Pegunungan Sudirman: Rumah Bagi Puncak Jaya, Sumantri, Ngga Pulu dan

Gambar 1. Pegunungan Sudirman

Ads

Nama pegunungan ini diambil dari nama salah satu pahlawan Indonesia yaitu Jendral Sudirman. Pegunungan Sudirman merupakan rumah bagi puncak Jaya Wijaya, Gang Pulu, Sumantri, dan Carstensz Timur. Penasaran kan, dengan pegunungan ini? Yuk, kita mengenal lebih jauh mengenai Pegunungan Sudirman!

Pegunungan Sudirman

Pegunungan Sudirman merupakan lokasi bagi empat gunung tertinggi di Indonesia. Puncak Jaya yang berdiri di ketinggian 16.024 kaki (4.884 meter) merupakan gunung tertinggi di Indonesia dan Oseania Raya. Setelah Puncak Jaya, terdapat Gunung Sumantri yang berdiri di ketinggian 15.978 kaki (4.870 meter), kemudian Ngga Pulu yang berada pada ketinggian 15.951 kaki (4.862 meter), dan yang terakhir ada Carstensz Timur yang berada di ketinggian 15.814 kaki (4.820 meter). 

Puncak Jaya 

Gambar 2. Puncak Jaya

Puncak Jaya atau Carstensz Pyramid merupakan puncak gunung tertinggi di Benua Oseania. Lokasinya berada di provinsi Papua Indonesia. Puncak Jaya berada pada ketinggian 4.884 meter (16.024 kaki), dan gunung ini merupakan gunung tertinggi di Pasifik barat daya dan termasuk pulau tertinggi di dunia.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Puncak Jaya merupakan nama yang dikenal orang Indonesia sedangkan Carstensz Pyramid adalah nama yang disematkan oleh orang Eropa. Jan Carstensz merupakan orang Eropa pertama yang melihat Puncak Jaya, ia pertama kali melihatnya dalam perjalanan berlayar pada tahun 1623. Masyarakat Eropa lainnya tidak percaya akan hal tersebut, karena Carstensz mengklaim bahwa Puncak Jaya memiliki gletser dan salju yang berada di puncaknya.

Puncak Jaya terkenal sebagai salah satu dari sedikit gunung tropis atau khatulistiwa di dunia dengan gletser. Gletser Carstensz dan Gletser Northwall Firn telah menyusut dalam beberapa tahun terakhir karena perubahan iklim. Puncak Jaya merupakan bagian dari tantangan Seven Summits dalam pendakian gunung. Tantangan Seven Summit adalah tantangan di mana pendaki gunung mendaki gunung tertinggi di setiap benua. Puncak Jaya dianggap sebagai salah satu yang paling sulit secara teknis dari pendakian Seven Summit meskipun memiliki elevasi terendah.

Karena Puncak Jaya secara geografis adalah bagian dari Oseania, banyak orang menganggapnya sebagai puncak tertinggi Oseania. Namun, beberapa pendaki menganggap Australia sebagai benua terpisah dari Oseania. Sebaliknya, Gunung Kosciuszko di Australia, pada 2.228 meter (7.310 kaki), termasuk dalam kasus ini.

Sumantri 

Gambar 3. Sumantri

Sumantri (juga dieja Soemantri) adalah puncak tajam yang indah sekitar dua kilometer di utara Piramida Carstensz di Papua. Sisi utara puncak didominasi oleh tebing yang membungkus ke sisi timur dan barat gunung. Es yang berada di puncaknya diperkirakan tidak akan bertahan lebih dari 15 tahun ke depan atau lebih. 

Sumantri atau Carstenz East sebenarnya adalah subpuncak Gunung Puncak Jaya dan mengandung gletser kecil yang telah mencair dengan cepat, mirip dengan yang terlihat di gletser di pegunungan sekitarnya. Upaya pendakian pertama Carstensz East dilakukan pada hari yang sama dan oleh pendaki yang sama dengan pendakian pertama Ngga Pulu.

Ngga Pulu

Ngga Pulu memiliki ketinggian 15.951 kaki di atas permukaan laut yang merupakan sub-Puncak Jaya. Peleburan es menyebabkan penyusutan, sehingga tinggi puncak tidak sama seperti yang dulu. Pendakian pertama yang sukses ke puncak dilakukan pada 5 Desember 1936.

Carstensz Timur 

Sebagai sub-puncak Puncak Jaya, Carstensz East dianggap sebagai titik tertinggi keempat New Guinea. Puncaknya memiliki ketinggian 15.810 kaki. Meskipun Sumantri, Ngga Pulu, dan Carstensz East lebih tinggi dari Puncak Mandala dan Puncak Trikora, mereka tidak dapat dianggap sebagai pegunungan independen tetapi merupakan sub-puncak Puncak Jaya. Dengan demikian, meskipun mereka tercatat sebagai poin tertinggi kedua, ketiga, dan keempat di New Guinea, gunung tertinggi kedua dan ketiga di pulau ini adalah Puncak Mandala dan Puncak Trikora.

 

Penulis: Vebriani A’rofatus Sholihah 

 

Referensi Literatur

worldatlas.com. Tallest Mountains In Indonesia

.Retrieved April 05, 2021, from Tallest Mountains In Indonesia – WorldAtlas

nationalgeographic. Puncak Jaya Puncak Jaya (Carstensz Pyramid), a mountain in Indonesia, is considered the tallest mountain in Oceania. Retrieved April 05, 2021, from Puncak Jaya | National Geographic Society

 

Referensi Gambar

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/3/3f/Puncakjaya.jpg

Puncak Jaya – Bing images

gunung sumantri – Bing images

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

 

Yuk, jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu