Ruang Terbuka Hijau di Perkotaan

Memiliki lingkungan yang sejuk dan asri merupakan dambaan masyarakat perkotaan. Bagi masyarakat di perkotaan melihat Kawasan yang sejuk, hijau dan jauh dari polusi merupakan hal yang terlihat langka dan juga sulit untuk menemukan tempat yang memiliki kesejukan dari oksigen yang diproduksi tumbuhan setiap harinya. Pembangunan gencar terjadi di kota-kota besar di Indonesia mulai dari gedung pemerintahan, pemukiman warga, bahkan akses untuk kendaraan namun seringkali mengabaikan kelestarian lingkungan dengan membangun ruang terbuka hijau di kawasan perkotaan.

Ads
Gambar 1. Ruang Terbuka Hijau
Gambar 1. Ruang Terbuka Hijau

Ruang Terbuka HIjau

Ruang terbuka hijau merupakan sebuah area di suatu wilayah yang luas dengan bentuk memanjang maupun berbentuk jalur yang bersifat terbuka untuk tempat tumbuh tanaman. Tanaman yang berada di ruang terbuka hijau ada yang alamiah dan ada juga yang sengaja ditanam. Menurut undang-undang Nomor 26 tahun 2007 tentang penataan ruang publik yang berisikan tentang RTH yang dimiliki serta dikelola oleh pemerintah digunakan untuk kepentingan masyarakat secara umum. Begitu juga ketentuan pembangunan RTH sudah diatur dalam UU Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang. Undang-undang tersebut berisi tentang keharusan setiap kota memiliki minimal 30% dari keseluruhan luas lahan untuk RTH. Oleh karena itu pemerintah harus memperhatikan pembangunan RTH untuk kesejahteraan masyarakat dan kelestarian lingkungan. 

RTH di perkotaan memiliki banyak manfaat dari berbagai aspek. Maka dari itu penting untuk meningkatkan upaya pemerintah dalam membangun ruang terbuka hijau bagi kesejahteraan masyarakat. Batasi pembangunan gedung bertingkat serta pemukiman, lalu perbanyak membangun RTH karena RTH di kota besar masih jauh dari kata minimal yang ditetapkan yaitu 30% dari keseluruhan luas lahan. Menurut data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Terdapat 174 kota di Indonesia namun hanya 13 kota saja yang baru memenuhi syarat tersebut Data tersebut jauh dari kata memuaskan, Oleh karena itu pentingnya kesadaran masyarakat dan peran penting pemerintah untuk mengoptimalkan pembangunan RTH.

Jenis Ruang Terbuka Hijau 

Jenis RTH yang berada di perkotaan menurut Pasal 6 Peraturan Menteri dalam negeri disebutkan terdapat 23 jenis Ruang Terbuka Hijau Kawasan Perkotaan (RTHKP), dari 23 jenis tersebut beberapa jenis yang sering dijumpai di perkotaan yaitu:  

Hutan Kota

Gambar 2. Hutan Kota Kemayoran
Gambar 2. Hutan Kota Kemayoran

Hutan kota merupakan kawasan yang luas yang berada di perkotaan yang ditutupi oleh pepohonan rindang yang tumbuh secara alami dengan banyak jenis tanaman seperti hutan pada umumnya. Keberadaan hutan kota sangat menguntungkan bagi masyarakat perkotaan karena merupakan sumber oksigen, menurunkan polusi dan juga sebagai habitat flora dan fauna. Hutan kota di beberapa kota besar yang bisa dikunjungi seperti hutan kota kemayoran (Jakarta), Hutan Kota Batu (Malang), Hutan Kota Siliwangi (Bandung), Hutan Kota Tinjomoyo, dan masih banyak lagi hutan kota yang menarik untuk dikunjungi di kota lainnya. 

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Taman Kota 

Gambar 3. Taman Kota Batu
Gambar 3. Taman Kota Batu

Taman kota sama halnya dengan hutan kota namun taman kota lebih tertata keindahannya serta kenyamanannya supaya dapat dinikmati masyarakat perkotaan untuk sarana melepas penat. Taman kota merupakan kawasan yang dikelola untuk ruang terbuka publik yang digunakan sebagai sarana bermain, rekreasi warga perkotaan maupun sebagai fungsi utama yaitu menjaga kelestarian lingkungan. Berikut beberapa taman kota yang cantik untuk dikunjungi seperti, Taman Kota Batu di Batu (Jawa Timur), Taman Bukit Bougenville di Singkawang, Taman Kota Pecangakan di Bali, dan Taman Suropati di Jakarta.  

Taman Wisata Alam 

Gambar 4. Taman Wisata Telaga Warna
Gambar 4. Taman Wisata Telaga Warna

Taman wisata alam merupakan Kawasan pelestarian alam di perkotaan dengan fungsi utamanya yaitu sebagai kepentingan pariwisata alam dan rekreasi. Taman wisata alam memiliki daya tarik berupa tumbuhan, hewan maupun ekosistem yang memiliki ciri khas. Taman wisata alam yang terkenal Gunung Bromo di Jawa Timur, Taman Wisata Alam Mangrove di Jakarta, Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur, Taman Wisata Alam Telaga Warna di Bogor dan taman wisata alam lain yang tak terhitung jumlahnya di Indonesia yang memiliki pesonanya masing-masing.

Kebun Raya 

Gambar 5. Kebun Raya Bogor 
Gambar 5. Kebun Raya Bogor

Kebun raya salah satu area lahan yang terdapat berbagai macam jenis tanaman yang merupakan pusat pengetahuan botani dan Kawasan konservasi di luar habitat aslinya yang ditujukan untuk kepentingan penelitian, koleksi, maupun sebagai sarana wisata alam terbuka sekaligus sarana pendidikan bagi para pengunjung yang ingin mengetahui berbagai macam jenis tanaman. Salah satu kebun raya yang terkenal yaitu Kebun Raya Bogor yang berada di kota Bogor, Jawa Barat. 

Jalur Pengaman Jalan

Gambar 6. RTH Pengaman Jalan
Gambar 6. RTH Pengaman Jalan

Jalur pengaman jalan biasanya terlihat di sepanjang jalan berupa pepohonan, rumput maupun tanaman hias yang ditanam sepanjang jalur di sisi kanan, kiri dan tengah jalan. RTH ini yang berada di sisi kiri jalan biasa digunakan oleh pejalan kaki sebagai akses bepergian. Jalur pengaman jalan yang ditumbuhi pepohonan besar berguna untuk mengurangi polusi hasil dari kendaraan, penghijauan, dan sebagai tempat peneduh bagi pejalan kaki karena dinilai lebih efektif untuk menyerap panas.  

Manfaat Ruang Terbuka HIjau

Ruang terbuka hijau sangat penting bagi masyarakat perkotaan karena mempunyai banyak manfaat yaitu :

  1. Menjaga keserasian dan keseimbangan antara lingkungan alam maupun lingkungan buatan di perkotaan untuk meningkatkan kualitas lingkungan yang sehat, bersih, indah dan nyaman 
  2. RTH dapat dijadikan sebagai Kawasan resapan air untuk mencegah terjadinya banjir dan  juga berfungsi untuk menjaga ketersediaan air tanah. 
  3. Sebagai paru-paru kota yang dapat menghasilkan oksigen bagi masyarakat perkotaan, RTH juga dapat, menurunkan suhu di kawasan sekitar serta dapat menyerap karbondioksida dan juga mengurangi polusi karena dapat menyerap karbon monoksida yang merupakan sumber polusi di perkotaan.
  4. Sebagai sarana rekreasi masyarakat, RTH bukan hanya tempat untuk tanaman berkumpul namun juga merupakan tempat bagi masyarakat untuk menghabiskan waktunya dengan berekreasi, berolahraga maupun sekedar berbincang dengan seseorang di kawasan yang asri dan sejuk. RTH juga bermanfaat dari segi ekonomi karena dapat dijadikan sebagai daerah penghasil produk yang dapat dijual seperti, buah, bunga, sayuran, dan juga kayu.
  5. RTH juga bermanfaat bagi dunia pendidikan dimana banyaknya jenis tanaman yang dapat dijadikan sebagai sarana pembelajaran mengenai jenis-jenis tanaman sehingga menarik para generasi muda untuk selalu ikut serta dalam melestarikan lingkungan agar tetap terjaga.

Untuk meningkatkan RTH perlu untuk melibatkan berbagai pihak mulai dari individu, kelompok kecil, masyarakat, pemerintah maupun pihak swasta. Lahan RTH perlu ditingkatkan melihat kota-kota di Indonesia masih belum memenuhi persyaratan. Berkurangnya lahan-lahan di perkotaan yang seharusnya dibangun untuk RTH karena maraknya alih fungsi lahan. Hal tersebut harus menjadi perhatian penting bagi masyarakat dan pemerintah untuk memperketat pengawasan supaya RTH dapat dibangun secara optimal untuk kesejahteraan masyarakat dan menjaga kelestarian lingkungan. 

Penulis: Moh. Dwi Bahtiar 

Referensi

Admindpu. Ruang Terbuka Hijau. Retrieved January 12, 2021, from https://dpu.kulonprogokab.go.id/detil/105/ruang-terbuka-hijau

Medcofoundation.org. Mengenal Ruang Terbuka Hijau. Retrieved January 12, 2021, from https://www.medcofoundation.org/mengenal-ruang-terbuka-hijau/

Samsudi. 2010. Ruang Terbuka Hijau Kebutuhan Tata Ruang Perkotaan Kota Surakarta. Journal of Rural and Development, Vol.1 No.1.

sim.ciptakarya.pu.go.id. (January, 07 2016). 6 Manfaat Ruang Terbuka Hijau. Retrieved January 12, 2021, from http://sim.ciptakarya.pu.go.id/p2kh/knowledge/detail/6-manfaat-ruang-hijau-terbuka

sim.ciptakarya.pu.go.id. (March, 27 2016). Strategi Peningkatan Ruang Terbuka Hijau. Retrieved January 12, 2021, from http://sim.ciptakarya.pu.go.id/p2kh/knowledge/detail/strategi-peningkatan-ruang-terbuka-hijau

Referensi Gambar

https://pingpoint.co.id/media/images/5_Manfaat_Ruang_Terbuka_Hijau_Bagi_Kesehatan_FI.original.jpg 

https://i0.wp.com/rimbakita.com/wp-content/uploads/2019/04/hutan-kota-kemayoran.jpg

https://www.pegipegi.com/travel/wp-content/uploads/2014/07/taman-kota-batu.jpg

https://www.constructionplusasia.com/wp-content/uploads/2018/10/suite-villas.jpg

https://cdn-2.tstatic.net/wartakota/foto/bank/images/20160521-kebun-raya-bogor-krb_20160521_044505.jpg 

https://lh3.googleusercontent.com/proxy/4zWydfRb3UAWVYBf14c9OeGhdwGNNXxTMG7rNUxOhTcvs-YWsyMeoCd3eYqh06vAnxYppAN5r2quOO08hRazW4nD0jm2f8JqOeq7l7lNQETLkQ55ZL3Z

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

Yuk, jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!