Elang Harpy, predator terkuat di dunia

Elang merupakan salah satu dari burung terkuat di dunia yang masuk dalam jenis hewan berdarah panas. Kepiawaiannya dalam berburu mangsa dengan menggunakan cakar tajamnya dan paruh yang dapat mengoyak daging dengan mudah, kepakan sayap yang kuat, serta dapat bermanuver dengan baik di udara menjadikannya predator penguasa udara yang mematikan. dari berbagai jenis elang, ada salah satu spesies elang dengan ukuran tubuhnya yang dapat mencapai seukuran manusia remaja. elang apakah itu?yuk,  mari berkenalan dengan elang raksasa harpy.

Ads
Gambar 1. Burung Harpy Seukuran Manusia
Gambar 1. Burung Harpy Seukuran Manusia

Habitat

Elang harpy adalah spesies elang neotropis yang tersebar di beberapa wilayah di Amerika Selatan, mulai dari Meksiko, Brasil, Ekuador, Guyana, Suriname, Guyana Prancis, Colombia, Venezuela, Bolivia, Paraguay, Perú, dan Timur Laut Argentina. Biasanya mereka membangun sarang di atas pohon kapas sutra pada ketinggian 27-43 meter diatas tanah. Menyempitnya hutan menyebabkan elang harpy berada di ujung kepunahan dan masuk kedalam list CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora) atau dalam bahasa indonesia berarti konvensi perdagangan internasional tumbuhan dan satwa liar spesies terancam. habitat elang harpy pernah tercatat diketinggian 6.600 kaki diatas permukaan laut tetapi lebih sering ditemukan 3000 kaki. mereka akan menghindari hutan yang telah mengalami deforestasi tetapi bisa ditemukan diderah hutan yang terbuka atau bahkan dipadang rumput terutama ketika mangsa langka. elang ini umumnya dapat ditemukan di mexico sampai ke daerah selatan Argentina. disebabkan karena deforestasi, satu-satunya daerah di amerika utara dimana elang ini dapat ditemukan adalah di panama. sementara itu populasi paling banyak ditemukan di Brazil.

Gambar 2. Burung Harpy
Gambar 2. Burung Harpy

Karakteristik

Burung harpy bisa tumbuh hingga berukuran tinggi 90-100 cm dengan berat hingga 9 kg. Lebar sayap elang harpy bisa mencapai 2,24 meter, yang memungkinkan untuk terbang dengan sempurna. untuk elang harpy betina mempunyai ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan elang harpy jantan. karena ukurannya besar, elang harpy tidak memungkinkan untuk dapat terbang sangat jauh. Burung harpy memiliki warna abu-abu gelap dengan garis putih pada bulunya. Burung ini juga memiliki warna bulu garis hitam melingkar pada lehernya dan beberapa jenis burung harpy memiliki bulu abu-abu yang berbentuk seperti mahkota di kepalanya. kepalanya akan mengembang ketika ia merasa dalam posisi terancam. sementara itu, elang harpy juga memiliki indera penglihatan yang luar biasa, hal itu bisa dibuktikan dengan kemampuan matanya yang dapat melihat sesuatu yang berukuran 2 centimeter dari jarak 200 meter.

kakinya sendiri memiliki ukuran sebesar lengan anak kecil dan terdapat cakar tajam yang kuat sepanjang 13 cm dimana mampu menghancurkan tulang dan membunuh mangsanya seketika. Burung harpy merupakan salah satu hewan monogami (setia pada satu pasangan) dan  berkembang biak pada usia 5-30 tahun ke atas. mereka pada umumnya memiliki masa hidup antara 25-35 tahun dan dapat bertelur 1-2 telur tiap dua hingga tiga tahun sekali. Baik induk betina maupun jantan sama-sama memiliki tugas mengerami telurnya selama dua bulan. Ketika telur telah menetas dalam rentang waktu setelah masa pengeraman, anak burung harpy akan diberi makan oleh induknya hingga berumur 10 bulan meski pada usia sekitar lima atau enam bulan sudah terlihat seperti elang dewasa. Mereka hanya akan berkeliaran di sekitaran sarang hingga usia satu tahun.

Makanan 

Burung harpy berada pada posisi pemangsa puncak dan bisa berburu mangsa yang beratnya mencapai 7,7 kg dan untuk lenag betina bisa membawa beban makanan sebanyak 10 kg Makanan utamanya berupa mamalia yang hidup di pohon seperti monyet dan kukang. Mereka juga dapat menyantap rusa muda, landak, serta reptil seperti ular dan iguana. Ketika sedang berburu mereka dapat terbang dengan kecepatan hingga 80 kilometer per jam dan menangkap mangsa dengan kaki terlentang.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

 

Penulis: Nurkhaeni

 

Referensi Literatur:

KumparaSains. 9 Oktober 2020. Mengenal Harpy Eagle, Burung Elang Raksasa Sebesar Manusia Remaja. Diakses 13 April 2021, dari
https://kumparan.com/kumparansains/mengenal-harpy-eagle-burung-elang-raksasa-sebesar-manusia-remaja-1uLtPT4tc6b/full 

Detikinet. 6 Oktober 2019. Fakta Elang Terbesar di Dunia yang Mirip Manusia. Diakses 13 April 2021, dari
https://inet.detik.com/science/d-4735481/fakta-elang-terbesar-di-dunia-yang-mirip-manusia 

Vale.com, Harpy Eagles. diakses pada 5 agustus 2021 dari

http://www.vale.com/indonesia/EN/initiatives/environmental-social/harpy-eagle/Pages/default.aspx

 

Referensi Gambar:

Myedisi. 8 Oktober 2019. Elang Terbesar di Dunia. Diakses 13 April 2021, dari
https://www.myedisi.com/radarselatan/20191008/117455/elang-terbesar-di-dunia 

Huryantiku.blogspot. 10 Maret 2016. Harpy Eagle, Burung Rajawali Terbesar dan Terkuat di Dunia. Diakses 13 April 2021, dari
http://huryatiku.blogspot.com/2016/03/harpy-eagle-burung-rajawali-terbesar.html 

http://www.vale.com/indonesia/EN/initiatives/environmental-social/harpy-eagle/Pages/default.aspx

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sam melestarikan lingkungan dan menjaganya.

Yuk, bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!