Pohon Kurma

Kegunaan-Pohon-Kurma-dan-Buahnya-yang-Tidak-Banyak-Diketahui-pixabay
Kegunaan-Pohon-Kurma-dan-Buahnya-yang-Tidak-Banyak-Diketahui-pixabay

Jazirah arab merupakan tempat yang terkenal dengan tumbuhan kurma yang mampu mencukupi kebutuhan nutrisi penduduknya. Di Indonesia kurma populer pada bulan Ramadan karena kurma menjadi makanan yang dihidangkan pada saat berbuka puasa. Rasulullah mencontohkan kurma sebagai makanan pembuka sebelum memakan makanan lain pada saat berbuka karema kurma merupakan super food yang luar biasa. Kurma dikatakan demikian karena kurma memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, tanpa 

Ads

Pohon kurma merupakan tanaman yang tumbuh di daerah yang gersang seperti pakistan, Turki, dan India. tanaman jantan dan betina pada pohon kurma hidup secara terpisah. Namu, hanya ada 50% pohon kurma betina yang akan berbuah karena adanya pengaruh dari beberapa faktor pertumbuhan seperti faktor iklim, genetik, dan cahaya. Kebanyakan petani kurma memperbanyakan tanaman ini dengan cara alami yaitu stek. 

Kurma yang disunnahkan oleh Rasulullah dikonsumsi dalam jumlah ganjil ini memiliki bahasa latin phoenix dactylifera. Untuk penjelasan yang lebih detail perihal klasifikasi tanaman kurma, maka simaklahpembahasan yang berikut ini dengan cermat agar tidak terdapat kekeliruan.

  • Kingdom – Plantae
  • Sub Kingdom – Tracheobionta
  • Divisi – Magnoliophyta
  • Sub Divisi – Spermatophyta
  • Kelas – Liliopsida
  • Sub Kelas – Arecidae
  • Ordo – Arecales
  • Famili – Arecaceae
  • Genus – Phoenix
  • Spesies – Phoenix dactylifera L.

Kurma mempunyai beragam jenis spesies spesiesberbagau kandungan nilai gizi dan nutrisi yang berbeda. Salah satu buah kurma yang seringkali dikonsumsi pada saat bulan ramadan yaitu buah kurma jenis medjool. Berdasarkan data-data US Department of Agriculture (USDA) yang terletak di Amerika, setiap 1 buah kurma medjool mengandung kandungan nilai gizi dan nutrisi sebagai berikut.

  • Kalori: 66
  • Karbohidrat: 17,99 g
  • Air: 5,12 g
  • Protein: 0,43 g
  • Total lemak: 0,04 g
  • Serat: 1,6 g
  • Gula: 15,95 g
  • Kalium: 167 mg
  • Kalsium: 15 mg

Sejak dahulu, kurma dikenal sebagai tanaman yang mampu mengobati berbagai macam penyakit. Kurma memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk anda kesehatan manusia sehingga banyak orang Indonesia yang suka mengonsumsi makanan kaya akan manfaat ini. Selain mudah dijumpai, harga yang terjangkau juga menjadi alasan warga Indonesia gemae mengonsumsi kurma. Kandungan nutrisi pada kurma. Diantara manfaat kurma adalah sebagai berikut

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

1. Meningkatkan kesehatan otak

Mengkonsumsi kurma, entah kurma basah maupun kurma kering dapat meningkatkan fungsi otak manusia. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurma dapat mengurangi inflamasi di otak serta mampu mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.Studi lain pada hewan juga mengemukakan bahwa kurma dapat meminimalisir protein beta amiloid yang dapat membentuk plak di dalam otak. Plak tersebut akan menumpuk sehingga bisa saja menyebabkan kematian sel.

2. Mengandung banyak antioksidan

Antioksidan yang ada dalam buah kurma dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, yang dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit berbahaya di dalam tubuh manusia.tubuh tiga jenis antioksidan utama yang terdapat pada kurma, yaitu flavonoid, carotenoid, dan asam fenolat.Ketiga jenis anti oksidan tersebut dipercaya olehorang-orang dapat melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit berbahaya seperti Alzheimer, degenerasi makula, hingga kanker dan penyakit jantung.

3. Meringankan persalinan

Konsumsi buah kurma pada ibu hamil juga dapat meringankan persalinan. Mengonsumsi kurma pada waktu mendekati masa persalinan dapat mengurasirisiko persalinan yang akan memberikan dampak buruk dengan diinduksi. Studi menunjukkan, ibu hamil yang sering mengonsumsi kurma akan melahirkan secara normal dengan rentang waktu selama empat jam lebih sedikit dibandingkan ibu hamil yang tidak mengkonsumsi buah kurma.

4. Meningkatkan kesehatan tulang

Untuk seseorang yang menderita masalah tulang seperti osteoporosis, kifosis, ataupun lordosis. maka kurma dapat menjadi jawaban masalah tersebut karena kandungan yang dimiliki kurma sangatlah bermanfaat untuk mengobati penyakit tersebut. Bauh Kurma mengandung banyak sekali mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, termasuk fosfor, kalium, kalsium, serta magnesium. Mineral tersebut mampu meningkatkan daya tahan tubuh agar terlindungi dari kondisi kelainan tulang seperti osteoporosis yang seringkali menjadi masalah bagi orang tua.

5. Membantu mengontrol kadar gula darah

Gula darah termasuk penyakit yang cukup serius di dalam dunia medis karena penyakit ini memiliki resiko yang besar. Gula darah sukar untuk diobati sehingga banyak orang yang meninggal akibat penyakit ini. Kurma dioercaya dapat membantu mengontrol kadar gula darah yang ada di dalam tubuh manusia. Manfaat kurma ini didapatkan dari kandungannya yang rendah akan indeks glikemik. Kandungan dari serat serta antioksidannya juga dapat membantu kadar gula darah menjadi lebih terkontrol.

Demikianlah sekilas pandangan tentang buah kurma yang kaya akan manfaat. Oleh karena itu sebaiknya kita lebih sering lagi mengonsumsi buah kurma agar kita dapat merasakan dampak kesehatan bagi tubuh secara langsung. Sebab jika tubuh kita sehat maka kita kan bebas bergerak tanpa ada halangan apapun.

Sumber referensi: 

https://www.sehatq.com/artikel/7-manfaat-kurma-untuk-kesehatan-dan-resep-mudah-mengolahnya/amp

Sumber gambar :

Pertanianku.com

Sosial Media :

Instagram : ginrj__

LindungiHutan.com merupakan Platfrom Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya yang dapat merugikan pihak!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!

Enable Notifications    Ok No thanks