Sekilas Pandang Pohon Jarak

Buah Jarak
Gambar Buah Jarak© sehatq.com

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sekali jenis tanaman. Salah satunya pohon jarak. Pasti banyak dari kita yang sudah mengetahui tentang pohon ini. Pohon jarak memang sudah dikenal semenjak zaman nenek moyang kita. Tumbuhan ini dikenal sebagai tumbuhan yang sangat tahan kekeringan  dan mudah berkembang biaknya.

Ads

Menurut sejarahnya tanaman jarak berasal dari Afrika, pada masa 4.000 tahun sebelum Masehi (SM). Bijinya sering ditemukan di makam-makam Mesir yang kemudian dibudidayakan oleh Raja Firaun. Berawal dari negara Mesir, kemudian tanaman ini menyebar sepanjang Mediterania dan diseluruh wilayah Asia beriklim tropis.

Tanaman jarak merupakan tanaman liar dan umumnya dapat dijumpai di hutan, tanah kosong, di daerah pantai. Namun, tanaman ini juga dapat dibudidayakan dalam perkebunan. Pohon Jarak termasuk dalam jenis tanaman perdu, memiliki daun tunggal menjari antara 7-9, berdiameter 10-40 cm.

Jenis Pohon Jarak

Tanaman ini tidak hanya memiliki satu jenis saja. Di Indonesia ada beberapa jenis pohon jarak yang sering ditemui:

  • Jarak Pagar

Jarak Pagar
Jarak Pagar © paktanidigital.com

Memiliki nama latin Jatropha curcas. Tanaman jenis ini merupakan yang paling populer di Indonesia. Bahkan pohon jarak jenis ini memiliki sebutan yang berbeda-beda di setiap wilayah Indonesia. Bagi kalangan masyarakat Sunda dikenal dengan nama jarak budeg, di Jawa dikenal jarak pagar, di Madura dikenal dengan istilah kalkhe paghar, sedangkan bagi masyarakat Sulawesi dikenal sebagai jarak wolanda, jarak bindalo, jarak bintalo, dan di Maluku pohon jarak dikenal sebagai kadoto.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Ciri dari tanaman jenis ini yaitu mempunyai batang yang kokoh. Batang kayunya bulat serta mengandung banyak getah, daunnya tunggal, lebar, menjari, dan berlekuk-lekuk sebanyak 3—5 buah. Bunganya berumah satu dan uniseksual, kadang—kadang ditemukan bunga hermaprodit, yang berwarna kekuningan. Tanaman ini juga memiliki buah yang bulat halus, tidak memiliki bulu, dan bentuknya hampir sama dengan buah jambu. Buahnya ini ketika muda berwarna hijau dan ketika menua akan berubah menjadi kuning kecoklatan.

  • Jarak Kepyar/Kaliki

Jarak Kepyar
Jarak Kepyar © sijai.com

Meskipun masih satu jenis tanaman, akan tetapi pohon Jarak Kepyar atau Kaliki berbeda dengan jarak pagar. Tanaman jenis ini banyak ditemukan di pinggiran pantai atau hutan liar. Lainnya di sisi batang, daun, bunga hingga buahnya lebih mirip seperti tumbuhan singkong. Bahkan buahnya sangat mirip dengan buah rambutan kecil. Jarak Kepyar ini banyak ditemukan di daerah pantai yang masih sangat asri, terutama pada daerah pedesaan yang lingkungannya masih belum terjamah.

  • Jarak Wulung

Jarak Wulung
Jarak Wulung © kinisehat.com

Jika banyak pohon jarak berasal dari Afrika, maka tanaman jenis wulung ini berbeda berasal dari Amerika Serikat. Pohon jarak wulung mempunyai batang yang berkayu, bulat, warnanya kecokelatan. Daun ketika muda memiliki warna keunguan dan daun tua berwarna ungu kecokelatan. Dari sisi buah hampir mirip dengan pohon jarak pagar hanya saja lebih kecil dan dalam biji buah jarak wulung banyak mengandung minyak. Tanaman jenis ini dapat kita temui tumbuh di daerah yang terkena sinar matahari langsung seperti di tepi jalan, pekarangan rumah, atau di pinggir lapangan rumput.

  • Jarak Bali

Jarak Bali
Jarak Bali © herbal.izulthea.com

Jenis lain dari jarak yaitu jarak bali atau biasa disebut juga sebagai jarak hias. Bentuknya yang menarik seperti bunga hias menjadikan tanaman itu banyak ditemui dalam pot dan menjadi tanaman hias di kalangan masyarakat.

Pohon jarak jenis ini memiliki pangkal batang yang mirip umbi. Daunnya pun bertangkai dan panjangnya sekitar 20—30 cm, bunganya berwarna merah oranye, bermata rantai bunga jantan, dan betina tumbuh dalam satu tangkai. Buahnya berbentuk elips, berkendaga tiga, panjang 1,5 cm, bijinya berbentuk bulat, lonjong.

Manfaat Pohon Jarak

Nah itu lah beberapa jenis jarak yang ada serta sering ditemui di Indonesia. Setelah kita tahu akan jenis jenisnya, ternyata jarak juga mempunyai manfaat yang besar. Bahkan tahun 2007 lalu biji jarak dianggap bisa menjadi sebuah sumber energi. Selain itu, ada beberapa manfaat besar yang bisa didapat dari jarak, diantaranya:

  • Bidang Kesehatan

Minyak Jarak
Khasiat Minyak Jarak © doktersehat.com

Minyak jarak yang dihasilkan melalui bijinya ini biasa diresepkan sebagai obat minum untuk merangsang buang air besar. Dalam buku-buku kuno, minyak ini dikenal dengan nama minyak kastroli. Minyak kastroli secara umum digunakan untuk menyuburkan rambut. Penelitian terakhir di bidang medis menunjukkan racun dari biji jarak juga mempunyai potensi untuk obat pembasmi sel-sel kanker.

Selain itu, jarak juga bisa menyembuhkan keputihan pada lidah bayi. Untuk mengatasi keputihan pada lidah bayi kita bisa memanfaatkan getah daun jarak pagar. Dengan mengoleskan getah yang ada pada daun ke lidah bayi maka keputihan akan keluar bersama air liur selain itu getah ini mampu menyembuhkan sariawan pada manusia. Caranya dengan mengoleskan getah daun jarak pagar langsung di bagian bibir yang sedang sariawan. Hasilnya tinggal ditunggu waktu saja.

  • Bidang Pertanian

Risin Tanaman Jarak
Risin Dibalik Manfaat Tanaman Jarak © smk3ae.wordpress.com

Jarak merupakan sebuah tanaman yang tergolong beracun. Terutama jarak kaliki, bijinya yang mengandung racun berbahaya dinamai ricin. Sepanjang sejarah ricin dikenal sebagai racun pembunuh yang sangat ampuh sebab bisa digunakan untuk membunuh. Membunuh dalam hal ini maksudnya dalam bidang dunia pertanian sebagai pestisida alami. Jika dibandingkan dengan pestisida sintesis, pestisida dari jarak memiliki banyak keunggulan diantaranya bisa  dibuat sendiri, murah, dan dapat terurai di alam.

  • Bidang Lingkungan

Daun Tanaman Jarak
Tanaman Jarak © thegorbalsla.com

Pohon jarak pagar merupakan tanaman yang sangat cocok jika ditanam di lahan kering. Hal tersebut menjadikan tanaman ini bisa dimanfaatkan guna memperbaiki kembali lahan kritis, menghijaukan kembali hutan yang gundul serta menunjang pelbagai usaha konservasi lahan.

Jenis tanaman ini, dapat ditanam di lahan kering dan miring, karena akar jarak pagar yang dapat menutupi permukaan dan mencengkram tanah dan efektif menyimpan air sehingga dapat mencegah terjadinya erosi. Contoh dari pemanfaatan ini yaitu oleh para petani di lahan pasir Pantai Samas Yogyakarta. Mereka menanam sebagai batas petak lahan, selain itu pohon jarak dianggap berfungsi melindungi tanaman dari hempasan angin dari laut yang bercampur pasir.

  • Bidang Industri dan Otomotif

Manfaat Jarak untuk Otomotif
Jarak untuk Bidang Otomotif © homedepot.com

Siapa menyangka bahwa minyak kastroli sebagai hasil dari jarak dapat dipakai sebagai campuran dalam pembuatan sabun, lotion, produk-produk kosmetik, cat, dan plastik. Minyak kastroli atau castro oil dapat juga dipakai sebagai pelumas kendaraan bermotor. Merk dagang yang sangat terkenal dan menggunakan minyak ini yaitu Castrol. Nama Castrol sendiri diambil dari castro oil sebagai komponen utamanya.

  • Bidang Bahan Bakar

Jarak untuk Bahan Bakar
Proses Biji Jarak menjadi Bahan Bakar © jatropha-expedition.blogspot.com

Pada tahun 2007 lalu, biji jarak pernah viral karena dianggap mampu menjadi bahan bakar alternatif. Namun seiring berjalannya waktu, program bahan bakar alternatif ini menjadi isapan jempol belaka dan hilang di tengah jalan.

Ada beberapa alasan mengapa jarak dianggap bisa menjadi bahan bakar alternatif. Biji jarak pagar mengandung rendemen minyak nabati sebesar 35-45%. Minyak dari biji jarak pagar dihasilkan dari daging buah 75% dan kulit sebesar 25%. Minyak jarak pagar mengandung trigliserida sebesar 94%. Minyak mentah jarak pagar dapat langsung digunakan setelah melalui tahap ekstraksi. Biasanya digunakan sebagai pengganti atau dicampur dengan minyak tanah untuk menghasilkan api.

Kemudian, minyak jarak pagar dapat digunakan pada kompor minyak, lampu petromaks, dan lampu tempel. Minyak jarak yang diesterifikasi dengan menggunakan metanol dapat digunakan sebagai bahan pengganti solar (biodiesel). Biodiesel hasil pengolahan minyak jarak pagar memiliki kelebihan dibandingkan dengan solar. Biodiesel memiliki nilai setana yang lebih tinggi sehingga pembakaran sempurna dan biodiesel ini ramah lingkungan. Sebab inilah jarak pernah diburu dan populer pada satu dekade lalu.

Beberapa fakta di atas merupakan manfaat dari pohon jarak yang sering kita jumpai. Semoga dari tulisan ini mampu menambah khazanah pengetahuan tentang jenis tanaman di Indonesia dan membuat kita menyadari bahwa tanah kita ini sangatlah kaya sehingga harus dioptimalisasi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

Penulis: Ajie Prasetya

Referensi:

https://www.liputan6.com/citizen6/read/2669415/jarak-pagar-tanaman-yang-bisa-jadi-obat-sekaligus-racun-mematikan

https://www.greeners.co/flora-fauna/tanaman-jarak-biofuel-gagal-berkembang/

https://www.pertanianku.com/jenis-pohon-jarak-yang-perlu-anda-ketahui/

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!

Enable Notifications    Ok No thanks