PT. Pigeon Indonesia Mendukung Aksi Kepedulian terhadap Lingkungan : Penanaman 5.000 Pohon Mangrove di Garis Pantai Pulau Jawa, Indonesia

Bekasi, Jawa Barat, Indonesia, 26 November, 2021 – PT. Pigeon Indonesia menjalin kemitraan bersama Yayasan Lindungi Hutan dengan mengadakan proyek konservasi alam berupa penanaman 5.000 pohon Mangrove. Setelah sebelumnya Perusahaan telah melakukan penanaman 2.000 pohon mangrove dalam rangka Hari Lingkungan Hidup sedunia pada bulan Juni yang lalu, aksi penanaman kembali dilanjutkan pada hari Sabtu, 27 November 2021 di pesisir Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat dengan menanam 3.000 pohon mangrove.

Ads

Pigeon Group memberikan pertimbangan penuh untuk mitigasi perubahan iklim dan keanekaragaman hayati. Guna mencapai tujuan tersebut, Pigeon Group telah menentukan volume emisi gas rumah kaca yang dihasilkan selama proses produksi, baik secara langsung maupun tidak langsung, terlebih untuk mengurangi emisi tersebut di masa mendatang.

Komitmen Pigeon Group untuk senantiasa memberikan manfaat bagi lingkungan telah berlangsung sejak lama. Selama 33 tahun terakhir, perusahaan telah menanam 145.000 pohon guna menjaga kelestarian alam di lahan seluas 45,15 hektar (baik hutan nasional maupun lahan pribadi), di situs Pigeon Miwa no Mori, kombinasi antara hutan nasional dan tanah milik Pigeon Group dekat Hitachi-Omiya, Prefektur Ibaraki, Jepang.

Pada penanaman kali ini, PT. Pigeon Indonesia akan menanam jenis Mangrove Rhizopora sp, yang cocok ditanam di daerah berlumpur dan mampu beradaptasi dengan air tawar maupun air laut. 

Masataka Hongo selaku Presiden Direktur PT. Pigeon Indonesia mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan penanaman ini adalah bukan hanya semata-mata sebagai bagian dari komitmen perusahaan dalam mengurangi emisi gas rumah kaca, tapi juga sebagai upaya dalam pencegahan abrasi di pesisir utara pantai Jawa, terutama di wilayah Jadetabek.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

“Kegiatan penanaman pohon mangrove ini merupakan salah satu dari upaya kami untuk melindungi lingkungan dan membuat dunia menjadi lebih ramah bagi bayi. Dalam aktivitas di perusahaan sendiri, kami juga telah melakukan upaya-upaya lain untuk membantu menurunkan efek gas rumah kaca. Antara lain dengan penggunaan energi terbarukan, solar panel, sebagai salah satu sumber energi.” tambahnya.

Kegiatan penanaman 5.000 pohon mangrove ini dilaksanakan oleh perwakilan dari PT. Pigeon Indonesia dan Yayasan Lindungi Hutan serta menggandeng Relawan Lindungi Hutan Jadetabek dan mitra penghijauan LindungiHutan yang telah lebih dari satu tahun menjalin Kerjasama.