman!

Sadar atau tidak, keasrian dan keindahan alam memiliki peran yang sangat besar dalam memberikan kenyamanan dalam kehidupan kita. Alam yang asri dapat menurunkan suhu yang tentunya akan mendinginkan kepala yang panas. Selain itu, keasrian alam juga dapat memberikan berbagai manfaat bagi kehidupan manusia dan lingkungan, seperti mencegah terjadinya bencana alam, mengurangi dampak pemanasan global, meningkatkan kualitas udara, dan masih banyak lagi. Pada saat yang sama, keindahan alam dapat memanjakan indra kita. Menikmati keindahan alam dapat menurunkan tingkat stres yang kita miliki. Coba bayangkan, kita berlibur di Bali dan menikmati keindahan matahari terbenam setelah lama bergulat dengan tugas dan tanggung jawab. Tentunya, itu akan memberikan sebuah ketenangan dan kenyamanan tersendiri bagi kita. Oleh karena itu, alam harus terus dilindungi.

Keindahan Alam – Wanaswara
Gambar 3 Keindahan Alam © Liputan 6

Kegiatan kampanye yang dilakukan oleh Ekosistem Hotels and Villas merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk melindungi dan menjaga kelestarian lingkungan. Mereka melakukan kegiatan atas kesadaran akan pentingnya kelestarian alam bagi kehidupan kita. Akan tetapi, mereka tidak bisa melakukan ini sendirian. Mereka memerlukan kontribusi kita. Ini bumi kita. Kalau bukan kita, siapa lagi?

 

Penulis: Jeannette Sharon

 

Referensi Gambar:

Ekosistem Hotels and Villas. (n.d.). [Screenshot]. Instagram. https://www.instagram.com/ekosistem.hotels/

Kessel, H. (2020, February 14). Ilustrasi Bali [Photograph]. Liputan 6. https://www.liputan6.com/citizen6/read/4178832/10-destinasi-di-indonesia-ini-paling-banyak-diburu-saat-valentine

LindungiHutan. (2021, February 16). [Campaign]. LindungiHutan. https://lindungihutan.com/ekosistemhotelandvilla

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. 

Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!