Pohon Dedalu Tangis: Pohon Besar dengan Sejarah Unik

Mengenal Pohon Dedalu Menangis: Klasifikasi dan Morfologi

Gambar 1. Pohon Dedalu Menangis © suplants.com
Gambar 1. Pohon Dedalu Menangis © suplants.com

Dedalu Menangis (atau disebut juga Dedalu Tangis/Weeping Willow) adalah tanaman dengan nama spesies Salix babylonica L yang berasal dari Cina Utara. Tanaman ini pertama kali diberi nama secara resmi pada tahun 1736 oleh seseorang bernama Carolus Linnaeus. Meski berasal dari Cina Utara, Dedalu Tangis dibudidayakan selama ribuan tahun di berbagai penjuru dunia, seperti Asia dan Eropa. Kini, pohon yang disebut juga sebagai pohon trinil ini telah tersebar hampir di seluruh penjuru dunia, khususnya di wilayah dengan kondisi iklim sedang serta curah hujan dan sinar matahari yang cukup. 

Ads

Klasifikasi

Klasifikasi dari tumbuhan Dedalu Tangis adalah sebagai berikut:

 

Kingdom Plantae – Plants
Subkingdom : Tracheobionta 
Superdivision : Spermatophyta 
Division : Magnoliophyta 
Class : Magnoliopsida 
Subclass : Dilleniidae
Order : Salicales
Family : Salicaceae 
Genus : Salix L. 
Species :Salix babylonica L. 

Tabel 1. Klasifikasi Tumbuhan Dedalu Tangis atau Salix babylonica L.

Morfologi

Dedalu tangis merupakan pohon besar dengan batang pendek serta cabang dan daun yang menjuntai ke arah tanah. Ia tumbuh dengan baik dengan sinar matahari yang cukup dan tanah yang lembab. Kebutuhan air yang dimilikinya cukup tinggi sehingga pohon ini akan tumbuh secara optimal jika berhabitat di tepi kolam atau danau. Hal itu juga yang menjadikannya memiliki efek buruk jika berada di lokasi perumahan padat penduduk, akar yang dimiliki Dedalu Menangis akan menyerang celah di pipa dan menghambat distribusi air untuk masyarakat di sekitarnya.

Dedalu tangis dapat tumbuh hingga mencapai 25 meter. Pertumbuhannya juga cukup cepat. Sayangnya, Pohon ini tidak memiliki umur yang panjang, yaitu hanya berkisar antara 40-75 tahun pada alam liar. Tanaman ini memiliki bentuk daun hijau muda dengan gerigi halus yang mengelilinginya dalam susunan yang rapi dengan panjang sekitar 5-15 cm serta lebar 1-2 cm. Ketika musim gugur, daun pohon ini akan berubah menjadi kuning keemasan.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Ranting Dedalu Tangis cukup unik jika dibandingkan dengan pohon pada umumnya, ia menjuntai ke arah bawah seperti sedang menangis. Hal ini yang menjadi salah satu alasan mengapa tanaman dengan nama spesies Salix babylonica L ini dijuluki dengan Dedalu Menangis atau Weeping Willow.

Sebagai tumbuhan Spermatophyta, Dedalu Tangis memiliki bunga berwarna kuning yang tumbuh memanjang pada musim semi.

Habitat

Gambar 2. Dedalu Tangis dan Habitatnya di Tepi Danau © aphotoflora.com
Gambar 2. Dedalu Tangis dan Habitatnya di Tepi Danau © aphotoflora.com

Saat ini, pohon dedalu menangis telah menyebar hampir di seluruh wilayah di dunia. Ia biasa dibudidayakan dan diperbanyak di berbagai wilayah tropis seperti Asia serta wilayah subtropis seperti Eropa dan Amerika Utara. Untuk lingkungan tempat tinggal, dedalu menangis paling sesuai tumbuh di tepi sungai dan danau, taman, serta wilayah yang luas agar akar yang dimilikinya dapat menyebar tanpa hambatan maupun dampak negatif bagi sekitar.

Sejarah

Gambar 3. Dedalu Tangis pada Musim Gugur © ciriciripohon.com
Gambar 3. Dedalu Tangis pada Musim Gugur © ciriciripohon.com

Dedalu Tangis memiliki beberapa sejarah dan cerita unik yang menyertainya. Salah satunya adalah cerita yang mendasari mengapa pohon dedalu memiliki bentuk yang bungkuk dan terlihat seperti menangis. Alkisah, dahulu pohon dedalu memiliki bentuk yang tegak seperti lazimnya pohon pada umumnya. Namun, karena ia melihat sepasang kekasih yang meninggal, ia menjadi begitu sedih sehingga seluruh badannya merunduk dengan daun-daun yang seolah ikut menangis. Selain lambang kesedihan, pohon ini juga menjadi simbol keabadian serta kelahiran kembali pada berbagai kebudayaan.

 

Penulis: Ninis

 

Referensi Tulisan:

“Plant Profile for Salix Babylonica L.” Natural Resources Conservation Service, plants.usda.gov/core/profile?symbol=SABA.

Sam. “Ciri Ciri Pohon Dedalu Menangis (Salix Babylonica) Di Alam Liar.” Ciri-Ciri Pohon, 14 Feb. 2020, www.ciriciripohon.com/2020/02/ciri-ciri-pohon-dedalu-tangis-di-alam-liar.html.

Referensi Gambar:

 

Gambar 1

https://suplants.com/forums/forums/topic/weeping-willow-salix-babylonica-2/

Gambar 2

https://www.ciriciripohon.com/2020/02/ciri-ciri-pohon-dedalu-tangis-di-alam-liar.html

Gambar 3

https://www.aphotoflora.com/af_salix_babylonica_weeping_willow.html

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!