Relawan LindungiHutan Ajak Sayangi Pantai Tirang

Pantai Tirang, Semarang
Pantai Tirang, Semarang (Dok. LindungiHutan)

LindungiHutan.com, Semarang – Dahulu, Kota Semarang memiliki ikon wisata alam bernama Pulau Tirang. Pulau yang terletak di pesisir Pantai Utara Jawa itu menyimpan keindahan alam yang memikat wisatawan jaman dulu. Hari demi hari berlalu, sekarang wisata alam tersebut lebih dikenal sebagai Pantai Tirang. Lalu, bagaimana kondisi Pulau Tirang saat ini?

Ads

Saat ini, pulau yang sempat menyimpan sejuknya rimbun pohon mangrove di ujung Kampung Tapak, Tugurejo, Kota Semarang ini hanya tinggal kenangan. Pulau tak berpenghuni tersebut hilang akibat abrasi dan hanya menyisakan garis pantai seluas 240 hektar.

Baca Lainnya : #MendekorBumi: Mendekor Masa Depan

Tanam Mangrove untuk Pantai Tirang
Tanam Mangrove untuk Pantai Tirang (Dok.LindungiHutan)

Pulau Tirang kemudian tak lagi menjadi daya tarik wisatawan karena keindahannya pun mulai pudar seiring abrasi yang terus menerus menggerus pantai ini. Usaha penyelamatan Pantai Tirang dari tahun ke tahun semakin masif dilakukan.

Yuk, Adakan Penghijauan di Daerahmu!

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Bersama LindungiHutan, Menghijaukan Indonesia.

pantai tirang4 – Wanaswara

Salah satu usaha dilakukan oleh relawan Lindungi Hutan Semarang pada 14 Mei 2017 lalu. Melalui kampanye “Sayang Tirang”, mereka menanam 2160 bibit mangrove hasil donasi. Bibit yang ditanam disana berasal dari pembibitan kelompok tani Mangrove Lestari di Mangkang.

Baca Lainnya : Pemkot Semarang Galakkan Penghijauan

Menanam Mangrove dapat dilakukan Oleh Siapapun
Menanam Mangrove dapat dilakukan oleh Siapapun, Usia Berapapun (Dok.LindungiHutan)

Tua, muda, pria, wanita, memenuhi lokasi penanaman di Pantai Tirang. Banyak dari peserta penanaman yang membawa serta keluarganya, mengajarkan sejak dini tentang lingkungan kepada anak-anaknya.

Mangrove yang Tertanam di Pantai Tirang
Mangrove yang Tertanam di Pantai Tirang (Dok.LindungiHutan)

Penanaman mangrove di sekitar Pantai, lebih tepatnya di area konservasi diharapkan dapat membantu dalam pemulihan ekosistem di wilayah ini. Jika mangrove yang ditanam tersebut tumbuh subur kemungkinan akan mengembalikan daya tarik Pantai itu sendiri, dan juga membantu ekonomi warga sekitar. Dan dalam jangka panjang masalah abrasi dan erosi pun dapat tertangani. (Kika)*

Referensi: Viva, Jateng Today 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di daerahmu. Selain daerahmu, kamu  juga bisa membantu menghijaukan daerah lainnya di Indonesia lho!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!