Save Human with Cozmeed

Avengers assembled… Pasti teman-teman milenial sangat familiar dengan salah satu momen paling fantastis di sekuel Avengers besutan dari Marvel Studios. Sebuah kisah klasik mengenai perjuangan para pahlawan dalam memberantas musuh-musuh yang mencoba mengganggu ataupun menghancurkan umat manusia. Sedari kecil banyak dari kita, terutama para pria yang memimpikan untuk menjadi power rangers, ultraman, superman, atau hal lainnya yang bertemakan pahlawan. Tak segan-segan kita membeli pakaian yang bergambarkan karakter pahlawan favorit kita sampai harus menabung ataupun meminta kepada ayah dan ibu.

Ads

Pahlawan sendiri dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) memiliki arti sebagai orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran atau pejuang yang gagah berani. Oleh karenanya, tidaklah aneh saat setiap orang dalam hidupnya berharap bisa menjadi pahlawan yang sesuai dengan imajinasi mereka masing-masing. Tapi semakin dewasa kita semakin menyadari bahwa pahlawan dalam imajinasi kita saat kecil akan semakin tidak relevan ketika kita bertumbuh dewasa. Sekarang hal yang paling mungkin manusia lakukan adalah menjadi pahlawan bagi sekitarnya, yang lumrah adalah menjadi pahlawan bagi orang terdekat baik itu keluarga, sanak saudara, maupun tetangga.

Saat dewasa ini kita menyadari bahwa menjadi pahlawan tidaklah memerlukan tindakan yang sepenuhnya luar biasa, misal, menghadapi penjahat, melawan sekelompok mafia, atau hal yang umumnya kita lihat di tayangan televisi. Menjadi pahlawan hanya memerlukan keinginan dan keberanian untuk melakukan hal yang baik, sekecil apapun itu demi orang selain diri kita sendiri. Jangan lupa bahwa tindakan baik tidak hanya bisa kita lakukan untuk sesama manusia, tetapi Bumi kita pun berhak mendapatkan perlakuan baik dari kita semua.

Bumi yang sudah menjadi pahlawan kita, saat ini sangat membutuhkan bantuan dari para penghuniny, yaitu diri kita sendiri. Bumi sedang mengalami banyak kerusakan yang tidak lain disebabkan oleh manusia itu sendiri. Jika hal ini terus dibiarkan, pihak yang akan mengalami kerugian pastinya adalah manusia. Dari hal tersebut Cozmeed menyadari bahwa kita semua perlu mengambil andil untuk menjadi pahlawan dengan suatu tindakan yang kecil, tetapi bermakna besar. Cozmeed mengajak kita semua untuk bergabung dalam kampanye “Save Human – Jadilah Pahlawan Untuk Umat Manusia”.

COZMEED

Cozmeed merupakan sebuah inisiasi usaha dari putra putri terbaik Kota Surakarta yang mempunyai cita-cita untuk mengembangkan produk perlengkapan outdoor go international karya anak bangsa yang lahir dari kolaborasi para petualang dan penggiat industri outdoor. Nama Cozmeed berawal dari sebuah kalimat “Cause We Meet” yang bermakna dari setiap pertemuan atau perjalanan kita semua akan menemukan sebuah hal baru, orang-orang baru, dan segudang pemikiran baru seorang petualang. Cozmeed memiliki tagline “Lifetime Brotherhood” yang berharap nantinya para penikmat produk Cozmeed akan memiliki ikatan persaudaraan yang kuat.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Cozmeed hadir dengan berbagai pilihan produk outdoor. Memiliki beberapa series yang mampu mengakomodasi style dari kita para petualang penikmat alam. Mountain series yang hadir untuk kita para petualang dalam kegiatan eksplorasi seperti pendakian gunung, panjat tebing, hiking, dan trail running. Tidak hanya itu, Cozmeed juga menyediakan varian untuk kita yang senang untuk melakukan travelling santai, Travel series bisa jadi partner kita dalam perjalanan wisata kemanapun kita pergi.

Depan Situs Cozmeed ©Cozmeed
Gambar 1 Laman Depan Situs Cozmeed ©Cozmeed

Dengan semangat Cozmeed untuk mengajak masyarakat menjajal aktivitas outdoor dan menikmati keindahan alam Indonesia mulai dari sejuknya pegunungan hingga indahnya pesisir pantai yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia, Cozmeed tidak lupa untuk meningkatkan kesadaran kita akan pentingnya menjaga alam itu sendiri. Kegiatan outdoor yang semestinya dilakukan di alam bebas tidak akan bisa terus berlangsung saat alam itu sendiri telah rusak oleh tangan manusia.

SAVE HUMAN- JADILAH PAHLAWAN UNTUK UMAT MANUSIA

Indonesia termasuk sebagai negara dengan jumlah kepulauan sebanyak kurang lebih 13.000 pulau dan panjang garis pantai 95.000 km  dan juga jumlah masyarakatnya yang berprofesi sebagai nelayan sebanyak 1.459.874 orang. Dari fakta ini kita harusnya menyadari bahwa Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar dalam pemanfaatan sumber daya alam dari laut maupun pesisir. Bagi kita yang tinggal di perkotaan sudah sewajarnya memiliki akses yang lebih mudah dalam mendapatkan sumber protein hewani berkualitas tinggi yang salah satunya berasal dari ikan. Tapi tahukah kita bahwa ikan yang ada di piring kita hadir berkat usaha dari para nelayan yang berjuang untuk mengais rezeki dari lautan Indonesia yang sangat luas.

Dengan krisis iklim yang terjadi dan bahkan semakin buruk, ekosistem wilayah pesisir terutama pada daerah yang menjadi ladang para nelayan mencari nafkah semakin rusak. Misalnya rusaknya terumbu karang yang menjadi habitat bagi para ikan, hancurnya vegetasi padang lamun yang menjadi sumber makanan bagi beberapa ikan, dan degradasi areal mangrove yang kian hari semakin kecil. Pesatnya pembangunan yang tidak mempertimbangkan keberlangsungan alam hanya semakin memperburuk keadaan lingkungan. Kerusakan ini akan berdampak langsung kepada manusia terutama mereka yang tinggal dan hidup langsung disana.

Kampanye Alam Save Human with Cozmeed © LindungiHutan
Gambar 2 Kampanye Alam Save Human with Cozmeed © LindungiHutan

Tambakrejo merupakan satu dari banyak wilayah pesisir yang akan dan sedang terdampak oleh kerusakan lingkungan yang berlangsung puluhan tahun ini. Dusun Tambakrejo yang terletak di bagian paling utara Kelurahan Tanjungmas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, yang terkenal dengan sebagian besar warganya yang berprofesi sebagai nelayan. Para nelayan di dusun ini sudah lama memanfaatkan hasil laut bagi keberlangsungan hidup keluarganya, berbagai hasil tangkapan laut yang diperoleh para nelayan akan dijual langsung dalam keadaan segar maupun diolah terlebih dahulu.

Laut yang selama ini menjadi tumpuan bagi masyarakat di Tambakrejo, untuk menghidupi keluarganya, saat ini sedang mengalami ancaman yang terjadi akibat dari keserakahan manusia yang tidak terkontrol. Ekosistem mangrove yang memiliki peran untuk mencegah abrasi dan kerasnya hempasan angin laut sekarang ini semakin ruak dan kehilangan fungsi sebagai penopang kehidupan di sekitarnya. Ombak Laut Jawa secara perlahan telah mengikis daratan Tambakrejo dan mengancam tempat tinggal masyarakat karena semakin tipisnya jarak antara pantai dan rumah mereka.

Bersama kampanye ini, Cozmeed berharap dapat membantu menyelamatkan para nelayan dan masyarakat di dusun Tambakrejo untuk menghindari abrasi yang bisa terjadi kapan saja jika tidak ditanggulangi secepat mungkin. Untuk itu LindungiHutan melalui kampanye alam akan melakukan penanaman pohon Mangrove Rhizophora sebagai salah satu upaya untuk mencegah abrasi. Akar mangrove memiliki fungsi untuk menjerat sedimen. Selain menjaga keutuhan daratan yang telah ada sebelumnya, diharapkan juga dapat memunculkan daratan baru kedepannya. Akar mangrove juga dapat mempercepat penguraian limbah organik dan limbah kimia yang dapat mencemari kualitas perairan.

Kampanye Save Human- Jadilah Pahlawan Untuk Umat Manusia akan membuka penggalangan dana online dengan donasi sebesar Rp10.000,00 di laman khusus LindungiHutan dan juga setiap pembelian produk dari Cozmeed sendiri akan disisihkan dalam upaya penanaman mangrove. Cozmeed tidak ingin bergerak sendirian karena menyadari bahwa bumi miliki semua umat manusia yang tingga diatasnya. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama menyelamatkan Bumi dengan aksi penanaman mangrove di Tambakrejo.

 

Penulis : Muhamad Agung Triyudha Agustiana

 

Referensi Gambar

Cozmeed.(n.d.-a). [Screenshoot]. Cozmeed. https://cozmeed.com

LindungiHutan. (2021, March 12). [Campaign]. LindungiHutan. https://lindungihutan.com/cozmeed

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu.