Rentique Peduli Gunung Salak: Kampanye Alam

Sadar atau tidak, industri fashion telah menimbulkan berbagai kerusakan alam dalam beberapa abad terakhir ini. Hal ini disebabkan oleh perubahan tren fashion yang sangat cepat dari musim ke musim. Tentunya, pecinta fashion tidak mau ketinggalan dengan perubahan tersebut. Mereka akan membuang busana lama dan membeli busana baru tanpa memikirkan dampak jangka panjangnya. Padahal, limbah fashion membawa berbagai masalah lingkungan yang dapat mengancam keberlangsungan manusia, seperti pencemaran air, kerusakan tanah, peningkatan jumlah karbon, dan masih banyak lagi. Melihat hal ini, berbagai pihak memutuskan untuk mengambil langkah perubahan demi kelestarian lingkungan, seperti slow fashion, circular fashion, dan clothes-sharing. Akan tetapi, usaha ini sendiri belum cukup mengurangi dampak lingkungan yang disebabkan oleh industri fashion. Oleh karena itu, Rentique memutuskan untuk membentuk sebuah kampanye alam berupa penanaman di Gunung Salak, Bogor. Kegiatan ini dilakukan dengan harapan dapat meningkatkan kelestarian lingkungan dan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap upaya pelestarian lingkungan.

Ads

Apa Itu Rentique?

Rentique adalah sebuah platform digital yang menyediakan jasa persewaan busana wanita berkualitas dan ternama dengan harga terjangkau. Pendiri Rentique membentuk usaha ini atas kesadaran akan masalah lingkungan yang ditimbulkan oleh produksi dan limbah fashion. Hal ini diperparah kecepatan perubahan fashion dan perilaku impulsif masyarakat yang terus menerus membeli dan membuang busana tanpa memikirkan dampak jangka panjang. Akibatnya, semakin banyak masalah lingkungan yang timbul dan dapat mengancam keberlangsungan hidup manusia, seperti pencemaran air, kerusakan tanah, krisis air bersih, peningkatan jejak karbon, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, Rentique berharap mengurangi masalah lingkungan yang ada dengan menyediakan jasa persewaan melalui aplikasi mereka. Selain menyediakan jasa persewaan, Rentique juga menyediakan berbagai busana yang dapat dibeli melalui laman dan aplikasi mereka yang dipromosikan melalui akun Instagram @rentiqueid

 

Rentique
Gambar 1. Akun Instagram Rentique © Instagram

Rentique Peduli Gunung Salak

Pada saat yang sama, Rentique memutuskan untuk membentuk sebuah kampanye alam berupa penanaman di Gunung Salak, Bogor dalam menjamin keberlangsungan hidup manusia. Mereka melakukan hal ini atas dasar rasa tanggung jawab dan kesadaran bahwa usaha mereka belum cukup dalam menanggulangi masalah lingkungan yang ada, terutama di Gunung Salak, Bogor. Ternyata, Gunung Salak mengalami berbagai kerusakan alam yang disebabkan oleh deforestasi yang parah. Akibatnya, sering kali terjadi banjir dan tanah longsor di sekitar area Gunung Salak yang telah memakan banyak korban. Padahal, kawasan Gunung Salak memiliki peran penting dalam menampung air bersih yang sangat diperlukan oleh masyarakat Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten. 

Untuk merealisasikan kampanye yang diberi nama “#RentiquePeduliGunungSalak” ini, Rentique bekerja sama dengan LindungiHutan membentuk sebuah aksi penggalangan dana online. Penggalangan dana tersebut dilakukan melalui laman khusus LindungiHutan dengan donasi sebesar Rp15.000,00/pohon. Selanjutnya, segala informasi mengenai kegiatan kampanye disebarluaskan melalui jaringan sosial media Rentique dan LindungiHutan. Hal ini dilakukan  untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya pelestarian lingkungan dan memberikan kesempatan bagi masyarakat berpartisipasi aktif dalam upaya penghijauan ini. Selain itu, Rentique mengambil keputusan untuk menyisihkan 3% dari profit penjualan mereka sebagai salah satu bentuk kontribusi.

Rentique
Gambar 2. Kampanye Alam Rentique © LindungiHutan

Selain itu, Rentique berharap bahwa melalui kampanye alam berupa penanaman pohon trembesi ini dapat meningkatkan kelestarian lingkungan dan mendorong masyarakat untuk semakin peduli terhadap lingkungan. Seperti yang kita ketahui, upaya penghijauan dapat mereboisasi hutan, memperbaiki kualitas udara, meningkatkan area resapan air, mengurangi dampak pemanasan global, dan memulihkan ekosistem yang rusak. Dengan pulihnya ekosistem, akan ada jaminan ketersediaan sumber daya demi keberlangsungan hidup manusia. Selain itu, penyebaran informasi mengenai kampanye ini akan meningkatkan kesadaran pelestarian lingkungan dan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berkontribusi dalam melindungi dan melestarikan lingkungan.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Sustainable Fashion For Sustainable Earth

Sustainable fashion merupakan sebuah gerakan yang memproduksi busana dengan memperhatikan lingkungan dan masyarakat, terutama pekerja. Gerakan ini mendorong berbagai pelaku industri fashion untuk mengambil langkah yang ramah lingkungan, mengurangi limbah fashion, dan menjadi transparan akan kondisi di pabrik. Hal ini terjadi akibat kesadaran berbagai pihak terhadap realita kelam industri ini. Mereka melihat bahwa terdapat banyak pabrik yang tidak memperhatikan kondisi pekerja dan lingkungan. Akibatnya, semakin banyak masalah lingkungan yang timbul dan semakin hilangnya kesejahteraan hidup pekerja. 

Permintaan Akan Sustainable Fashion Meningkat – Wanaswara
Gambar 3. Permintaan Akan Sustainable Fashion Meningkat © Ecotextile

Selain itu, sustainable fashion menuntut akan adanya upaya pelestarian lingkungan demi kesejahteraan seluruh kalangan masyarakat. Gerakan ini meminta seluruh kalangan masyarakat, terutama produsen dan konsumen fashion, untuk mengambil langkah nyata dalam mengurangi dampak lingkungan yang disebabkan oleh aktivitas industri ini. Hal ini dilakukan karena alam memiliki peran penting dalam kehidupan manusia sebagai sumber dan penstabil kehidupan. Oleh karena itu, berbagai pihak telah mengambil langkah pelestarian lingkungan, seperti penghijauan, penemuan pengganti bahan baku yang tidak terbarukan, pengolahan limbah fashion, dan masih banyak lagi.

Kegiatan kampanye yang dilakukan Rentique merupakan salah satu langkah nyata untuk melestarikan lingkungan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pelestarian lingkungan. Kegiatan kampanye berupa penanaman bibit pohon trembesi di Gunung Salak ini dapat memberikan berbagai manfaat bagi kehidupan manusia dan memberikan kesempatan bagi kita untuk berkontribusi. Akan tetapi, mereka tidak bisa melakukan semua ini sendirian. Kita juga harus mengambil langkah nyata perubahan sebagai salah satu tanggung jawab kita sebagai manusia yang hidup di bumi ini. Jadi, tunggu apa lagi?

Penulis: Jeannette Sharon

Dikurasi oleh: Citra Isswandari Putri

 

Referensi Literatur

Andini, M. (2019, May 3). Rentique, Aplikasi Rental Busana dengan Harga Terjangkau. PingPoint. https://pingpoint.co.id/berita/rentique-aplikasi-rental-busana-dengan-harga-terjangkau/

What Is Sustainable Fashion? (n.d.). Green Strategy. Retrieved April 18, 2021, from https://www.greenstrategy.se/sustainable-fashion/what-is-sustainable-fashion/

Referensi Gambar:

Rentique. (n.d.). [Screenshot]. Instagram. https://www.instagram.com/rentiqueid/

LindungiHutan. (2021, January 27). [Campaign]. LindungiHutan. https://lindungihutan.com/rentique

Ecotextile. (2020, August 10). [Photograph]. Ecotextile. https://www.ecotextile.com/2020081026509/fashion-retail-news/consumers-want-sustainability-post-covid-20.html

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. 

Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!