Orchid Mantis, Belalang Cantik bak Bunga Anggrek

Karakteristik

Gambar 1 Orchid Mantis
Gambar 1 Orchid Mantis

Orchid Mantis merupakan belalang sembah yang memiliki bentuk dan warna menyerupai bunga anggrek. Orchid mantis atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan belalang anggrek memiliki nama latin Hymenopus coronatus. Walaupun bentuknya menyerupai bunga anggrek, belalang anggrek ini tidak hidup atau berhabitat pada bunga anggrek. Belalang sembah yang menyerupai anggrek ini tentu menjadi favorit di beberapa kalangan, khususnya bagi pecinta serangga karena keindahan bentuk dan warna tubuhnya yang menyerupai bunga. Belalang sembah anggrek dapat ditemukan di kawasan Asia Tenggara. Belalang ini biasanya tinggal di daerah yang memiliki suhu antara 25°C sampai 35°C. Pada malam hari, suhu minimal berada pada 18°C. Pada umumnya, rentang usia balalang ini berada di kisaran 6-9 bulan. Siklus hidup belalang ini terbilang sederhana, yaitu telur, nimfa, dan belalang sembah anggrek dewasa. 

Ads
Gambar 2. Nimfa Orchid Mantis
Gambar 2. Nimfa Hymenopus coronatus

Pada umumnya, belalang sembah anggrek memiliki tubuh berwarna putih dengan aksen merah muda yang lembut. Beberapa belalang ada yang hanya memiliki warna putih saja atau hanya memiliki warna merah mudah saja yang terdapat pada tubuhnya. Uniknya, pada situasi dan keadaan tertentu, belalang ini dapat berubah warna menyesuaikan kondisi lingkungan tempat belalang ini berada. Habitat asli belalang sembah anggrek ini berada di semak-semak dan pepohonan kecil yang memiliki bunga-bunga yang berwarna sama dengan tubuhnya. Hal ini tentu sangat membantu belalang ini untuk dapat melakukan kemampuan mimikri guna bertahan hidup. Dengan mimikri, belalang sembah anggrek ini dapat mengelabui predatornya, sehingga mereka tidak ditemui oleh mangsanya. Selain itu juga, hal ini dapat berguna untuk mengelabui mangsanya, seperti serangga-serangga kecil. Ketika serangga-serangga kecil berhasil terpukau dan mendatangi belalang ini, maka belalang dapat dengan mudah memangsa serangga-serangga tersebut.

Keunikan

Ukuran tubuh orchid mantis ini ternyata bervariasi tergantung jenis kelaminnya. Belalang sembah anggrek betina memiliki ukuran tubuh yang lebih panjang dari pada belalang sembah anggrek jantan. Belalang sembah anggrek betina memiliki ukuran panjang sekitar 6-7 cm, sedangkan jantan hanya berkisar kurang lebih 2,5 cm. Adanya perbedaan panjang tubuh ini ternyata dapat mengindikasikan kecepatan pertumbuhan dan perkembangannya juga. Belalang anggrek jantan memiliki tubuh yang lebih pendek dari pada betina, sehingga jantan lebih cepat untuk mengalami tahap dewasa dan matang. Dalam hal warna tubuh juga dapat ditemukan perbedaannya antara jantan dan betina. Belalang sembah anggrek jantan cenderung memiliki sayap berwarna putih, tubuhnya berwarna merah muda, dan pada punggungnya terdapat bercak kecoklatan. Pada bagian kakinya, tidak ditemukan adanya lobus. Berbeda dengan betina, pada punggungnya dapat ditemui adanya bercak hijau.

Gambar 3. Orchid Mantis Jantan (Kecil) dan Betina (Besar)
Gambar 3. Orchid Mantis Jantan (Kecil) dan Betina (Besar)

Menurut Gavin Svenson dari Cleveland Museum of Natural History, perbedaan ukuran tubuh pada orchid mantis mempengaruhi juga tingkah laku pada serangga ini. Tubuh kecil pada belalang sembah anggrek jantan digunakan untuk berkamuflase sehingga dapat menghindari predatornya. Selain itu, karena seekor jantan lebih aktif berpindah-pindah lingkungan dan mencari pasangan, ukuran tubuhnya memberi keuntungan bagi jantan karena mereka dapat lebih aktif bergerak dan tidak terlalu diperhatikan oleh predatornya. Sedangkan tubuh besar pada betina dapat digunakan untuk bermimikri, karena jika terlalu banyak bergerak, maka hal ini dapat memudahkan mangsa menemukan dan mengetahui keberadaan belalang betina ini.

Hal unik yang dilakukan pada belalang sembah anggrek ini yaitu belalang ini memanfaatkan pintasan dengan menggunakan “eksploitasi sensorik”. Serangga-serangga kecil mengklasifikasikan belalang sembah anggrek ini sebagai bunga yang dipenuhi dengan nektar raksasa, sehingga mereka mendekati untuk menyelidikinya. Respon serangga-serangga kecil ini lah yang dimanfaatkan oleh belalang sembah anggrek untuk memangsanya.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Walaupun serangga dikenal membawa kerugian pada manusia, serangga juga memiliki pengaruh positif kepada lingkungan, salah satunya orchid mantis ini. Serangga seperti mantis juga diketahui memiliki peran yang sangat penting terhadap rantai makanan. Selain itu juga serangga ini juga ikut membantu mengontrol hama tanaman. Sehingga, membasmi atau membunuh belalang sembah anggrek dapat memiliki pengaruh yang cukup fatal bagi kehidupan lingkungan.

Penulis: Mikhael Sihite

Referensi Literatur

Alys. 2019. Orchid Mantis, Belalang Cantik Bertubuh Bunga. Tersedia dalam: https://www.idntimes.com/science/discovery/adeliadwitas/orchid-mantis-belalang-cantik-bertubuh-bunga-exp-c1c2/6. Diakses pada 19 Februari 2021.

B, Mary. 2016. Praying Mantis Looks Like a Flower—And Now We Know Why. National Geographic. Tersedia dalam: https://www.nationalgeographic.com/animals/article/ orchid-mantises-evolution-insects. Diakses pada 19 Februari 2021.

Keeping Insects. Orchid Mantis. Tersedia dalam: https://www.keepinginsects.com/praying- mantis/species/orchid-mantis/. Diakses pada 19 Februari 2021.

The Conversation. 2015. Secrets of the orchid mantis revealed – it doesn’t mimic an orchid after all. Tersedia dalam: https://theconversation.com/secrets-of-the-orchid-mantis -revealed-it-doesnt-mimic-an-orchid-after-all-36715. Diakses pada 19 Februari 2021.

Referensi Gambar

Gambar 1: https://www.idntimes.com/science/discovery/adeliadwitas/orchid-mantis-belalang- cantik-bertubuh-bunga-exp-c1c2/6

Gambar 2: https://www.australiangeographic.com.au/blogs/creatura-blog/2020/08/orchid- mantis-babies-are-strange-little-aliens/

Gambar 3: https://www.nytimes.com/2016/12/05/science/secrets-of-the-orchid-mantis.html

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya.

 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!