Selayang Pandang Pohon Ramin

Gambar 1. Hutan
Gambar 1. Hutan rimbakita.com

Hutan merupakan salah satu kekayaan alam yang ada sebagai pendukung ekosistem lingkungan di Indonesia, misalnya dengan keberadaan hutan tropik basah dataran rendah yang memiliki keragaman jenis tersebar di Pulau Kalimantan. Hal tersebut merupakan salah satu komponen hasil dari adanya ruang tumbuh yang memadai di Kalimantan. Ruang tumbuh merupakan salah satu komponen yang dibutuhkan tumbuhan untuk tumbuh dan berkembangbiak. Hutan rawa gambut merupakan salah satu hutan rawa di Kalimantan yang keberadaannya semakin mengkhawatirkan dengan adanya konversi lahan hutan untuk dijadikan wilayah perkebunan serta akibat adanya penebangan hutan secara liar dan besar-besaran. Hal tersebut tentunya membawa dampak buruk bagi ekosistem termasuk tumbuhan yang tinggal di hutan rawa gambut tersebut. Tahukah kamu salah satu jenis tanaman di hutan rawa gambut sudah dinyatakan hampir punah? Ya, pohon ramin. Mau tahu jenis tanaman apa itu? Yuk, telusuri bersama!

Ads

Pohon Ramin

Pohon atau tanaman ramin (Gonystylus bancanus) merupakan salah satu jenis tanaman yang selalu hijau dan membutuhkan intensitas cahaya yang cukup tinggi, sedangkan dalam kondisi masih muda akan membutuhkan dalam intensitas sedang. Berdasarkan laporan dari IUCN (International Union for Conservation of Nature and Natural Resources) pada tahun 1994 telah menetapkan tanaman ramin kedalam kategori kritis atau sudah terancam punah (critically endangered). Hal ini diperkuat dengan dimasukkannya pohon ramin ke dalam daftar CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of Wildlife Fauna and Flora). Selain di Kalimantan Tengah pohon ramin juga dapat ditemukan di Sumatera Barat bahkan beberapa terdapat juga di Semenanjung Selatan dan Serawak, Malaysia serta wilayah pesisir rawa di Brunei Darussalam.

Taksonomi

Klasifikasi tanaman ramin secara taksonomi dapat dijelaskan sebagai berikut:

Kingdom : Plantae

Divisi : Magnoliophyta

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Kelas : Magnoliopsida

Ordo : Myrtales

Famili : Thymelaeaceae

Genus : Gonystylus

Spesies : Gonystylus bancanus

Morfologi

"Gambar

Pohon ramin memiliki daun yang berbentuk bulat lonjong atau oval seperti telur dengan ujung yang berlipat dengan warna hijau muda. Tulang daunnya berjumlah banyak tapi cenderung semu atau kurang nyata, daunnya sendiri termasuk dalam daun tunggal yang muncul secara berurutan dan bergantian. Buah dari pohon ini umumnya selalu terpecah tiga saat mulai merekah atau matang dengan bentuk sedikit bulat berukuran kurang lebih 4,5 cm dan rongga sekitar 3- cm. Buah pohon ramin cenderung kasar pada bagian permukaan. Batangnya berbentuk bulat dan berstruktur lurus dengan tinggi yang bisa mencapai 40-45 meter, batang bebas mencapai ketinggian 20-30 meter dengan percabangan. Diameter batangnya bagian bawah berkisar antara 60-120 cm. Dari kulit batang atau kambiumnya sering mengeluarkan getah yang gatal jika terkena kulit, sehingga  sering juga disebut kayu miang. Kayu hasil tebangan pohon ramin berwarna kuning dan akan berubah menjadi putih kekuning-kuningan hingga menjadi kering. Akar pohon ramin sering nampak keluar karena ukurannya yang cukup besar.

Habitat

Pohon ramin dapat banyak dijumpai pada daerah gambut maupun rawa dengan iklim tropis . Pohon ini cocok untuk tumbuh dan berkembang pada daerah dataran rendah, tepi sungai, rawa, maupun daerah campuran antara daerah gambut dan daerah rawa, hingga di daerah hutan tropis. Daerah pertumbuhannya juga biasanya merupakan daerah yang mendapat pengaruh dari adanya peristiwa pasang surut di daerahnya. Di hutan rawa pohon ramin cenderung tumbuh dengan kondisi iklim yang selalu basah dengan tanah yang tergenang oleh air gambut setebal 1-20 meter.

Manfaat

Gambar 3. Kayu Ramin
Gambar 3. Kayu Ramin

id.wikipedia.org

Kayu pohon ramin yang sudah kering tergolong dalam kategori awet (kelas awet V) yang mudah diserang bubuk kayu basah dan juga oleh jamur biru, namun juga mudah untuk diawetkan kembali. Karena karakteristik kayunya yang awet dan mudah diawetkan serta memiliki tekstur halus dan corak yang indah sehingga kayu ramin banyak dimanfaatkan dalam komoditas perdagangan. Manfaatnya sangat beragam mulai dari sebagai bahan konstruksi ringan bagian bawah atap, mebel, kayu lapis, jendela dan muka pintu, moulding hingga dijadikan sebagai wewangian dan obat (kayu yang memiliki kandungan gaharu). Spesies kayu ramin yang banyak dimanfaatkan sebagai obat-obatan adalah jenis kayu ramin yang menghasilkan sejenis kayu aloe (sering disebut kayu gaharu buaya maupun walau jarang) dan sering digunakan sebagai obat asma. Kayu ramin juga banyak digunakan dalam desain interior bangunan, kerajinan tangan dan perabotan rumah tangga misalnya sebagai flooring, panel dinding, pigura bahkan hingga menjadi gagang sapu. Tingkat permintaan masyarakat akan kayu ramin juga cukup tinggi dan tidak hanya terdistribusi di Indonesia melainkan mencapai ke wilayah Asia Tenggara, Amerika Serikat, Jepang, China, Taiwan, Italia bahkan hingga diekspor ke Inggris.

Banyak sekali kan manfaat dari pohon ramin bagi kehidupan manusia? Sayangnya keberadaannya kurang dilestarikan dan dimanfaatkan dengan bijaksana oleh manusia sekarang. Karena kamu sudah mengenalnya, yuk lestarikan bersama-sama!

 

Penulis: Ivena Christie

Referensi Literatur

Hardi TW, Teguh. 2007. Ramin, Primadona Kehutanan Yang Rentan Kepunahan (Ramin, Endangered Idol Forest Tree Species). Balai Besar Penelitian Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan: INFO TEKNIS Vol 5 N0. 1.

Heriyanto, N.M., dkk. 2006. Ekologi dan Potensi Ramin (Gonystylus bancanus Kurz.) di Kelompok Hutan Sungai Tuan-Sungai Suruk, Kalimantan Barat. Pusat Litbang Hutan dan Konservasi Alam: Bogor.

Rimbakita.com (n.d.). Pohon Ramin – Morfologi, Sebaran, Manfaat & Budidaya. Retrieved on January 21, 2021, from https://rimbakita.com/pohon-ramin/

Referensi Gambar

[1] https://rimbakita.com/pohon-ramin/ 

[2] https://www.mongabay.co.id/2015/08/03/selama-kemarau-ada-juga-lokasi-gambut-yang-tidak-terbakar-di-kabupaten-oki/ 

[3] https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Berkas:Ramin_bark.jpg&filetimestamp=20140505035150&

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak! 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!