Segara Naturals x LindungiHutan

Cerita Singkat Kampung Laut, Cilacap

Kampung Laut di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah merupakan gugusan pulau-pulau kecil di Segara Anakan yang membentuk beberapa desa seperti Desa Ujung Alang, Desa Kleces, Desa Ujung Gagak dan Desa Panikel. Secara letak geografisnya, Kampung Laut berada di sisi Barat Jawa Tengah dan berbatasan dengan Jawa Barat. Setidaknya terdapat sekitar 14 ribu jiwa penduduk di 4 desa yang ada di Kampung Laut yang mayoritas bekerja sebagai nelayan, petani dan buruh serabutan. Transportasi utama masyarakat di Kampung Laut yakni menggunakan perahu compreng yang dapat ditempuh dalam waktu 2,5 jam – 3 jam perjalanan dari Kota Cilacap. Hutan Mangrove di pesisir pantai Indonesia mengalami penurunan luasan secara masif. Sebagai negara dengan garis pantai terpanjang di dunia, mangrove menjadi barrier alami dari abrasi dan juga badai dari lautan. Selain sebagai barrier, mangrove berperan sebagai habitat dari biota laut. Tanpa adanya biota laut seperti ikan, pendapatan nelayan menjadi turun. Tidak luput pula pemukiman di sekitaran pantai yang perlahan akan tenggelam. Karena itu, Segara Naturals bekerjasama dengan LindungiHutan dalam penanaman pohon di Cilacap.

Ads

Segara Naturals

Segara Naturals hadir sebagai bentuk kecintaan terhadap indahnya alam Indonesia. Produk tersebut diciptakan untuk memenuhi kebutuhan para pecinta alam yang peduli pada kelestarian lingkungannya dan skincare yang praktis, alami, dan ramah lingkungan. Karena bentuknya batang padat, kamu bisa fokus menikmati Sabang sampai Merauke tanpa khawatir skincare milikmu tumpah.

Produk-produk Segara Naturals © Segara Naturals
Produk-produk Segara Naturals © Segara Naturals

https://www.segaranaturals.com/ 

Segara Naturals menghadirkan skincare-skincare yang ramah lingkungan dan harganya terjangkau. Mereka menjual sabun mandi travel, sabun mandi cair, lotion, lip balm, shampoo, facial cleanser, dll. Bahan-bahan pembuatan skincare sangat terjamin. Kita tak perlu meragukan kualitasnya. Kontribusi Segara Naturals bersama LindungiHutan sangat berharga. Mereka telah menyumbangkan 100 bibit pohon dan menginisiasi kampanye alam “Segara Naturals untuk Hijaunya Kampung Laut, Cilacap”.

Kampanye Alam Segara Naturals x Lindungi Hutan

https://lindungihutan.com/segaranatural 

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Rusaknya mangrove membuat masyarakat sangat paham bahwa mangrove dan juga hutan mangrove sangat penting untuk menahan abrasi dan bahkan tsunami. Andreas Aji Wibowo memulai kegiatan konservasi lingkungan dan masyarakat juga diberikan pengertian dampak lingkungan dan ekonomi jika warga terus merusak bakau. Bukan hanya pantai yang terkikis gelombang, populasi biota laut akan turun dan akhirnya sumber pendapatan nelayan berkurang.

Dengan visi dan misi LindungiHutan yang sejalan dengan tujuan Segara Naturals yang ingin melestarikan bumi dan menumbuhkan semangat cinta alam pada masyarakat, diinisiasikanlah kampanye alam untuk membantu penghijauan Kampung Laut, Cilacap pada tanggal 31 Desember 2021. Penggalangan donasi dilaksanakan hingga 1 Oktober 2021. 

Besaran donasi yang diperlukan untuk melakukan penanaman dan perawatan pohon adalah Rp 10.000/ pohon. Menanam pohon untuk menghijaukan Indonesia penting sekali untuk keberlangsungan ekosistem negara di garis khatulistiwa ini, supaya kita bisa mewariskan yang terbaik untuk generasi penerus.

 

Penulis: Fachrezy Nur Ramadhan

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak! 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!