Relawan LindungiHutan Kuatkan Pesisir Mangkang

Pemukiman di Pesisir yang Terdampak Abrasi
Pemukiman di Pesisir yang Terdampak Abrasi

LindungiHutan.com, Semarang – Pemanasan global dan perubahan iklim yang terjadi di dunia menyebabkan kenaikan air laut semakin tidak terkendali. Hal ini menyebabkan pesisir terdampak abrasi, begitu pula yang terjadi di Semarang.

Ads

Mangkang merupakan salah satu daerah di Semarang yang mengalami abrasi cukup parah. Abrasi di Mangkang dulunya diperparah dengan kesadaran masyarakat akan lingkungan yang masih rendah, akibatnya kerusakan pesisir di Mangkang semakin menjadi-jadi.

Baca Lainnya : Perjalanan Pertama dari LindungiHutan

Maraknya Pemukiman di Pesisir Membuat Abrasi Pantai semakin Parah
Maraknya Pemukiman di Pesisir Membuat Abrasi Pantai semakin Parah

“Saya lihat dulu rusaknya lingkungan disebabkan ulah manusia, pembudidaya udang yang marak dan adanya pabrik kayu lapis yang buang limbah sembarangan. Makanya, ketika ada penyedotan pasir, penebangan liar dan warga memilih menyewakan tanahnya untuk tambak udang, membuat lingkungan di sini semakin hancur pada 1999 silam,” kata Sururi, ketua Kelompok Tani Mangrove Lestari.

Yuk, Adakan Penghijauan di Daerahmu!

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Bersama LindungiHutan, Menghijaukan Indonesia.

Mangrove dipandang mampu menyelamatkan lingkungan dari abrasi. Mangrove merupakan ekosistem utama pendukung kehidupan penting di wilayah pesisir dan kelautan. Selain fungsi ekologis ternyata juga sebagai penyedia nutrien bagi biota perairan, tempat pemijahan dan tempat tinggal berbagai macam biota, penahan abrasi pantai, amukan badai dan gelombang tsunami, penyerap limbah, pencegah intrusi air laut, mangrove juga mempunyai fungsi ekonomis yang tinggi seperti sebagai penyedia kayu, obat-obatan, alat dan daerah penangkapan ikan.

Baca Lainnya : Hijaukan Perusahaanmu bersama CSR Lingkungan Hidup

Penanaman Mangrove oleh Relawan LindungiHutan untuk Selamatkan Pesisir
Penanaman Mangrove oleh Relawan LindungiHutan untuk Selamatkan Pesisir

Relawan LindungiHutan Semarang, pada Agustus 2017 melakukan penanaman 555 bibit mangrove di kawasan mangrove Mangkang. Dengan mengusung kampanye “Sabuk Hijau Pesisir Semarang”, mereka berharap mangrove-mangrove yang ada di Mangkang ini dapat menjadi barrier pesisir Semarang dari abrasi yang lebih luas lagi. (Kika)*

Referensi: Rppler

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di daerahmu. Selain daerahmu, kamu  juga bisa membantu menghijaukan daerah lainnya di Indonesia lho!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!