Pemerintah Turunkan Emisi Gas rumah Kaca

Turunkan Emisi Karbon, Jokowi Minta Jajaran Konsisten

Gambar 1 (Presiden RI Joko Widodo Meminta Berbagai Regulasi yang Mampu Mendukung Percepatan Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca)
Gambar 1 Presiden RI Joko Widodo Meminta Berbagai Regulasi yang Mampu Mendukung Percepatan Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menugasi Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Dadan Kusdiana Untuk melakukan program pemulihan lingkungan dan menurunkan emisi gas rumah kaca. Indonesia telah membuat target sebesar 26% pada tahun 2020. Rencana penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 29% dengan usaha sendiri. Namun, apabila ada bantuan datang dari internasional maka pemerintah akan mewajibkan penurunan gas rumah kaca sampai 41%.

Ads

Penurunan emisi yang dilakukan pemerintah dalam bidang kehutanan ditargetkan 17,2%, bidang energi sebesar 11%, bidang pengolahan limbah sebesar 0,32%, bidang pertanian turun 0,13%, bidang industri dan transportasi turun 0,11%. Menurut pemerintah pada juli 2020 lalu seluruh tahapan dan regulasi untuk menurunkan emisi gas rumah kaca harus cepat dilaksanakan. Presiden memastikan bahwa pengaturan karbonn akan berdampak signifikan penurunan rumah kaca sebesar 26% pada 2020 dan 29% nanti pada 2030.

Jokowi meminta seluruh tahapan penurunan emisi diselesaikan, baik itu instrumen dana, regulasi serta insentif pemangku kepentingan lainnya. program perlindungan gambut dan percepatan rehabilitasi hutan dan lahan yang terus berlanjut. Pemerintah juga meminta program biodiversitas dipastikan berada di lapangan agar pemerintah mewaspadai kebakaran hutan dan lahan. Kepala Negara juga menginstruksikan program pengembangan biodiesel seperti B30, B50 sampai B100 yang akan terus dijalankan. Maka jajaran harus mengembangkan program energi surya dan angin.

Untuk penurunan gas rumah kaca Indonesia dan Norwegia melakukan kerja sama. Kerja sama tersebut dilaksanakan dalam Joint Consultation Group (JGC) secara virtual pada Kementerian Luar Negeri pada Juli 2020. Kesepakatan pada pertemuan tersebut tentang penegasan dana REDD+ dari Norwegia dalam skema result-based payment (RBP) seharga US$5 per ton CO2. 

Pemerintah Norwegia sudah membayar 530 juta krona atau sekitar Rp 812,86 miliar kepada Indonesia. Karena Indonesia berhasil menurunkan emisi karbon dengan penyebab pemanasan global. Kerja sama ini berlangsung selama 10 tahun terakhir.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Cara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca

Pemerintah Indonesia telah menetapkan komitmen dalam perjanjian Paris dengan tujuan penurunan sekitar 880 juta ton karbon dioksida (C02) pada tahun 2030. Sebanyak 314 juta ton CO2 sektor energi dan sumber daya mineral yang akan dikurangi. Direktur Jenderal energi baru terbaru dan konservasi energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Dadan Kusdiana sekitar 75% EBT dan 25% dari penggunaan energi bersih.

Upaya yang dilakukan pemerintah yaitu dengan mengembangkan potensi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atap sejak 2020 sampai 2030 dengan memiliki target 2.904 GW. Tujuan  PLTS adalah keterlibatan dan peran serta seluruh masyarakat dalam memanfaatkan PLTS. Program ini bertujuan memberikan jaminan pasar yang tumbuh di industri PLTS dalam negeri. Target kapasitas yang telah ditetapkan pemerintah akan bersumber dari gedung pemerintah dengan kapasitas 111,7 MW, bangunan dan fasilitas milik BUMN 1.426 MW, industri dan bisnis 624,2 MW, serta rumah tangga 648,7 MW. 

Dadan juga mengatakan, pemerintah mendukung PLTS atap melalui regulasi dalam Permen No. 40/2018, Permen ESDM No. 13/2019, dan Permen ESDM No. 16/2019, mengenai perhitungan ekspor impor listrik dari PLN sebesar 100% dan ekspor listrik dari PLTS atap ke PLN maksimal 65%.

Penulis: Siti Warhamni

Referensi Artikel:

  1. Bayu Dimas Jarot https://www.google.com/amp/s/katadata.co.id/amp/agungjatmiko/berita/5f02dd5e1f675/target-turunkan-emisi-karbon-26-jokowi-minta-jajarannya-konsisten diakses pada 29 April 2021.
  2. Presiden RI https://presidenri.go.id/saiaran-pers/pemerintah-komitmen-turunkan-gas-rumah-kaca-sesuai-konvensi-perubahan-iklim/amp/ diakses pada 29 April 2021. 
  3. Ridwan Muhammad https://www.google.com/amp/s/m.bisnis.com/amp/read/20210224/44/1360390/begini-cara-esdm-turunkan-emisi-gas-rumah-kaca diakses pada 30 April 2021. 

 

Referensi Gambar:

 Gambar 1 https://mediaindonesia.com/humaniora/325785/indonesia-berkomitmen-turunkan-emisi-gas-rumah-kaca.html diakses pada 30 April 2021.
(Presiden RI Joko Widodo meminta berbagai regulasi yang mampu mendukung percepatan penurunan emisi gas rumah kaca)

LindungiHutan.com merupakan Platfrom Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situa berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk jadi Pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!