Penanaman Pohon Bersama Ecofrenli

Ancaman Abrasi di Tambakrejo 

Tambakrejo adalah Dusun paling utara di Kelurahan Tanjungmas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang yang dikenal sebagai desa nelayan, hal ini dikarenakan sebagian besar warganya berprofesi sebagai nelayan. Berbagai hasil tangkapan laut diperoleh para nelayan Tambakrejo untuk dijual langsung dalam keadaan segar maupun diolah terlebih dahulu. Namun, kini kondisi Tambakrejo kian memprihatinkan. Laut yang selama ini menjadi tumpuan hidup nelayan sekitar Tambakrejo kini mulai mengancam tempat tinggal mereka. Kawasan ini kerap dilanda banjir rob. Ombak juga secara perlahan mengikis daratan, membuat jarak pantai dan daratan semakin dekat. Tambakrejo yang dulunya merupakan pemukiman, lambat laun ditinggalkan oleh penduduknya. Menjadikannya lokasi dalam projek kolaborasi penanaman pohon antara Ecofrenli dan LindungiHutan. 

Ads

Jika dibiarkan terus menerus, abrasi tidak hanya mengancam tempat tinggal nelayan, tetapi juga ekosistem pantai. Salah satu upaya yang bisa kita dilakukan untuk mengatasi abrasi yang semakin parah di Tambakrejo adalah menanam mangrove di sepanjang bibir pantai. Mangrove Rhizophora adalah salah satu jenis mangrove untuk mencegah abrasi. Akar Mangrove memiliki kemampuan untuk menahan dan mengendapkan lumpur sehingga mampu menahan laju ombak yang menerjang daratan.

 

Ecofrenli:  Inovasi packaging pengganti plastik

Ecofrenli
Ecofrenli

Ecofrenli adalah Female-led start-up ecommerce produk gaya hidup terlengkap & inovasi packaging pengganti plastik di Indonesia yang berkomitmen untuk menyelamatkan lingkungan dengan menyediakan alternatif plastik sekali pakai dengan sumber daya alam yang berkelanjutan. Ecofrenli mengkomersialkan inovasi ramah lingkungan kepada konsumen dan korporasi di seluruh dunia. Selain mempromosikan produk tradisional Indonesia dan mendukung proyek daur ulang sampah plastik oleh masyarakat lokal dengan visi mengubah kebiasaan gaya hidup masyarakat menjadi gaya hidup berkelanjutan. 

Produk Ecofrenli
Produk Ecofrenli

Produk Ecofrenli menggunakan bahan nabati dan bekerja sama dengan ilmuwan sebagai sumber untuk menggantikan bahan Petroleum (PET), yang mudah dibuat kompos dalam waktu singkat. Karenanya membantu mengurangi limbah berbahaya, dan menjaga kualitas hidup semua manusia dan juga habitat hewan di darat dan di laut. Dalam menjalankan misinya, Ecofrenli mendukung kerajinan Indonesia dan warisan tradisional, memperluas produk buatan tangan mereka lebih jauh ke pasar global. 

Hal penting lainnya yang Ecofrenli lakukan dengan bekerja bersama komunitas perempuan dalam proyek daur ulang sampah plastik, tidak hanya membantu mengurangi plastik menjadi produk baru, tetapi membantu mereka menghidupi keluarganya. Dengan mendukung Ecofrenli, artinya Anda mengambil bagian dalam perjalanan untuk membantu mengurangi kerusakan yang telah kita lakukan dan membantu alam kembali ke asalnya. Ecofrenli percaya bahwa tugas menyelamatkan bumi ada di tangan kita semua. 

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Penanaman Pohon, Ecofrenli X LindungiHutan

11604558497gydlrikpsssz5xh99g055tzpffle2ecajjfvmyng – Wanaswara

Bersama LindungiHutan, Ecofrenli menginisiasi komitmen penghijauan untuk Pesisir Tambakrejo, Semarang. Untuk mengurangi jejak karbon dan berkontribusi dalam membantu mengurangi dampak perubahan iklim global, menanam pohon adalah salah satu upaya sederhana yang dapat kita lakukan dimana saja dan kapan saja. Penanaman Periode I (Donasi Oktober – November) ditanam pada  22 November 2020 dengan 100 pohon terkumpul. Sedangkan pengumpulan donasi untuk penanaman periode 2 yaitu pada tanggal 31 Desember 2021 masih berlanjut dengan tenggat waktu donasi sampai 31 Oktober 2021. 

 

Sumber: 

https://ecofrenli.com/

https://lindungihutan.com/ecofrenli

 

Penulis: Syahidatul Khofifah

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak! 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!