Rimbawan: Ahli Hutan Yang Dibutuhkan

Mengenal Rimbawan

Rimbawan adalah seseorang yang memiliki profesi pengelolaan hutan atau orang yang selalu memainkan peran dalam kegiatan pengelolaan hutan ke arah kelestarian. Profesi ini juga dikatakan sebagai pengawal atau pengawas kekayaan negara berupa sumber kekayaan hutan. Rimbawan merupakan seseorang yang cukup memahami sumber daya alam khususnya hutan.

Ads

Rimbawan adalah anggota masyarakat yang dapat dipercaya untuk mengurus sumber daya alam yaitu hutan. Seorang ahli hutan selalu mementingkan perlindungan terhadap hutan. Perlindungan hutan merupakan hal yang berkaitan dengan pencegahan perusakan hutan dari oknum-oknum tertentu yang dapat merusak hutan agar hutan tetap dapat terlindungi dari oknum-oknum tersebut. Rimbawan merupakan suatu hal yang sangat dibutuhkan khususnya di Indonesia.

Tugas Rimbawan

Tugasnya yaitu:

  1. Memelihara
  2. Melindungi 
  3. Meningkatkan kemampuan ekosistem hutan
Gambar 1. Acara Peringatan Hari Bakti Rimbawan
Gambar 1. Acara Peringatan Hari Bakti Rimbawan

Etika Rimbawan

Etika profesi ini dapat dimaknai dengan prinsip, sikap dan tindakan yang menunjukkan rasa peduli dan tanggung jawab terhadap pelestarian alam. Prinsip seorang ahli hutan hendaknya adalah selalu kokoh, tegas dan berkomitmen kuat untuk menjadikan hutan lestari dan bermanfaat untuk kemakmuran semua manusia. Dengan berprinsip seperti itu maka, sikap yang muncul dari seorang rimbawan adalah peduli, jujur, loyal, berhati-hati, teliti, kritis, bersahabat, dekat dengan alam dan sederhana. Sehingga tindakan yang muncul adalah tindakan yang mulia laksana seorang manusia yang diberi “amanat agung” oleh Tuhan untuk menjadi pengelola alam ini (khalifah). Dengan memahami prinsip, sikap dan perilaku rimbawan, maka segala perilaku yang menyimpang dari perbuatan mulia maka bisa dikatakan telah melanggar etika profesi ini.

Gambar 2. Latihan Mahasiswa sebagai Rimbawan
Gambar 2. Latihan Mahasiswa sebagai Rimbawan

Nilai Dasar

  • Jujur

Jujur merupakan sikap ketulusan hati dalam melaksanakan tugas dan kemampuan untuk tidak menyalahgunakan wewenang yang diberikan kepadanya.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
  • Tanggung Jawab

Tanggung jawab merupakan kemauan dan kemampuan seseorang untuk menyelesaikan pekerjaan yang diserahkan kepadanya dengan sebaik-baiknya dan tepat waktunya serta berani memikul resiko atas putusan yang diambil atau tindakan yang dilakukannya.

  • Ikhlas

Ikhlas merupakan sikap rela sepenuh hati, datang dari lubuk hati, tidak mengharapkan imbalan atau balas jasa atas sesuatu perbuatan khususnya yang berdampak positif pada orang lain, dan semata-mata karena menjalankan tugas atau amanah dari Tuhan Yang Maha Esa.

  • Disiplin

Disiplin merupakan sikap mental yang tercermin dalam perbuatan dan perilaku pribadi atau kelompok, berupa kepatuhan dan ketaatan terhadap aturan kerja, hukum dan norma kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang dilakukan secara sadar.

  • Visioner

Visioner merupakan mempunyai wawasan/pandangan jauh ke masa depan dan arah tujuan yang ingin diwujudkan.

  • Adil

Adil merupakan perbuatan yang dilandasi rasa tidak sewenang-wenang, tidak memihak (netral) serta proporsional sesuai peraturan/hukum yang berlaku.

  • Peduli

Peduli merupakan sikap memperhatikan orang lain dan lingkungan sebagaimana ia memperlakukan dirinya sendiri.

  • Kerjasama

Kerjasama merupakan kemauan dan kemampuan untuk bekerjasama dengan semua pihak dalam menyelesaikan suatu tugas yang ditentukan sehingga mencapai hasil guna dan daya guna yang sebesar-besarnya.

  • Profesional

Profesional merupakan kemampuan konseptual, analisis dan teknis dalam bekerja yang diperoleh melalui pendidikan atau pelatihan yang dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, berorientasi penghargaan dan kepuasan bersama sehingga keputusan dan tindakannya didasari atas rasionalitas dan etika profesi.

 

Penulis : Roshelly

 

Referensi Literatur

Harun, Marinus Kristiadi. 2013. Artikel : Tantangan Profesi Rimbawan di Tengah Laju Degradasi Hutan. Tersedia pada tautan: https://foreibanjarbaru.or.id/archives/671 Diakses pada: 14 Februari 2021.

9 Nilai Dasar Rimbawan. Tersedia pada tautan: http://lem.fkt.ugm.ac.id/2016/06/9-nilai-dasar-rimbawan/ Diakses pada: 14 Februari 2021.

 

Referensi Gambar

https://newslampungterkini.com/news/9666/menteri-lhk-peringati-hari-bakti-rimbawan-dan-hari-hutan-internasional-di-lampung.html

http://kehutanan.umm.ac.id/id/berita/latih-mahasiswa-menjadi-rimbawan-jurusan-kehutanan-adakan-kklh.html

 

LindungiHutan.com adalah Platform Crowdfounding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak.

 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!