Seram! Inilah 5 Makhluk Penghuni Laut Dalam yang Mengerikan

Laut dalam merupakan bagian yang berada di kedalaman samudera yang mencapai lebih dari 1.800 meter. Sinar matahari yang sudah tak mampu lagi menembus kedalaman air sudah menjadi pertanda betapa dalamnya makhluk-makhluk laut ini tinggal. Tekanan air yang sangat kuat dengan mudah membuat beda yang sangat padat menjadi gepeng dan hancur, bayangkan apalagi manusia. Makhluk-makhluk yang ada di bagian laut dalam seringkali dianggap seram, unik, dan aneh. Bentuk mereka yang seperti itu dikarenakan adaptasi mereka dengan kondisi laut dalam yang sangat ekstrem. Dilansir dari berbagai sumber, seperti inilah foto dan penjelasan 5 makhluk penghuni laut dalam yang mengerikan dan memukau.

Ads

Fangtooth

makhluk laut dalam seram
Ilustrasi makhluk laut dalam mengerikan ikan Fangtooth / earthnworld

Fangtooth  adalah ikan terdalam yang pernah ditemukan. Mereka bisa bertahan 5.000 meter di bawah permukaan laut. Tekanan pada titik itu 500 kali lipat dari tanah. Gigi mereka yang proporsional dengan ukuran tubuhnya membuat mereka menjadi salah satu makhluk laut dalam yang menakutkan. Spesies ini termasuk dalam keluarga Anoplogastridae dan dikenal sebagai kerabat dekat ikan. Salah satu makhluk laut dalam memiliki gigi terkuat dan terbesar di antara semua varietas ikan sesuai dengan ukurannya dan dikenal sebagai ikan hidup terdalam yang pernah ditemukan. Berbicara mengenai penampakannya, kepala dan mulut ikan ini sangat besar dan kepalanya terdiri dari banyak rongga lendir.

Matanya yang berwarna hitam gelap dan ukurannya relatif lebih kecil. Mata-mata tersebut  memiliki fungsi untuk mendeteksi pergerakan dan getaran di lautan. Mereka suka berkembangbiak di lautan dengan suhu tropis dan sedang. Ia bisa mencapai kedalaman 5000 meter dan karenanya merupakan salah satu makhluk hidup spesies terdalam di dunia. Fangtooth pada umumnya menghindari sinar matahari dan hanya pergi ke permukaan laut pada malam hari. Meskipun penampilannya mengerikan, spesies ini tidak berbahaya bagi manusia. Fangtooth memiliki sisik pada kulitnya yang berbentuk seperti piring. Siripnya kecil dan tidak bertulang. Fangtooth memangsa ikan Tuna, Marlin dan beberapa spesies hiu.

Rupa Fangtooth terlihat sangat mengerikan dengan warnanya yang hitam pekat dan matanya yang sangat gelap. Fangtooth kerap kali disebut sebagai ikan zombie yang pastinya akan dijauhi oleh manusia (Biantoro, 2015 ).

 

Humpback Anglerfish

makhluk dalam seram
Ilustrasi makhluk laut dalam mengerikan Humpback Anglerfish / wallpaperflare

 

Humpback anglerfish adalah salah satu makhluk laut dalam yang memiliki penampilan menakutkan. Lihat saja gambarnya sekali. Ikan anglerfish hidup hingga 2000 m di bawah laut. Mereka biasanya menyalakan cahaya dari antena yang ada di kepalanya untuk menarik mangsa- mangsanya. anglerfish adalah salah satu hewan bercahaya di bumi. Humpback anglerfish termasuk ke dalam keluarga Melanocetidae dan juga dikenal sebagai setan hitam bungkuk dan anglerfish Johnson. Mereka terlihat di semua samudra di dunia dan memiliki antena yang tampak aneh di kepala mereka yang membantu mereka menemukan mangsanya..

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Salah satu makhluk laut dalam muncul dengan mulut besar dan tubuh yang fleksibel. Mereka bisa menelan mangsa yang ukurannya dua kali lipat. Berbicara tentang penampakannya, spesies ini berwarna abu-abu hingga coklat tua dan memiliki kepala berukuran besar dengan mulut berbentuk bulan sabit besar dengan gigi tajam yang tembus pandang. Bisa tumbuh hingga ukuran 1 meter. Humpback anglerfish betina jauh lebih besar dari spesies jantan. Dengan mempunyai mulut yang besar, ia bisa dengan sigap menerkam segala mangsa yang ada di hadapannya (Dunia Air, 2015).

 

Gurita Cincin Biru

makhluk laut dalam seram
Ilustrasi makhluk laut dalam mengerikan Gurita Cincin Biru / unsplash

 

  Gurita cincin biru adalah salah satu makhluk laut dalam yang paling berbahaya dan menakutkan yang ditemukan di laut. Racun gurita cincin biru sangat kuat dan mematikan. Salah satu jenis yang disebut Glass Octopus terdaftar sebagai hewan transparan di planet bumi. Mereka kebanyakan ditemukan di Samudra Pasifik dan Hindia dan dikenal sebagai salah satu hewan paling beracun. Ukuran gurita cincin biaru bervariasi, mulai dari 12 hingga 20 cm.

Gurita  cincin biru dapat tumbuh hingga ukuran 20 cm dan gigitannya dapat menyebabkan kelumpuhan pada otot-otot tubuh manusia dan dapat dengan mudah membunuh mereka. Spesies ini suka memakan mangsa seperti krustasea dan ikan, namun untuk menangkap mangsanya mereka akan menggigitnya untuk menyuntikkan racun dan terkadang hanya mengeluarkan air liur di dalam air dan menunggu hingga racun tersebut melumpuhkan korbannya. Gurita cincin biru merupakan salah satu objek makhluk laut dalam yang banyak terlihat di pantai berbatu dari Australia hingga Jepang.  Bagi yang terkena oleh racun ini, disarankan oleh dokter untuk segera mendapatkan udara sebanyak-banyaknya. Mereka juga harus mendapatkan CPR sebelum dilarikannya ke rumah sakit rujukan (Basoni, 2020 ).

 

Hiu Goblin

ikan seram
Ilustrasi Hiu Goblin / earthnworld

 

Salah satu hewan terjelek di dunia, Hiu goblin juga disebut sebagai “fosil hidup” dan termasuk dalam keluarga Mitsukurinidae. Hiu goblin hidup hingga kedalaman 1.300 kaki di dalam laut. Mereka sangat menakutkan karena bisa melepaskan seluruh mulutnya dari tubuh untuk mendapatkan mangsanya. Mereka bisa tumbuh hingga 3,5 m dan suka berburu ikan teleost, cephalopoda, dan crustacea. Berbicara soal penampilan, mereka memiliki tubuh yang lembek dengan sirip kecil dengan gigi mirip paku. Ini sangat berbeda dari hiu lain dalam hal penampilan dan mungkin hiu paling kuat dan paling jelek di lautan.

 

Hiu goblin sangat jarang terlihat di lautan dalam dan merupakan satu-satunya anggota keluarga Mitsukurindae yang bertahan, sisanya punah dan terkadang disebut sebagai “fosil hidup”. Secara ilmiah dikenal dengan nama Mitsukurina Owstoni karena spesimen pertama telah dilihat di pantai Jepang pada tahun 1898 oleh seorang naturalis bernama Alan Owston. Mereka memiliki penampilan yang kemerah-merahan terkadang merah ketika sudah tua karena pembuluh darahnya dapat terlihat melalui kulitnya, namun warna merah di dalam yang terlihat berwarna hitam dan membantu mereka dalam menangkap mangsa. Kemampuan hiu Goblin saat memangsa hewan juga dipengaruhi oleh moncong panjang yang dimilikinya sebagai alat penghancur hewan-hewan laut lain (Variella, 2020). 

 

Cumi-cumi Raksasa

ikan seram
Ilustrasi Cumi-cumi raksasa menyerang paus / phys.org

 

Cumi-cumi raksasa berukuran sangat besar karena dapat tumbuh hingga 14 m. Mereka setara dengan ukuran gedung lima lantai. Mereka menakutkan karena diyakini memakan ikan paus kecil. Masalahnya adalah paus kecil sebenarnya tidak terlalu kecil. Cumi-cumi raksasa termasuk dalam keluarga Architeuthidae. Jantan dapat tumbuh hingga 14m sedangkan betina dapat tumbuh hingga 10m. Gambar pertama cumi-cumi raksasa telah diambil oleh para peneliti Jepang di habitat aslinya dan diyakini bahwa banyak spesies cumi-cumi raksasa yang mendiami wilayah tersebut berdasarkan penelitian genetik, namun, hanya sisa satu spesies yang ada. Spesies cumi-cumi terbesar yang diketahui dapat dilihat di semua samudra di seluruh dunia, namun hingga saat ini, mereka hanya ditemukan di Teluk Meksiko, Laut Jepang, Samudra Pasifik, Hawaii, samudera selatan, dan California (Cary, 2019) .

 

Salah satu makhluk laut dalam terbesar dan berbahaya, cumi-cumi raksasa yang dapat tumbuh hingga 59 kaki panjangnya menjadikannya salah satu hewan terbesar di planet ini. Beratnya sekitar satu ton dan betina biasanya lebih besar dari jantan. Bisa dibayangkan seukuran cumi-cumi raksasa karena bisa sepanjang bus sekolah. Berbicara tentang penampilan, ia memiliki kepala besar dengan delapan lengan dan dua tentakel yang digunakan untuk menangkap mangsanya. Selain itu, mereka memiliki rahang yang kuat mirip dengan paruh burung beo. Spesies ini suka memakan cumi-cumi, ikan, dan udang lain. Cumi-cumi raksasa memiliki  8 lengan dan 2 tentakel yang panjang (feeding tentacles) yang digunakan untuk memudahkan mereka mengambil makanan. Seperti hewan dari kelas Cephalopoda pada umumnya, cumi-cumi raksasa juga mempunyai paruh di mulutnya yang berguna untuk memotong makanan mereka (Writer, 2018).

Penulis : Dhevin Mulya Rayhan 

 

Referensi Literatur

 

Basoni, S. (2020 , Des 07 ). Hati-hati! Makan Gurita Ini Bisa Tewas dalam Hitungan Menit. Retrieved from Food Detik: Diakses pada 25 Februari 2021, dari https://food.detik.com/info-kuliner/d-5284192/hati-hati-makan-gurita-ini-bisa-tewas-dalam-hitungan-menit

Biantoro, B. (2015 , Desember 2 ). 5 Ikan berwajah paling seram di dunia, mirip hewan mitos! Retrieved from Merdeka: Diakses pada 25 Februari 2021, dar https://www.merdeka.com/teknologi/5-ikan-berwajah-paling-seram-di-dunia-mirip-hewan-mitos.html?page=2

Cary, Z. (2019, November 21). Top 20 Most Terrifying Deep Sea Creatures. Retrieved from Earth and World: Diakses pada 25 Februari 2021, dari https://earthnworld.com/deep-sea-creatures/

Dunia Air. (2015, 12 03). Ikan Anglerfish, Si Monster Laut dari Kedalaman. Retrieved from Duniaair.com: Diakses pada 25 Februari 2021, dari https://duniaair.com/ikan-anglerfish-si-monster-laut-dari-kedalaman/

Variella, A. (2020, Maret 03). 7 Fakta Hiu Goblin, Punya Moncong Panjang dan Bentuk Unik! Retrieved from IDN Times: Diakses pada 25 Februari 2021, dari https://www.idntimes.com/science/discovery/aisha-variella-f/fakta-hiu-goblin-c1c2/6

Writer, A. C. (2018, April 22). Seberapa Besar Sih, Ukuran Cumi-Cumi Raksasa? Retrieved from IDN TIMES: Diakses pada 25 Februari 2021, dari https://www.idntimes.com/science/discovery/ari-cipta-gunawan/ukuran-cumi-cumi-raksasa-seberapa-besar-c1c2/3

 

Referensi Gambar

https://earthnworld.com/deep-sea-creatures/

https://c4.wallpaperflare.com/wallpaper/207/928/978/humpback-anglerfish-wallpaper-preview.jpg

https://unsplash.com/photos/tFBjYVy9CwQ

https://news.cgtn.com/news/3d3d414d3559444f7a457a6333566d54/share_p.html

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak! 

 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!