Tambakrejo: Perjalanan 342 Pohon dari UNIKA

Keseruan Menanam bersama Mahasiswa UNIKA Semarang
Keseruan Menanam bersama Mahasiswa UNIKA Semarang (Dok.LindungiHutan)

LindungiHutan.com. Semarang – LindungiHutan bersama UNIKA melalui Soegijapranata Echo Life (SEL) melakukan penanaman 342 bibit mangrove di Desa Tambakrejo, Kelurahan Tanjung Mas, Semarang. Acara yang bertajuk “Nandur” tersebut dilaksanakan pada 14 Juli 2018 lalu.

Ads

Kegiatan penanaman ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan terhadap kondisi masyarakat pesisir yang membutuhkan perlindungan. Hal tersebut dilakukan untuk menghalau berbagai ancaman yang datang silih berganti kepada masyarakat di kawasan tersebut. Yang paling meresahkan adalah ancaman kehilangan tanah dan rumah sebagai dampak dari abrasi yang semakin parah di pesisir Semarang.

Baca Lainnya: Alternatif Wadah untuk Idul Adha Ramah Lingkungan

Fenomena Makam Basah di Tambakrejo, Semarang
Fenomena Makam Basah di Tambakrejo, Semarang (Dok.LindungiHutan)

“Desa Tambakrejo, Kelurahan Tanjung Mas, Semarang, merupakan salah satu lokasi yang terkena dampak abrasi cukup parah. Disana ada makam yang sampai harus terendam air laut karena terkena dampak abrasi” –ujar Pieter Julianto selaku ketua panitia kegiatan ini.

Yuk, Adakan Penghijauan di Daerahmu!

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Bersama LindungiHutan, Menghijaukan Indonesia.

Mahasiswa UNIKA bersama Relawan LindungiHutan Semarang dan Komunitas Setempat
Mahasiswa UNIKA bersama Relawan LindungiHutan Semarang dan Komunitas Setempat (Dok.LindungiHutan)

Antusiasme peserta sudah terlihat dari ketika mereka masuk ke kawasan mangrove Tambak Lorok, Dari tempat parkir, mereka naik perahu ke lokasi penanaman. Setelah sampai kemudian mereka dibagi menjadi lima kloter untuk kemudian menanam di lokasi yang telah disediakan.

Serunya Menanam Kebaikan di Tambakrejo!
Serunya Menanam Kebaikan di Tambakrejo! (Dok.LindungiHutan)

“Acara hari ini seru, menyenangkan. Ini baru pertama kalinya saya ikut menanam mangrove dan lumpur-lumpuran. Saya rasa anak muda sekarang harus sering-sering aksi seperti ini. Kita harus melindungi hutan agar generasi kedepannya ga prihatin” –ujar Venus, salah satu peserta, seusai penanaman.

Tanam Semua Mangrovenya! Kuatkan Pesisir Tambakrejo!
Tanam Semua Mangrovenya! Kuatkan Pesisir Tambakrejo! (Dok.LindungiHutan)

Kegiatan penanaman ini dibantu oleh Kelompok Tani Cinta Alam Mangrove Asri dan Rimbun (CAMAR) yang sejak Desember 2011 melakukan konservasi mangrove di Tambak Lorok.

Relawan LindungiHutan Siap Menanam di Tambakrejo!
Relawan LindungiHutan Siap Menanam di Tambakrejo! (Dok.LindungiHutan)

“Terimakasih atas keikutsertaan teman-teman menanam mangrove disini. Sampai sekarang sudah ada lebih dari 117.000 pohon mangrove yang tertanam di wilayah pesisir Tambakrejo, dan sebagian besar tumbuh dengan baik. Semoga apa yang kalian tanam hari ini juga kelak akan bermanfaat di masa mendatang” –jelas Jumairi, ketua Kelompok Tani CAMAR. (Kika, Pai)*

 

Dikurasi oleh: Citra Isswandari Putri

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Ingin mengadakan penanaman seperti yang dilakukan teman-teman dari UNIKA? Yuk klik linknya disini  https://lindungihutan.com/kampanyealam dan mari bersama-sama hijaukan daerah tempat tinggalmu! Selain daerahmu, kamu  juga bisa membantu menghijaukan daerah lainnya di Indonesia lho!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!