Sayangi Diri Sayangi Bumi

Merawat tubuh untuk tetap sehat adalah suatu bentuk upaya dari menjaga apa yang telah dimiliki dan upaya menyayangi diri sendiri. Tapi, apakah sempat terlintas di benakmu untuk mulai menyayangi bumi? Dengan cara merawat apa yang telah alam miliki dan mengembalikan ke bentuk aslinya apabila telah rusak. 

Ads

Alam telah menjadi tempat tinggal dan sumber kehidupan. Salah satu yang sangat dekat dengan kita adalah daerah pesisir laut. Daerah pesisir laut yang menjadi pembatas antara daratan dan lautan memegang kendali atas sebagian besar kelangsungan hidup hewan dan manusia. Apabila daerah ini menjadi rusak dan tidak terawat maka akan terjadi ketidakseimbangan alam yang merugikan. Kerusakan alam yang terjadi seperti hancurnya terumbu karang akibat pengeboman, penebangan hutan bakau, dan adanya limbah industri ke lautan. Bila kita urutkan, semua masalah tersebut terjadi karena ulah sebagian kecil manusia. Namun, dampak yang terjadi mempengaruhi seluruh kehidupan makhluk hidup.

Ekosistem pesisir laut menjadi pilar ekosistem yang kuat dalam menjaga keseimbangan kehidupan daratan dan lautan. Tanaman pesisir laut seperti mangrove berperan penting untuk menjaganya, apalagi di era pemanasan global dan semakin banyaknya cemaran limbah industri yang bermuara ke laut. Hutan mangrove dapat menstabilkan garis pantai, melindungi dari adanya erosi pasang surut, gelombang, dan badai dikarenakan akarnya yang kuat untuk melakukan pencegahan. Selain itu, sebagian besar pohon mangrove dapat mengurangi cemaran limbah yang ada di laut. Melihat betapa pentingnya merawat ekosistem di pesisir laut, Scarlett membuat sebuah kampanye alam sebagai bentuk upaya kita menyayangi bumi.

Scarlett Whitening

Akun Instagram Scarlett Whitening
Gambar 1 Akun Instagram Scarlett Whitening

Scarlett Whitening didirikan oleh Felicya Angelista sebagai solusi untuk mereka yang ingin merawat kulitnya dan memberikan hasil kulit yang cerah dan sehat. Scarlett Whitening by Felicya Angelista merupakan perusahaan produk lokal perawatan kecantikan yang berdiri sejak tahun 2017. Produk lokal perawatan kecantikan ini telah teruji oleh Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI). Scarlett percaya bahwa produk kecantikan yang membuat kulit sehat harus mudah diakses oleh setiap orang karena merawat apa yang telah dimiliki merupakan sebuah upaya menyayangi diri. Oleh karena itu, Scarlett berharap selain merawat dan menyayangi diri, setiap orang juga harus merawat dan menyayangi bumi. 

Scarlett tidak hanya berupaya untuk membantu semua orang menyayangi diri, tapi juga untuk menyayangi bumi dengan merawat apa yang telah dimiliki. Scarlett melihat banyak sekali kerusakan alam yang disebabkan oleh kelalaian kita, salah satunya adalah kerusakan di area pesisir pantai. Padahal, ekosistem pesisir pantai merupakan hal yang paling berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup. Hutan mangrove memiliki peran yang sangat besar dalam melindungi daratan dari abrasi, menambah garis pantai, meningkatkan kualitas air dan udara, serta meningkatkan nilai sosial dan ekonomi masyarakat. Maka dari itu, Scarlett memutuskan membentuk sebuah kampanye alam berupa penanaman bibit mangrove di Pantai Bahagia, Muara Gembong Bekasi.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
Abrasi di Muara Gembong
Gambar 2 Abrasi di Muara Gembong

Pantai Bahagia yang terletak di Muara Gembong Bekasi dipilih karena pantai sering kali menjadi langganan banjir dari luapan air laut dan mengalami abrasi hingga 10-20 meter per tahun. Hal tersebut menjadikan garis pantainya berkurang dan penduduk yang bermukim di sekitar pantai harus kehilangan tempat tinggalnya, sedangkan Pantai Bahagia memiliki potensi untuk menjadi destinasi wisata bahari. Kawasan ini dapat dikembangkan menjadi tempat konservasi hutan mangrove dan penangkaran satwa dilindungi yaitu lutung Jawa. Oleh sebab itu, Scarlett ingin mengajak setiap orang untuk mulai merawat dan menyayangi bumi karena begitu banyak dampak yang dapat dirasakan bila pesisir laut kita sehat.

Scarlett bekerja sama dengan LindungiHutan membentuk sebuah kampanye alam yang diberi nama “Sayangi Diri Sayangi Bumi”. Mereka ingin turut serta berkontribusi dalam upaya penghijauan di wilayah Jakarta. Dengan menanam pohon Mangrove, banyak manfaat yang dapat diperoleh. Tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk ekosistem sekitar. Upaya kontribusi tersebut adalah mereka membuka sebuah penggalangan dana online dengan donasi sebesar Rp15.000,00 di laman khusus LindungiHutan. Mereka berharap usaha ini dapat memulihkan dan menjaga kelestarian alam dengan penanaman pohon mangrove

Jenis pohon Mangrove Rhizophora dipilih untuk ditanam di Pantai Bahagia, Muara Gembong Bekasi karena dapat mengendapkan lumpur di akar-akar pohon bakau sehingga mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratan. Selain itu, Mangrove Rhizophora memiliki akar yang dapat mempercepat penguraian limbah organik dan limbah kimia yang dapat mencemari kehidupan ekosistem laut. Di daerah Pantai Bahagia, beberapa masyarakat juga memanfaatkan buah mangrove untuk diolah menjadi beberapa olahan makanan diantaranya dodol, kopi, dan sirup mangrove. Ibu Alfiah adalah salah satu produsennya. Jadi, bukan hanya manfaat ekologis yang dapat dirasakan masyarakat Pantai Bahagia karena adanya mangrove, tetapi juga berperan dalam peningkatan ekonomi masyarakat di sekitarnya.

Sayangi Diri Sayangi Bumi bersama Scarlett Whitening

Kampanye Sayangi Diri Sayangi Bumi
Gambar 3 Kampanye Sayangi Diri Sayangi Bumi

Bentuk kasih sayang berbagai macam jenisnya, salah satunya adalah dengan menyayangi diri sendiri dan menyayangi lingkungan sekitar agar hidup lebih seimbang dan berkelanjutan. Kasih sayang yang dapat dilakukan adalah merawat apa yang telah dikaruniakan agar tetap sehat. Bentuk upaya menyayangi diri sendiri dapat dilakukan dengan mengaplikasikan produk kecantikan terpercaya seperti Scarlett Whitening dalam perawatan sehari-hari. Sedangkan bentuk upaya menyayangi bumi dapat dilakukan salah satunya dengan mulai menanam pohon di lingkungan yang memiliki tingkat urgensi yang tinggi untuk dilakukan konservasi.

Salah satu tempatnya adalah Pantai Bahagia yang menjadi langganan banjir dari luapan air laut dan mengalami abrasi menjadi tempat yang penting untuk diselamatkan. Lingkungannya merupakan ekosistem pesisir pantai yang seharusnya juga sehat. Penanaman pohon mangrove menjadi jalan untuk mulai menyehatkan kembali lingkungan pesisir pantai agar memberi manfaat secara ekologis seperti tempat penangkaran lutung jawa, pencegahan abrasi, perlindungan gelombang air laut, dan meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitarnya. Terlebih jenis pohon Mangrove Rhizophora yang memiliki kelebihan dapat mengendapkan lumpur di akar-akar pohon dan mempercepat penguraian limbah organik dan limbah kimia yang dapat mencemari laut.

Kampanye alam yang dilakukan oleh Scarlett Whitening merupakan bentuk ajakan bahwa bukan hanya menyayangi diri yang penting, tapi menyayangi bumi juga jauh lebih penting. Selama ini Scarlett Whitening by Felicya Angelista membantu semua orang untuk menyayangi diri sendiri dalam setiap produknya dengan memudahkan setiap orang dapat merawat dirinya sendiri sehingga dapat memberikan hasil kulit yang cerah dan sehat. Sekarang Scarlett mengajak untuk menyayangi bumi dengan menanam pohon mangrove di daerah Pantai Bahagia, Muara Gembong Bekasi yang berpotensi menjadi destinasi wisata bahari. Selain itu, kegiatan kampanye ini berusaha meningkatkan ekonomi masyarakat karena buah mangrove dimanfaatkan menjadi beberapa olahan makanan. Kita bisa turut bergabung dalam kampanye ini hanya dengan menyisihkan uang untuk pembelian bibit pada laman yang tersedia. Sayangi diri sayangi bumi, berdampak lah bersama kami.

 

Penulis: Annisa Islamiati 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu.

Enable Notifications    Ok No thanks