Pesona Hutan Lumut Gunung Singgalang

Lokasi Hutan Lumut Gunung Singgalang

Hutan Lumut Gunung Singgalang/ andalastranswisata
Hutan Lumut Gunung Singgalang/ andalastranswisata

Pesona alam Indonesia yang tidak pernah lelah membuat kita terpesona akan keindahannya. Indonesia ternyata mempunyai hutan lumut yang eksotis, dengan suasana yang lembab nan sejuk yang memberikan kesan seperti di film-film petualangan hollywood. Hutan tersebut berada di ketinggian 2.877 mdpl. Lumut-lumut hijau menempel di hampir seluruh badan dari pohon, tidak hanya di bagian batangnya, tapi juga di dahan yang membuat semua pohon tinggi dan besar di hutan ini terlihat sangat eksotis bak editan (Gusti, 2020). Hutan Lumut sejatinya bukanlah objek wisata alam, namun merupakan tempat untuk jalur pendakian menuju Gunung Singgalang yang melalui jalur perkampungan Pandai Sikek. Lokasi yang berada di tengah jalur pendakian Gunung Singgalang membuat hutan lumut ini oasis saat kamu mendaki gunung, ditambah di dekat hutan lumut terdapat Telaga Dewi dengan airnya yang sangat tenang akan membuat kamu semakin takjub akan keindahan-keindahan alam di Gunung Singgalang ini. Untuk bisa menjumpai keindahan-keindahan tersebut, kamu harus siap untuk mendaki  Gunung Singgalang dengan ketinggian 2.877 yang  berada di Kabupaten Tanah Datar dan Agam, Sumatera Barat. Bagi kamu yang khawatir tersesat untuk bisa mencapai hutan lumut ini, di Gunung Singgalang terdapat jalur kabel listrik dari titik awal pendakian di jalur Koto Baru sampai ke puncak. Jadi, kamu tidak perlu khawatir tersesat jika mendaki Gunung Singgalang, dengan hanya mengikuti jalur kabel listrik yang sudah difasilitasi oleh perangkat desa setempat membuat kamu nyaman dan aman dalam mendaki gunung ini (Mister Aladin, n.d.).

Ads

Untuk bisa menuju ke titik awal pendakian jalur Koto Baru, kamu bisa memakai travel dengan jurusan Bukittinggi jika kamu dari kota Padang. Perjalanan sendiri menghabiskan waktu sekitar 2 jam, dan nantinya kamu turun di Pasar Koto Baru. Dari pasar, naik angkutan desa ke arah Rumah Tenun Pusako Pandai Sikek, dari tempat tersebutlah kamu bisa berjalan kaki menuju titik pendakian awal jalur Koto Baru. Jalur untuk bisa ke hutan lumut dan puncak gunung memang terlihat sangat jelas, tapi kamu membutuhkan tenaga lebih di awal perjalanan. Saat kamu mulai mendaki, kamu akan disambut oleh Hutan Pimpiang, jenis rerumputan yang mempunyai diameter sekitar 2 cm, dengan tinggi lebih remaja, bahkan orang dewasa. Setelah melewati hutan tersebut, barulah kamu akan menempuh jalur yang normal hingga ke Hutan Lumut Singgalang.

Karakteristik Hutan Lumut Gunung Singgalang

Jalur di area Hutan Lumut / jalanbareng.com
Jalur di area Hutan Lumut / jalanbareng.com

Gunung yang memiliki jalur utama serta titik awal pendakian berada di sekitar Tower RCTI-TVRI, di Nagari Pandai Sikek, Kecamatan Sepuluh Koto, Kabupaten Tanah Datar mempunyai kontur jalur pendakian yang begitu ekstrim. Namun gunung ini mempunyai pesona yang sangat indah dan tak kalah dengan gunung-gunung lainnya. Dengan pendakian yang terbilang ekstrim dan curam, pendaki akan segera dimanjakan dengan keindahan yang sangat magical saat memasuki wilayah hutan lumut. Di dalam hutan lumut ini, pendaki akan sangat dimanjakan dengan keindahannya dan juga jalur yang relatif landai. Namun, hutan yang didominasi dengan pepohonan besar dan diselimuti oleh lumut ini tidak semudah itu untuk dilalui oleh para pendaki. Karena, pendaki harus ekstra berhati-hati dan meniti akar serta pohon tumbang yang mana jika terpeleset ataupun tergelincir, maka akan terjatuh dan disambut oleh kubangan lumpur sedalam 30 sentimeter (Mounture, 2018).

Jalur pendakian yang terus menanjak dan juga lembab menjadi tantangan tersendiri saat mendaki gunung Singgalang. Butuh waktu sekitar tujuh jam mendaki untuk bisa mencapai puncak dari Gunung Singgalang berdasarkan kondisi yang ada di lapangan. Dengan sesampainya di huta lumut yang mirip dengan negeri dongeng dan Telaga Dewi yang jika dilihat dari berbagai sudut sangat memukau, seluruh lelah yang kita keluarkan akan segera berubah menjadi rasa senang dan takjub dengan keindahan dan ketenangan alam tersebut. 

Keunikan  

Pohon di gunung Singgalang yang berlumut / instagram.com/ghandahayubi
Pohon di gunung Singgalang yang berlumut / instagram.com/ghandahayubi

Sesuai dengan namanya yaitu hutan lumut, hal yang paling unik dari hutan ini adalah lumutnya itu sendiri. Mulai dari badan, batang, bahkan seluruh badan dari pohon besar dan tinggi tersebut diselimuti oleh lumut. Lumut-lumut tersebut juga menyelimuti seluruh sudut-sudut hutan termasuk tanah dan juga batu. Semua terlihat hijau dengan lumut-lumut tersebut, kecuali jalan setapak yang selalu dipergunakan oleh pendaki untuk jalur pendakian. Hutan Lumut yang pada awalnya bukanlah sebuah objek wisata alam, saat ini hutan lumut dijadikan oleh pendaki sebagai tempat beristirahat serta berfoto-foto ria untuk mengabadikan keindahan alam tersebut (Isti, 2017). 

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Hutan yang sangat unik ini merupakan jalur pendakian menuju puncak Gunung Singgalang. Meskipun hanya menjadi jalur yang dilewati, keindahan hutan lumut tidak bisa disepelekan begitu saja. Ranting-ranting pohon yang menyebar serta dipenuhinya lumut menjadi daya tarik utama di tempat ini. Betapa eksotisnya hutan lumut ini membuat kamu akan terbawa dalam suasana hutan lumut lembab seperti di film-film petualangan (Kumparan, 2020 ). Seluruh bebatuan dan tumbuhan yang ada di area hutan ini diselimuti dengan lumut hijau yang sangat asri.

Bagi kamu yang membutuhkan tempat sunyi dan tenang serta mempunyai hobi berpetualang. Hutan lumut bisa menjadi jawabannya. Hutan ini cocok sebagai tempat short gateaway alternatif yang dapat memberikan ketenangan pikiran dan kenyamanan hati.

 

Penulis : Dhevin Mulya Rayhan 

 

Referensi Literatur

Gusti, M. (2020, Desember 5). Keren ! Pesona Hutan Lumut Eksotis Satu Ini Ada di Sumatera Barat. Retrieved from Kabar Sumbar: https://www.kabarsumbar.com/berita/keren-pesona-hutan-lumut-eksotis-satu-ini-ada-di-sumatera-barat/

Isti. (2017, Agustus Minggu). Keren, Hutan Lumut Eksotis Satu Ini Ada di Indonesia Lho! Retrieved from Traveling Yuk: https://travelingyuk.com/hutan-lumut-singgalang/52288

Kumparan. (2020 , Agustus 9 ). 5 Hutan Unik di Indonesia, Salah Satunya Mirip di Film Lord of The Rings. Retrieved from Kumparan: https://kumparan.com/kumparantravel/5-hutan-unik-di-indonesia-salah-satunya-mirip-di-film-lord-of-the-rings-1twvWcj2B6c/full

Mister Aladin. (n.d.). Hutan Lumut Singgalang, Dunia Lain di Gunung Singgalang. Retrieved from Blog Misteraladin: https://blog.misteraladin.com/hutan-lumut-singgalang-dunia-lain-di-gunung-singgalang/

Mounture. (2018, Mei 16). Hutan Lumut di Gunung Singgalang. Retrieved from Mounture: https://mounture.com/catatan-perjalanan/hutan-lumut-di-gunung-singgalang/

 

Referensi Gambar

http://andalastranswisata.com/berita/hutan-lumut-singgalang

https://www.jalanbareng.com/gunung-singgalang-pesona-keindahan-alam-eksotis-di-atap-sumatera-barat/

https://www.instagram.com/ghandahayubi/

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak! 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!

Enable Notifications    Ok No thanks