Philodendron Birkin Tanaman Hias Populer

Beberapa waktu terakhir seiring dengan naiknya minat masyarakat terhadap berbagai jenis tanaman hias, popularitas Philodendron birkin melesat naik serta semakin diminati oleh berbagai kalangan, mulai dari kolektor tanaman indoor hingga masyarakat yang ingin mulai belajar untuk merawat tanaman eksotis ini. Philodendron Birkin bisa didapatkan dengan merogoh kocek mulai dari ratusan hingga jutaan ribu rupiah, harga tersebut bervariasi sesuai jenis dan ukuran tanaman ini. 

Ads

 

Morfologi Philodendron Birkin

Gambar 1 Philodendron Birkin © candidegardening.com
Gambar 1 Philodendron Birkin © candidegardening.com

Philodendron birkin merupakan salah satu dari dua ratus spesies tanaman cantik yang masuk ke dalam genus Philodendron. Jika ditinjau dari asal penamaannya dalam bahasa Yunani, phileo berarti ‘mencintai’ dan dendron berarti ‘pohon’. Arti nama tersebut menjelaskan asal mula tanaman philodendron yang merupakan tanaman epifit (menumpang pada tanaman atau pohon lain) yang tumbuh di wilayah tropis dengan Hutan Hujan Brazil dan Paraguay sebagai habitat aslinya. Selain itu, ia diperkirakan masih memiliki hubungan kekerabatan dengan Philodendron ‘rojo congo’ yang berasal dari Thailand.

Keunikan tanaman ini terletak pada ukurannya yang kecil (tinggi sekitar 50 hingga 100 sentimeter) serta corak yang menghiasi daun-daun hijau tua yang dimilikinya. Corak tersebut berupa garis-garis putih dan kuning cerah yang saling bervariasi satu sama lain. Di samping itu, batang yang dimiliki tanaman ini juga memiliki morfologi yang berbeda di tiap tingkat pertumbuhannya. Pada usia muda, ia memiliki warna hijau cerah yang kemudian akan menjadi semakin gelap saat menginjak dewasa. 

Seperti kebanyakan tanaman dalam genus philodendron, Philodendron birkin juga dapat tumbuh subur dengan asupan cahaya tidak langsung serta media tanam tanah yang lembab. Sisi estetika serta kemudahan dalam hal perawatan menjadikan tanaman ini memiliki nilai tambah tersendiri sebagai tanaman hias Indoor.

Gambar 2 Bermacam Jenis Daun Philodendron © KlikHijau.com
Gambar 2 Bermacam Jenis Daun Philodendron © KlikHijau.com

Cara Merawat Philodendron Birkin

Gambar 3 Philodendron Birkin © cnnindonesia.com
Gambar 3 Philodendron Birkin © cnnindonesia.com

Tanaman Philodendron birkin tidak membutuhkan keahlian maupun perhatian khusus dalam perawatannya. akan tetapi tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat tanaman Philodendrom birkin:

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Kelembaban Udara

Philodendron birkin membutuhkan kelembaban yang cukup serta media tanam yang terhidrasi dan memiliki nutrisi untuk pertumbuhan optimal. Untuk menjaganya agar tetap mendapatkan asupan kelembaban yang optimal, penyiraman tanaman dapat dilakukan satu hingga dua kali dalam seminggu, disesuaikan dengan kondisi tanaman. Penyiraman yang terlalu sering akan mengakibatkan akar tanaman menjadi busuk sehingga cepat mati. Cara lain yang juga dapat digunakan untuk menjaga kelembabannya adalah dengan memberi cipratan air atau nampan berisi kerikil basah di bawah pot tempat tanaman ini tumbuh.

Kebersihan

Selain itu, memastikan kebersihan tanaman Philodendron juga merupakan hal yang penting. Langkah sederhana yang dapat dilakukan adalah dengan membersihkan daun menggunakan kain lap lembab untuk memastikan tanaman dapat berfotosintesis secara maksimal.

Sinar Matahari

Sebagai tanaman dalam ruangan, pengaruh sinar matahari secara langsung dapat berakibat buruk bagi Philodendron, sehingga merupakan hal yang tidak kalah penting untuk meletakkan tanaman ini di tempat yang tidak terkena cahaya secara langsung. Hal ini dikarenakan akumulasi cahaya langsung serta suhu yang tinggi mengakibatkan daun-daunnya menjadi lebih pucat serta pudar.

Demikian serba-serbi tanaman hias Philodendron birkin. Apakah Anda tertarik untuk menjadikannya sebagai salah satu koleksi tanaman hias di rumah Anda?

 

Penulis: Nur Annisa Kusumawardani

Dikurasi Oleh: Daning Krisdianti

 

Referensi Literatur:

isitorganicthough. “Everything You Need to Know About Philodendron Brkin.” Candide Gardening, 10 Oct. 2010, candidegardening.com/GB/stories/993837b8-6487-4732-bcc1-2d28caa10acf.

Kurniawan, Anis. “Philodendron, Selain Mahal Dan Eksotik Punya Manfaat Besar Bagi Kesehatan.” Klik Hijau, klikhijau.com/read/philodendron-selain-mahal-dan-eksotik-punya-manfaat-besar-bagi-kesehatan. Accessed 12 Mar. 2021.

Tim CNN Indonesia. “Cara Merawat Pilodendron Birkin Yang Harganya Sampai Jutaan.” CNN Indonesia, 4 Feb. 2021, www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210115153420-277-594233/cara-merawat-philodendron-birkin-yang-harganya-sampai-jutaan.

 

Referensi Gambar:

https://candidegardening.com/GB/stories/993837b8-6487-4732-bcc1-2d28caa10acf

https://klikhijau.com/read/philodendron-selain-mahal-dan-eksotik-punya-manfaat-besar-bagi-kesehatan/

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210115153420-277-594233/cara-merawat-philodendron-birkin-yang-harganya-sampai-jutaan

 

 

LindungiHutan.com adalah Platform Crowdfounding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak.

 

Yuk, jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!