SNEAKON Lindungi Trimulyo, Semarang

Trimulyo, Semarang – SNEAKON, bekerja sama dengan LindungiHutan, berhasil menjalankan kampanye alam berupa penanaman bibit pohon mangrove di pesisir Trimulyo, Semarang yang mengalami abrasi sangat parah. Abrasi ini telah mengikis daratan, merusak ekosistem, dan menenggelamkan permukiman warga. Akibatnya, area pesisir ini kian lama kian tidak layak ditinggali. Selain itu, kerusakan ini meningkatkan risiko terjadinya berbagai bencana alam, seperti banjir, tsunami, tanah longsor, dan lain-lain. Tentunya, semua ini akan mengancam keberlangsungan hidup manusia, terutama bagi masyarakat yang hidup di area pesisir. Keadaan yang memprihatinkan inilah yang mendorong SNEAKON dan LindungiHutan untuk melakukan kegiatan penanaman di pesisir Trimulyo sebagai usaha untuk menanggulangi kerusakan lingkungan.

Ads

 

SNEAKON
Gambar 1 Kampanye Alam SNEAKON © LindungiHutan

Kegiatan kampanye yang diberi judul “SNEAKON Lindungi Trimulyo, Semarang” ini berhasil mengumpulkan dan menanam 705 bibit mangrove pada 20 Maret 2021 yang lalu. Kegiatan penanaman ini diharapkan dapat menanggulangi dan mencegah kerusakan yang terjadi di area pesisir tersebut. Untuk menyukseskan harapan ini, kegiatan penanaman dihadiri oleh tim LindungiHutan, Tripari, dan 3 anggota gabung aksi. 

Apa Itu SNEAKON?

SNEAKON merupakan sebuah brand lokal alas kaki dan aksesorisnya dari Bandung. Nama SNEAKON sendiri merupakan singkatan dari sneaker-slip-on. Inilah yang menyebabkannya sering kali disebut sebagai #sneakon2in1 shoes yang dapat digunakan dengan tali dan tanpa tali. Produk mereka didesain sesuai dengan tren yang ada sekarang ini dengan memperhatikan kenyamanan dan kebutuhan pengguna untuk mendorong masyarakat Indonesia, terutama generasi muda, untuk membeli dan menggunakan produk lokal. Semua informasi produk tersebut dapat ditemukan di akun Instagram @sneakon.id dan laman resmi SNEAKON. 

SNEAKON
Gambar 2 Akun Instagram SNEAKON © Instagram

Kampanye Alam SNEAKON

Pada saat yang sama, SNEAKON memiliki keinginan untuk membawa perubahan bagi Indonesia. Hal ini sesuai dengan moto mereka, yaitu “mulai dari yang kecil, mulai dari langkah kaki kita.” SNEAKON percaya bahwa perubahan dapat dimulai dari dalam diri kita dan mengambil langkah nyata perubahan. Selain itu, mereka juga sadar bahwa mereka sendiri tidak dapat membawa perubahan tersebut. Diperlukan partisipasi dari seluruh kalangan masyarakat untuk membawa perubahan besar bagi Indonesia ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu, SNEAKON mengajak seluruh kalangan masyarakat, terutama generasi muda sebagai penggerak perubahan, melalui media sosial mereka untuk mengambil langkah nyata perubahan. Ada banyak gerakan yang telah mereka mulai, seperti kampanye alam ini sebagai usaha mengurangi dampak kerusakan alam yang ada di Indonesia.

SNEAKON
Gambar 3 Penanaman Bibit Mangrove © Dokumentasi Tim LindungiHutan

 

SNEAKON sadar bahwa ada banyak kerusakan alam yang terjadi di Indonesia akibat dari bencana alam dan aktivitas manusia. Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk bekerja sama dengan LindungiHutan untuk menanggulangi masalah ini. Mereka membentuk sebuah kampanye alam berupa penggalangan dana dan penanaman bibit mangrove yang dimulai pada tanggal 1 Desember 2020 yang lalu. Mereka juga mengajak berbagai kalangan masyarakat, terutama generasi muda, untuk bergabung dan berkontribusi dalam upaya melestarikan bumi melalui jaringan media sosial mereka dan laman khusus LindungiHutan. SNEAKON juga memutuskan untuk menyisihkan sebagian dari profit penjualan mereka untuk membeli bibit pohon sebagai bentuk kontribusi mereka.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Pada akhir rangkaian kampanye alam ini, mereka berhasil menanam 705 benih mangrove jenis Rhizopora sp di pesisir Trimulyo. Setiap benih mangrove tersebut memiliki tinggi 60 cm dan diameter kurang dari 2 cm dengan kondisi yang baik. Kegiatan penanaman tersebut telah menghabiskan dana sebesar Rp7.050.000,00. Usaha ini diharapkan dapat memulihkan kondisi pesisir Trimulyo.

Langkah Kecil, Langkah Perubahan

Sadar atau tidak, moto SNEAKON menunjukkan bahwa kita bisa memulai sebuah perubahan melalui berbagai hal. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki dan mengubah suatu hal atau masalah yang ada di sekitar kita, seperti donasi, mengubah kebiasaan buruk, petisi, menanam pohon, dan lain-lain. Mungkin, apa yang kita lakukan sekarang ini kelihatan tidak memiliki dampak apapun, tetapi ada kemungkinan perubahan itu bisa kita lihat di kemudian hari. Pertanyaannya, kapan kita bisa memulainya?

Kita bisa memulai suatu perubahan kapan saja, selama masih ada waktu. Ada banyak masalah di dunia yang membutuhkan perhatian kita sekarang ini, salah satunya masalah lingkungan. Jika masalah lingkungan tidak segera diatasi, maka semakin banyak kerusakan lingkungan yang akan mengancam hidup manusia. Seperti yang kita ketahui, alam memiliki peran penting dalam hidup manusia dalam menyediakan segala hal yang kita butuhkan. Sayangnya, kerusakan alam  yang diakibatkan oleh manusia ini telah menghancurkan berbagai ekosistem yang ada. Akibatnya, semakin banyak masalah lingkungan yang ada, seperti kelaparan, kekeringan, kurangnya air bersih, kerusakan ekosistem, pemanasan global, dan lain-lain. Oleh karena itu, kita harus mengambil langkah perubahan demi melestarikan lingkungan dan keberlangsungan hidup manusia.

Hasil Penanaman Bibit Mangrove – Wanaswara
Gambar 4 Hasil Penanaman Bibit Mangrove © Dokumentasi Tim LindungiHutan

Kampanye alam yang dilakukan SNEAKON dan LindungiHutan merupakan salah satu contoh langkah perubahan yang dapat kita lakukan. Mereka memutuskan untuk menanam pohon mangrove di pesisir Trimulyo, mendorong masyarakat untuk berkontribusi, dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pelestarian lingkungan. Semua ini mereka lakukan untuk melindungi dan melestarikan alam Indonesia, terutama pada daerah yang mengalami kerusakan alam yang parah. Dengan memulihkan area pesisir Trimulyo yang rusak parah akibat abrasi, mereka memulihkan tidak hanya lingkungan, tapi juga masyarakat sekitar dan generasi berikutnya. 

Kita juga bisa menjadi agen perubahan seperti mereka. Kita bisa melakukannya dengan membuka mata dan telinga akan masalah yang ada di sekitar kita, serta memberanikan diri mengambil langkah nyata perubahan. Kita tidak harus memulainya dengan langkah besar. Kita dapat memulainya dengan langkah kecil, seperti berdonasi di LindungiHutan, mengubah kebiasaan buruk, menyebarkan informasi, dan lain-lain. Jadi, apa yang kita tunggu? Ayo mengambil langkah untuk perubahan demi masa depan yang lebih baik.

Penulis: Jeannette Sharon

 

Referensi Gambar:

LindungiHutan. (2020, December 1). [Campaign]. LindungiHutan. https://lindungihutan.com/sneakon

SNEAKON. (n.d.). [Screenshot]. Instagram. https://www.instagram.com/sneakon.id/?hl=en

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. 

Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!