Penanaman Pohon bersama iPlant.id

Pantai Berigheen

Jawa Timur selain terkenal dengan wisata budayanya, juga memiliki banyak pilihan wisata alam. Mulai dari pegunungan, hutan, air terjun, pantai, dan lain sebagainya. Jika ingin merasakan sensasi mendaki gunung, banyak pilihan tersedia, ada Gunung Semeru, Arjuno, Penanggungan, Lawu, dan lain-lain. Namun, jika ingin bermain air, berenang, menyelam, dll banyak pula pilihan pantai yang bisa dikunjungi. Garis pantai Jawa Timur yang panjang dengan karakteristiknya menjadikannya sebagai destinasi wisata bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Salah satu pantai yang dikunjungi masyarakat adalah Pantai Berigheen yang berlokasi di Desa Peleyen, Panarukan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Termasuk dari pesisir utara pantai Jawa. Pantai dengan pasir putih ini memiliki panjang sekitar 3 km dan luas area sekitar 300 m2. Berlatar belakang pemandangan Gunung Agung, pantai ini ramai dikunjungi wisatawan pada siang dan sore hari, serta pemancing pada malam hari. Pantai ini menjadi lokasi penanaman pohon dalam project kerjasama antara iPlant.id dengan LindungiHutan.

Ads

 

Kolaborasi Penanaman Pohon bersama iPlant.id

Iplant.id merupakan toko online yang menyediakan berbagai keperluan dan produk untuk berkebun. Berupa pot, tanaman hidup, benih dan biji, pupuk, dll. Mulai dari bibit buah-buahan, tanaman hias, bunga-bunga, hingga pot untuk tanaman. Tidak hanya pengiriman satu pulau, namun Iplantt.id juga menerima layanan pemesanan ke seluruh Indonesia. Iplant.id selain menjual produk untuk berkebun, juga memberi layanan konsultasi penanaman gratis kepada siapapun yang ingin menanam. Tidak hanya itu, sebagai wujud komitmen, Iplant.id memberi garansi tanaman hingga 14 hari sejak paket diterima. Pembeli tidak perlu khawatir apabila tanaman yang dipesan mati di jalan, patah atau sebagainya, sebab tersedia garansi tanaman. 

iplant.id:links
iplant.id/links

Iplant.id mengusung tagline “Tumbuh Bersama Indonesia”, di mana tidak ingin hanya tanaman yang dikirim saja yang akan tumbuh, akan tetapi juga orang-orang yang terlibat. Berkomitmen untuk mengenalkan kegiatan menanam tanaman kepada banyak orang sehingga menciptakan tren menanam baru dan berdampak baik bagi lingkungan. Oleh karena itu, Iplant.id berkolaborasi dengan LindungiHutan untuk melakukan penanaman pohon di Pantai Berigheen, Situbondo. 

 

Satu Anggrek Satu Pohon untuk Bumi

Project iPlant.id
Project iPlant.id

Pantai Berigheen mengalami abrasi (pengikisan) mencapai 5 – 10 meter dalam dua tahun terakhir. Masalah besar tidak berhenti sampai abrasi saja. Tumpukan sampah plastik dan kayu yang hanyut terdampar di pesisir pantai sangat merusak pemandangan apalagi beberapa sampah telah terkubur pasir dan semakin sulit untuk diangkut. Menanam pohon jadi salah satu solusi untuk menghentikan abrasi yang terjadi karena akarnya yang mampu menahan pengikisan pasir pantai. Mangrove juga dapat mempercepat proses penguraian sampah baik organic maupun kimia yang mencemari laut. Pulihnya ekosistem hutan mangrove akan membawa kehidupan berbagai hewan dan membawa dampak positif bagi masyarakat. Iplant.id  berkomitmen menyalurkan sebagian hasil penjualan produk anggrek setiap bulannya selama 4 bulan untuk penanaman mangrove di pantai Berigheen. Iplant.id mengajak berkontribusi memperbaiki pantai Berigheen dengan cara berdonasi. Besaran donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp10.000/pohon.

Penulis : Hibyal Haninatu Niswah

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

 

LindungiHutan.com adalah Platform Crwodfounding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealamuntuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dan bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak.

 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!