Pohon Kersen: Peneduh di Tengah Kota

Gambar 1. Pohon Kersen
Gambar 1. Pohon Kersen

Halo Sobat Alam! Pada tahu nggak sih sama satu pohon yang namanya Pohon Kersen. Nama pohon ini mungkin agak asing untuk beberapa dari kalian. Pohon ini memiliki nama yang beragam di beberapa daerah seperti talok ataupun keres dan biasanya banyak terletak di pinggir jalan. Jenis pohon yang memiliki nama latin Muntingia Calabura ini memiliki buah yang kecil yang rasanya manis. Oleh karena itu tidak sedikit anak-anak rela memanjat pohon ini untuk mengambil buah dan memakannya langsung. Beberapa orang meyakini bahwa pohon satu ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mulai dari daun hingga buahnya. Yuk, kita pelajari lebih lanjut apa saja fitur, sifat, dan khasiat yang terdapat pada pohon kersen ini.

Ads

 

Taksonomi

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Malvales

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Famili: Muntingiaceae

Genus: Muntingia

Spesies: Muntingia calabura L.    

 

Karakteristik

Gambar 2. Daun, bunga, dan buah tanaman kersen
Gambar 2. Daun, bunga, dan buah tanaman kersen

Pohon kersen ini memiliki tinggi rata-rata sekitar 3-6 meter. Akan tetapi, pohon kersen mampu menjulang hingga 12 meter. Tumbuhan ini biasanya merupakan tumbuhan liar yang dapat tumbuh dimana saja, asalkan sesuai kriteria tanam yang terpenuhi. Adapun kriteria tanam dari Pohon Kersen ialah dapat ditanam hingga ketinggian sekitar 1000 meter dpl. Pohon berbuah mirip ceri ini butuh sinar matahari setiap waktu dimana suhu yang tepat untuknya adalah sekitar 30ºC-35ºC. Tanaman ini juga tidak membutuhkan perawatan khusus dan juga hanya memerlukan sedikit air, ditambah lagi tanaman kersen bisa berbunga dan berbuah sepanjang tahun (tidak memiliki musim). Untuk sifat morfologis yang dimiliki oleh pohon kersen sendiri akan dijelaskan sebagai berikut:

  • Batang

Pohon kersen memiliki kayu yang cukup lunak dan mudah kering. Hal ini membuat kulit kayunya mudah terkelupas. Tanaman berbuah ini juga memiliki proses tumbuh yang cukup cepat, dimana dalam jangka waktu penanaman 1-2 tahun tingginya mampu mencapai 4 meter. Berat yang dimiliki oleh kayu pohon kersen sendiri cenderung ringan dan bercabang mendatar sehingga mampu memberikan efek rimbun di sekitar pohon. Cabang-cabang rantingnya juga memiliki rambut-rambut halus dan agak berkelenjar.

  • Daun

Nurholis dan Saleh (2019) mengutip bahwa bentuk daun kersen sendiri tergolong dalam bentuk dikotil. Tulang daunnya berbentuk seperti sirip ikan, dan memiliki vena daun utama yang ada di tengah dan menjalar di seluruh bagian daun. Vena daun bisa dilihat berupa garis-garis seperti pembuluh darah. Permukaan daun kersen berukuran 1-4cm x 4-14cm, tidak licin (kesat) dan juga memiliki rambut halus pada daunnya (Nurholis dan Saleh, 2019). Daun kersen juga menempel pada batang dan termasuk pada kategori single leaf dimana daun ini tidak bercabang.

  • Bunga

Seperti beberapa tanaman yang lain, pohon kersen ini memiliki bunga yang terletak pada ketiak daun tepatnya di tempat tumbuhnya daun. Nurholis dan Saleh (2019) menuliskan bahwa bunga kersen adalah bunga yang sempurna, apabila mekar memiliki mahkota bunga berwarna putih dan kelopak berwarna hijau. Ditambah lagi dengan adanya anther atau yang biasa kita kenal dengan kepala sari yang berwarna kuning. Bunga kersen yang kecil-kecil ini bisa muncul hingga 5 kuntum dalam satu berkas atau ranting.

  • Buah

Buah kersen awalnya berwarna hijau dan akhirnya berubah menjadi merah terang, menandakan bahwa buah kersen ini sudah matang. Buahnya juga memiliki rasa yang manis dan tidak hanya digemari oleh anak-anak namun juga hewan seperti burung pemakan buah dan juga kelelawar. Buah kersen memiliki biji yang sangat kecil dan berjumlah hingga ribuan. Buahnya sendiri menurut Nurholis dan Saleh (2019) apabila matang memiliki panjang sekitar 1.34 cm dan diameter kurang lebih 1.47 cm. Buah keres memiliki berat rata-rata sekitar 1.71g dan tiap 1 gram mengandung vitamin C sebesar 2.31mg (Nurholis dan Saleh, 2019).

  • Akar

Pohon kersen memiliki akar yang cukup kuat sehingga bisa menahan adanya erosi. Akar tanaman kersen memiliki jenis akar tunggang dan mampu menyimpan cadangan air di musim kemarau.

  

Sebaran Pohon Kersen

Safitri (2017) menuliskan bahwa Pohon Kersen ini berasal dari Amerika tropis mulai dari Meksiko selatan, Karibia hingga Peru dan Bolivia. Lalu kersen tiba di Filipina di akhir abad 19 dan akhirnya merambat hingga hampir ke seluruh kawasan tropis di Asia. Pohon kersen dapat tumbuh liar dimana saja seperti pinggir jalan, sungai, sampai perbukitan. Tanaman ini biasanya tumbuh berkelompok dan terpencar.   

 

Manfaat

Selain sebagai tanaman atau pohon yang mampu memberikan efek rindang di sekitar tempat tumbuhnya, kersen sendiri memiliki manfaat-manfaat lain. Kita bisa memanfaatkan khasiat yang terkandung seluruh bagian tanaman kersen mulai dari daun hingga akarnya. Sobat Alam mau tau apa saja khasiat yang terkandung dalam pohon kersen ini? Berikut adalah bagian-bagian tanaman kersen serta manfaatnya:

  • Batang

Pohon Kersen ini memiliki kulit batang yang mudah dikelupas. Kita bisa memanfaatkan kulit kayu dari tanaman ini untuk membuat tali. Kulit kayunya memiliki kandungan atau sifat antiseptik  jadi kita bisa menggunakannya sebagai pembalut luka. Manfaat terakhir dari batang pohon kersen ialah sangat memungkinkan untuk digunakan sebagai kayu bakar.

  • Daun

Gambar 3. Daun Kersen
Gambar 3. Daun Kersen

Daun dari Pohon Kersen memiliki manfaat yang sangat berlimpah khususnya untuk fungsi herbal. Memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C dan B1 dan juga mineral-mineral lainnya, daun kersen ini bisa dimanfaatkan dengan cara direbus, diseduh, ataupun dijus. Seperti yang ditulis oleh SamudraBibit.net, bahwa ada beberapa manfaat yang bisa dihasilkan oleh olahan daun kersen tadi yakni sebagai berikut:

  • Menstabilkan kadar kolesterol
  • Mampu menurunkan gula darah
  • Antikanker dan juga tumor
  • Antibakteri
  • Anti peradangan
  • Mencegah naiknya tekanan darah
  • Mampu menghilangkan bengkak, bekas luka, dan mengeringkan luka yang berupa borok
  • Memperkuat fungsi dari otot jantung dan melancarkan peredaran darah
  • Bisa menangkal asam urat
  • Dapat digunakan sebagai obat sakit kepala, prostat, dan juga maag.
  • Buah

    Gambar 4. Buah Kersen Matang
    Gambar 4. Buah Kersen Matang

Dengan memiliki kandungan yang hampir mirip dengan daun kersen, kita bisa memanfaatkan olahan buah kersen berupa rebusan atau olahan lain untuk fungsi herbalnya. Kita juga bisa langsung mengonsumsi buah kecil ini atau diolah menjadi berbagai macam kudapan seperti selai, sirup, dll. 

  • Akar

Selain memiliki akar yang cukup kuat untuk menahan erosi, akar tanaman kersen juga memiliki fungsi herbal. Dengan kandungan zat flavonoid sitotoksik, akar pohon ini bisa dimanfaatkan dan diolah untuk dijadikan obat anti kanker dan tumor.

Bagian-bagian yang bisa dimanfaatkan dari tanaman kersen layaknya benda-benda lain juga Sobat Alam, menggunakan atau mengonsumsi produk kersen secara berlebihan juga tidak baik bagi tubuh kita. Sebaiknya kita juga jangan memakan buah yang belum benar-benar matang karena bisa menyebabkan batuk. Untuk olahan daun kersen, kita juga harus berhati-hati juga dalam menggunakannya. Ini disebabkan karena mengonsumsi olahan daun kersen mampu menyebabkan sakit perut, diare, alergi (gatal-gatal dan merah pada kulit), dan gangguan lambung lainnya. Pemanfaatan olahan daun kersen juga sangat tidak dianjurkan untuk anak-anak, ibu hamil, dan juga bayi.  

 

Mengapa banyak di kota?

Alasan mengapa kersen sangat sering dijumpai di kota-kota ialah karena sifatnya sendiri. Pertama, Pohon Kersen sendiri sangatlah mudah untuk tumbuh dimana-mana asalkan tempat tersebut memiliki drainase yang baik. Kedua, Pohon Kersen bisa tumbuh dengan cepat dan mampu tumbuh hingga 6 meter sehingga bisa memberikan keteduhan bagi orang-orang yang melewatinya. Ketiga, sebagaimana yang dikutip oleh Putri dkk (2019), tanaman kersen memiliki laju penyerapan karbondioksida tertinggi diantara tanaman lain yang digunakan di dalam RTH (Ruang Terbuka Hijau)

Menurut Nugroho (2015), dalam sistem RTH yang tertulis di dalam UU no. 26/2007 dimana luas minimal dari RTH sendiri harus sebesar 30% dari luas perkotaan. Luas itu dibagi menjadi 2 bagian yaitu RTH publik seperti taman kota (20%) dan RTH privat seperti sawah, pekarangan, dll (10%). Oleh karena itu, karakteristik dan kapabilitas dari Pohon Kersen sendirilah  membuatnya mudah bagi kita untuk menjumpai pohon ini di kota-kota khususnya kota besar.

Sekarang Sobat Alam sudah pada tahu bahwa selain digunakan untuk berteduh apalagi di kota-kota yang panas, pohon kersen sendiri punya khasiat yang luar biasa mulai dari buah, daun hingga akarnya. Untuk Sobat Alam bisa banget buat kalian kalau ingin punya tanaman kersen di halaman rumah kalian.

 

Penulis: Muchammad Rivandi Fatchur Rachman

 

Referensi Literatur

Nugroho, M. L. (2015). Problematika Penyediaan Ruang Terbuka Hijau di Kota Semarang. CoUSD Proceedings, 139-151.

Nurholis, & Saleh, I. (2019). Hubungan Karakteristik Morfofisiologi Tanaman Kersen (Muntingia Calabura). Argovigor, 12(2), 47-52.

Putri, R. E., Suwondo, & Nofrizal. (2019). Strategi Optimalisasi Fungsi Ruang Terbuka Hijau Publik Menggunakan Analisis SWOT di Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmu Lingkungan, 13(2), 206-216.

Safitri, G. (2017). Daya Hambat Ekstrak Daun Kersen (Muntinga Calabura L) Terhadap Pertumbuhan Salmonella typhi dan Candida albicans. Semarang: Universitas Muhammadiyah Semarang.

SamudraBibit. (2020, Januari 7). Pedoman Penanaman dan Perawatan Ceri Kersen yang Kaya Manfaat. Retrieved Januari 21, 2021, from https://samudrabibit.net/blog/pedoman-penanaman-dan-perawatan-ceri-kersen-yang-kaya-manfaat.

 

Referensi Gambar

Foto 1: https://www.padangekspres.co.id/2020/07/ciri-ciri-pohon-kersen.html

Foto 2: http://www.baturajaradio.com/2018/09/panduan-lengkap-cara-budidaya-pohon.html

Foto 3: https://www.idntimes.com/health/fitness/siti-denty-rizqita/manfaat-sehat-daun-kersen-c1c2-1

Foto 4: https://paktanidigital.com/artikel/manfaat-buah-kersen-untuk-kesehatan-beserta-cara-mengolah-dan-memasarkannya/#.YApMiF4zbIU

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platfrom Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya.  

 Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!