Satu Pohon, Satu Harapan untuk Gunung Andong

Relawan LindungiHutan Kendal untuk Satu Pohon Gunung Andong
Relawan LindungiHutan Kendal untuk Satu Pohon Gunung Andong

Magelang – LindungiHutan sebagai sebuah platform penggalangan dana online dan gerakan pelestarian hutan serta lingkungan hidup di Indonesia, baru saja selesai mengadakan aksi tanam pohon di Gunung Andong pada 17 Agustus 2020 lalu. Bertepatan dengan Hari Jadi Indonesia yang ke-75 tahun, penanaman yang dilaksanakan dalam rangkaian kampanye alam; #SatuPohon 1.000 Harapan, Gunung Andong, berhasil mengantarkan 100 bibit Pohon Pulai (Alstonia Scholaris) sukses tertanam. Aksi tanam pohon tersebut, dihadiri oleh 10 orang peserta yang beberapa diantaranya merupakan Relawan LindungiHutan Kendal.

Ads

Baca Lainnya : Hutan Kota, Aset Berharga Masyarakat Perkotaan

Kampanye Alam #SatuPohon 1.000 Harapan, Gunung Andong diinisiasi oleh seorang Relawan LindungiHutan bernama Febriyanto Cahyo P. Merupakan seorang aktivis sekaligus Relawan LindungiHutan asal Kendal, Jawa Tengah, Cahyo menginisiasi kampanye alam ini karena ia berduka atas kondisi lereng Gunung ini yang rusak dikarenakan kebakaran pada bulan November lalu, disusul pada bulan Desember musim kemarau menerpa sehingga ekosistem di Gunung ini belum pulih sepenuhnya.

#SatuPohon 1.000 Harapan, Gunung Andong

Upaya Rehabilitasi Gunung Andong
Upaya Rehabilitasi Gunung Andong

Penanaman kali  ini merupakan bukti bahwa Cahyo, Relawan LindungiHutan Kendal dan teman-teman pengelola sekitar, masih peduli terhadap kondisi gunung ini pasca kebakaran dan kemarau panjang yang terjadi beberapa saat lalu. Kebakaran yang terjadi, nyaris menghabiskan ekosistem hutan di wilayah Lereng Gunung Andong. Tanah longsor sendiri juga langganan terjadi di gunung ini akibat kurangnya pemanfaatan lahan yang digunakan untuk penanaman pohon.

Dalam penanaman kali ini, diharapkan kerusakan hutan yang terjadi dari tahun ke tahun dapat teratasi dan berkurang jumlahnya. Meskipun di tengah pandemi COVID-19, LindungiHutan akan tetap melakukan aksi penanaman pohon. Namun, pesertanya akan dibatasi agar tidak menimbulkan kerumunan massal. Pelaksanaan jaga jarak, penggunaan masker serta pengadaan hand sanitizer juga kerap disertakan agar penyebaran COVID-19 tidak semakin menyebar.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Besar harapan penanaman yang diinisiasi oleh Febriyanto Cahyo P, dapat menguatkan kawasan hutan gunung yang membentang di Indonesia. LindungiHutan juga berharap kegiatan ini dapat membawa pengaruh dan dampak besar untuk kelestarian alam Indonesia.

 

LindungiHutan merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Dalam rangka mendukung kegiatan penghijauan teman-teman di Indonesia, yuk dukung Kampanye Alam daerahmu dengan berkunjung pada situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam.

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!