SKINOIA untuk Hijaunya Bedono, Demak

Tidak ada wanita yang tidak ingin tampil cantik. Mereka akan selalu mencari cara untuk tampil cantik dengan menggunakan berbagai produk kecantikan, diet ketat, obat-obatan, hingga operasi. Akan tetapi, tidak semua cara ini aman dilakukan untuk kesehatan manusia dan lingkungan. Terdapat banyak bahan kimia sintetis, seperti mikroplastik dan paraben, dalam produk kecantikan yang membawa dampak lingkungan dan kesehatan. Mikroplastik pada banyak produk kecantikan sangat mudah diserap oleh tubuh yang tentunya akan mengancam kesehatan manusia. Selain itu, produksi produk kecantikan ini seringkali menghasilkan limbah yang dapat merusak ekosistem. Sadar akan realita ini, banyak individu mengambil langkah untuk mengeluarkan produk kecantikan yang ramah lingkungan, tidak terkecuali di Indonesia. SKINOIA hadir di Indonesia sebagai jawaban dari permasalahan lingkungan dan kesehatan yang ada. 

Ads

Cantik Alami Bersama SKINOIA

SKINOIA merupakan produk kecantikan berupa skincare dan kosmetik lokal yang berbahan dasar alami dan nontoksik dengan kualitas tinggi. Sadar atau tidak, ada banyak produk kecantikan di Indonesia yang menggunakan bahan dasar yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Walaupun banyak dari produk ini yang telah ditarik oleh BPOM, masih banyak yang bertebaran di seluruh pelosok Indonesia. Inilah yang membuat banyak wanita ragu untuk membeli produk kecantikan lokal dan lebih memilih menggunakan produk impor. Realita ini mendorong SKINOIA untuk mengeluarkan produk kecantikan yang aman bagi kesehatan dan lingkungan. Setiap bahannya dipilih dengan saksama dengan memperhatikan kealamian, kebersihan, dan kualitasnya. Selain itu, mereka selalu memastikan bahwa tidak ada uji coba hewan (cruelty free dan vegan friendly) dan terdapat sertifikat BPOM pada setiap produk yang dijual. Pembaca yang tertarik mengenal lebih jauh atau membeli produk SKINOIA dapat melihatnya melalui akun Instagram @skinoia.id, Tokopedia, Shopee, dan Beauty Studio.

Akun Instagram SKINOIA
Akun Instagram SKINOIA

Kampanye Alam “SKINOIA untuk Hijaunya Bedono, Demak”

Selain menyediakan produk kecantikan yang aman bagi lingkungan dan kesehatan, SKINOIA turut serta dalam aksi pelestarian lingkungan. Melalui website khusus LindungiHutan, ia membuka penggalangan dana untuk umum sebesar Rp 10.000/pohon dalam upaya pelestarian lingkungan. LindungiHutan kemudian akan menyebarkan informasi kampanye alam ini melalui akun sosial medianya untuk mengajak masyarakat Indonesia, terutama pengguna produk kecantikan, untuk terlibat dalam usaha pelestarian lingkungan. Selain itu, SKINOIA memutuskan untuk menyisihkan sebagian profit penjualan produk dalam beberapa bulan untuk membeli bibit mangrove demi kesuksesan kampanye ini. Semua ini dilakukan atas kesadaran SKINOIA terhadap tingginya intensitas limbah kosmetik berupa plastik dan bahan kimia di dalamnya yang dapat meracuni ekosistem maritim dan mengancam keberlangsungan alam, serta keresahannya akan kerusakan lingkungan yang terjadi di pesisir Desa Bedono, Demak.

Kampanye Alam SKINOIA
Kampanye Alam SKINOIA

Desa Bedono mengalami kerusakan alam yang sangat parah dalam beberapa tahun terakhir yang menyebabkannya semakin hilang tertelan ombak. Desa ini mengalami abrasi dan banjir rob tiap tahunnya yang kian lama kian menenggelamkan lahan desa. Hal ini semakin diperparah dengan perubahan iklim yang drastis, rusaknya hutan mangrove sebagai pelindung pesisir, dan banyaknya limbah plastik di laut. Limbah ini sering hanyut dan menumpuk di pesisir pantai yang dapat merusak pemandangan. Akibatnya, desa ini menjadi tidak layak dihuni dan banyak penduduk desa yang memutuskan untuk pindah demi keselamatan mereka. Akan tetapi, keluarga Mak Jah memutuskan untuk tetap tinggal di desa ini karena tuntutan ekonomi. Walaupun hidup dalam kondisi seperti itu, keluarga Mak Jah menolak dikasihani dan berjuang bertahan hidup dengan mengusahakan sumber daya yang ada di sekitar mereka. Realita menyedihkan ini mendorong SKINOIA untuk melanjutkan kampanye yang sebenarnya telah selesai pada 23 Januari 2021 yang lalu. Mereka merasa usaha yang mereka lakukan ini masih kurang dalam mengatasi permasalahan yang ada.

Baca lainnya: Manfaat Daun Kelor, Apakah Baik Untuk Tubuhmu?

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Mari Lestarikan Lingkungan!

Alam memiliki peran yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Melalui berbagai tumbuhan dan alga, alam menyediakan oksigen, menjernihkan air, dan menyediakan sumber makanan yang sangat penting bagi manusia. Ambil saja mangrove sebagai salah satu contohnya. Mangrove memiliki peran penting dalam melindungi pesisir dari dampak abrasi, menjadi habitat biota laut, menjernihkan air, menyerap bahan kimia berbahaya dan logam berat, serta menyediakan oksigen melalui proses fotosintesis. Tanpa adanya hutan mangrove atau hutan pesisir yang sehat di pesisir pantai, maka daerah pesisir akan mengalami abrasi yang sangat dan kian lama kian tenggelam. Inilah salah satu alasan harus dilindungi dan dilestarikannya alam bagi kehidupan manusia. Jika alam tidak dilindungi, maka bencana alam semakin marak terjadi dan akan muncul kelangkaan sumber daya alam. 

Produk Kecantikan Mengancam Ekosistem Maritim
Produk Kecantikan Mengancam Ekosistem Maritim

Alam merupakan pelindung dan penstabil kehidupan, tanpanya, akan terjadi banyak bencana alam dan kelangkaan sumber daya. Ambil saja bencana banjir dan tanah longsor yang marak terjadi di Indonesia. Hutan memiliki peran penting sebagai penahan tanah, penjernih air, dan penyerap air yang berlimpah. Tanpa adanya ekosistem hutan yang baik akibat penebangan liar dan kebakaran hutan, maka tidak ada vegetasi yang menahan tanah saat hujan badai datang melanda dan menyerap limpahan air hujan yang melimpah. Akibatnya, material tanah, batu, dan air akan turun ke daerah pemukiman warga dan merenggut nyawa manusia. Selain itu, alam merupakan penyedia berbagai sumber daya yang diperlukan manusia untuk bertahan hidup, seperti oksigen, air bersih, dan makanan. Oleh karena itu, semakin tinggi polusi dan limbah yang mencemari alam, maka akan ada kelangkaan air bersih, bencana kelaparan, perubahan iklim yang drastis, dan meningkatnya volume CO2 di atmosfer.

Seperti yang kita ketahui, banyak produk kecantikan yang dapat mengancam kesehatan dan keberlangsungan hidup manusia. Oleh karena itu, kita sebagai pengguna harus bijak memilih produk yang aman digunakan, seperti produk SKINOIA. Selain itu, kita harus mengambil aksi nyata pelestarian lingkungan dengan mengubah kebiasaan buruk kita, seperti membuang sampah sembarang dan menggunakan produk sekali pakai, serta ikut terlibat dalam perubahan lingkungan melalui berbagai kampanye alam yang ada. Ini bumi kita. Ini rumah kita. Kalau bukan kita, siapa lagi?

 

Penulis: Jeannette Sharon

Dikurasi oleh: Citra Isswandari Putri

 

Referensi Literatur

Are Cosmetics Bad For The Environment? (2019, January 20). Botanical Trader. https://botanicaltrader.com/blogs/news/how-your-beauty-products-are-killing-coral-reefs-turtles-rainforests-more

LindungiHutan. (2020, September 23). SKINOIA untuk Hijaunya Bedono, Demak. https://lindungihutan.com/skinoia

Surattini, N. (2018, February 28). Pentingnya Menjaga Lingkungan Bagi Kelestarian Alam. Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan Pemerintah Kabupaten Buleleng. https://disperkimta.bulelengkab.go.id/artikel/pentingnya-menjaga-lingkungan-bagi-kelestarian-alam-94

Referensi Gambar

LindungiHutan. (2020, September 23). [Campaign]. LindungiHutan. https://lindungihutan.com/skinoia

[Photograph]. (n.d.). ASSESSA. https://assessa.com.br/en/the-environmental-impact-of-cosmetics/

SKINOIA. (n.d.). [Screenshot]. Instagram. https://www.instagram.com/skinoia.id/

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!