Pohon Pisang, Pohon khas Negara Tropis

Pisang
Pisang 1 © Pixabay.com

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS)  pada tahun 2018, produksi pisang Indonesia mencapai 7,26 juta ton dengan jumlah yang cenderung meningkat disetiap tahunnya. Terlebih di Pulau Sumatera dan Jawa, karena di wilayah ini pohon pisang yang dapat dimanfaatkan mulai dari ujung daun, buah, dan batangnya ini tumbuh dengan subur.

Ads

 

Deskripsi Pohon Pisang

Daun Pisang
Pisang 2 © Pixabay.com

Rasanya hampir semua orang sudah akrab dengan sapaan “Pohon Pisang”. Namun, sejatinya tanaman ini tidak bisa digolongkan dalam jenis pepohonan. Hal ini dikarenakan tanaman pisang tidak memiliki jaringan kayu pada batangnya. Lebih tepatnya, tanaman yang satu ini dikategorikan sebagai salah satu jenis tumbuhan terna dengan ukuran raksasa dan memiliki daun besar serta memanjang. Yang membentuk jaringan pada bagian batang semunya merupakan kumpulan selubung daun yang saling tumpang tindih dan tersusun secara spiral. Bagian ini disebut sebagai pseudostem. Namun, walaupun pohon pisang tidak ditopang dengan kayu, batang semu dari susunan daun ini sangat kokoh hingga dapat menahan berat tandan pisang nantinya hingga 50 kilogram atau bahkan lebih.

Secara alami, tanaman pisang akan tumbuh subur dalam kondisi tempat yang memiliki tanah gembur, beriklim tropis, dan memiliki kelembapan udara yang cukup. Sebelum muncul buah, tanaman ini pada umumnya akan memunculkan sekumpulan bunga berwarna kekuningan yang tertutup dengan daun berwarna ungu kemerahan. Bunga ini berbentuk menyerupai jantung, itu kenapa sebagian orang kemudian menyebutnya sebagai “jantung pisang”. Bunga yang akan berkembang kemudian menjadi tandan pisang dengan 5-15 sisir dan puluhan atau bahkan ratusan buah. perlu diketahui, terdapat tiga golongan tanaman pisang. Pertama, tanaman dengan buah yang dapat dikonsumsi. Kedua, tanaman pisang hutan atau liar yang pada umumnya  digunakan sebagai tanaman hias semata seperti pisang lilin dan pisang-pisangan. Ketiga, tanaman pisang yang hanya diambil pelepahnya untuk bahan serat misalnya pisang abaka.

Sejarah Pohon Pisang

Pohon Pisang
Pisang 3 © Pixabay.com

Tanaman pisang diidentikkan dengan wilayah Asia Tenggara, lebih tepatnya tanaman yang satu ini dahulu berasal dari India, jazirah Malaya, dan Filipina. Penyebaran secara menyeluruh mulai terjadi pada tahun 1000 SM melalui Samudera Pasifik dan Hawai di belahan Timur dan Samudera Hindia, Afrika, hingga Amerika di belahan barat. Semakin berkembangnya peradaban, pisang juga semakin menjajaki wilayah baru dan menjadi komoditas yang terus diperdagangkan.

Sementara inventarisasi sumber daya genetik (plasma nutfah) pisang di Indonesia dimulai ketika memasuki abad ke-18. Hal ini ditandai dengan adanya buku yang terbit pada tahun 1750, buku dengan judul Herbarium Ambonise tersebut telah menyebutkan adanya pembeda dan beberapa jenis pisang  hutan maupun budidaya di Kepulauan Maluku. Pusat budidaya berada di daerah Banyuwangi, Palembang, dan Jawa Barat. Tidak mengejutkan kemudian apabila hingga saat ini ketiga wilayah utama produksi pisang di Indonesia ditempati oleh Jawa Timur, Lampung, dan juga Jawa Barat.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Manfaat dan Keunikannya

Pisang
Pisang 4 © Pixabay.com

setiap bagian daun pisang bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan misalnya bagian daunnya sudah umum digunakan untuk membungkus atau  sebagai alas makanan tradisional. Pada beberapa kesempatan karena bentuknya yang lebar tidak jarang membuat orang yang melihatnya tertarik untuk memotong dan menjadi peneduh darurat ketika hujan tiba. Sementara bagian batangnya dapat dijadikan penghasil serat untuk bahan baku kain hingga pakan ternak. Baru-baru ini, banyak orang memburu pelepah pisang  untuk dikonsumsi karena bermanfaat baik bagi tubuh dan dapat dijadikan obat alternatif untuk berbagai penyakit seperti asam lambung, tekanan darah, kelebihan berat badan, dan sebagainya. Tidak jarang, bunganya juga diambil dan diolah menjadi makanan.

selanjutnya daging buah pisang selazimnya dikonsumsi karena memiliki kandungan energi yang cukup tinggi bagi tubuh. Satu buah pisang memiliki kandungan karbohidrat dua kali lebih banyak jika dibandingkan dengan apel. buah yang satu ini juga kaya akan kandungan kalium, vitamin, dan juga serat. selain itu, kulit pisang ternyata menghasilkan electron yang bisa menjadi sumber energi listrik. bagian kulit pisang juga bisa dimanfaatkan menjadi bahan pembuatan cuka pisang hingga alternatif perawatan kecantikan.

 

Siklus Hidup pohon pisang

pohon pisang kerap pula disebut sebagai tanaman abadi. Hal ini dikarenakan pisang memiliki siklus hidup yang cukup menarik. Pernahkah kalian mencoba menebang pohon pisang namun tetap kembali muncul dan bertumbuh? Hal ini dikarenakan, pohon pisang berkembang biak melalui tunas yang terus tumbuh di sekitar tanaman induknya. Pada umumnya, tanaman pisang akan mulai layu dan mati setelah berhasil menghasilkan buah satu kali. Namun kematian ini akan selalu digantikan dengan tunas yang baru.

 

 

Penulis : Sintya Chalifia Azizah

Dikurasi Oleh: Daning Krisdianti

 

 

Referensi : 

Astawan, M. (2008, Agustus 17). Pisang Sebagai Buah Kehidupan. Retrieved from Kompas.com: https://sains.kompas.com/read/2008/08/17/18545832/Pisang.Sebagai.Buah.Kehidupan?page=all

Food and Agriculture Organization. (n.d.). Description of The Banana Plant. Retrieved from FAO: http://www.fao.org/3/t0308e/T0308E03.htm

Ramlah, Dewantara, V. H., & Riefani, M. K. (2016). Jenis Pisang yang Diperjualbelikan di Pasar Terapung Banjarmasin. Prosiding Seminar Lahan Basah (pp. 105-108). Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Redaksi WE Online. (2019, Oktober 2). Keren, Produksi dan Ekspor Komoditas Pisang Indonesia Membanggakan. Retrieved from WartaEkonomi.co.id: https://www.wartaekonomi.co.id/read249493/keren-produksi-dan-ekspor-komoditas-pisang-indonesia-membanggakan

The Editors of Encyclopaedia Britannica. (2020, Agustus 5). Banana. Retrieved from Britannica: https://www.britannica.com/plant/banana-plant

Vézina, A., Bergh, I. V., & Rouard, M. (2020, Agustus 6). Morphology of Banana Plant. Retrieved from Promusa: http://www.promusa.org/Morphology+of+banana+plant

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!