Sosialisasi LindungiHutan Bengkulu Peringati HKAN

Sosialisasi Relawan LindungiHutan Bengkulu
Sosialisasi Relawan LindungiHutan Bengkulu untuk Memperingati HKAN (Dok. LindungiHutan)

LindungiHutan.com, Semarang. Dalam rangka memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2018, pada tanggal 9 Agustus lalu relawan LindungiHutan Bengkulu melakukan sosialisasi pentingnya konservasi di kalangan siswa/siswi sekolah. Pada kesempatan ini, dipilihlah SMAN 10 Kota Bengkulu sebagai lokasi kegiatan.

Ads

Konservasi merupakan suatu kegiatan pemeliharaan dan perlindungan sesuatu secara teratur untuk mencegah kerusakan dan kemusnahan dengan jalan mengawetkan, pengawetan, dan pelestarian. Hal ini dilakukan untuk keberlangsungan ekosistem yang berdampak positif bagi keberlanjutan lingkungan yang bersahabat.

Kerusakan alam yang begitu massif menyebabkan tuntutan terhadap konservasi semakin tinggi. Di Indonesia sendiri, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menetapkan Hari Konservasi Alam Nasional setiap tanggal 10 Agustus.

Selanjutnya : #lindungidiri dengan #dirumahaja

“Kami mengadakan sosialisasi pentingnya konservasi bagi lingkungan dalam rangka memperingati HKAN tahun ini dengan sasaran adik-adik pecinta alam SISPALA PASS di SMAN 10 Bengkulu ini supaya dari mereka akan tumbuh karakter konservasionis. Selain itu juga kami mengajak mereka berdiskusi mengenai isu-isu lingkungan yang terjadi di Bengkulu” kata Wulan Kusumaning Tias, selaku Koordinator Relawan LindungiHutan Bengkulu.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Yuk, Adakan Penghijauan di Daerahmu!

Bersama LindungiHutan, Menghijaukan Indonesia.

Relawan LindungiHutan dalam Aksi Sosialisasi Peringati HKAN
Relawan LindungiHutan dalam Aksi Sosialisasi Peringati HKAN (Dok.LindungiHutan)

Kegiatan yang dilaksanakan pada sore tersebut berjalan lancar. Diawali dengan perkenalan apa itu LindungiHutan dan relawan LindungiHutan Bengkulu oleh Wulan, kemudian acara dilanjutkan dengan materi yang dibawakan oleh Meta Khoiriyyah, salah satu relawan LindungiHutan Bengkulu.

“Adanya Hari Konservasi Alam Nasional menjadi salah satu pengingat bahwa alam kita sudah semakin rusak. Oleh sebab itu kiranya kita harus sudah mulai sadar dan berperilaku konservasionis” jelas Meta.

Antusias para siswa dalam memperhatikan materi maupun saat diskusi membuat acara yang berlangsung selama kurang lebih dua jam tersebut terasa cepat.

Keseruan Aksi Bersih Sampah Peringati HKAN
Keseruan Aksi Bersih Sampah Peringati HKAN (Dok. LindungiHutan)

Selanjutnya : Program Penghijauan Berkelanjutan untuk Indonesia

Selepas materi dalam kelas, diadakan aksi bersih sampah di lingkungan sekitar sekolah mereka. Dengan terbagi dalam beberapa kelompok, para siswa memunguti sampah plastik maupun kertas yang mereka temukan dan memasukannya ke dalam trashbag yang dibagikan panitia.

Terimakasih LindungiHutan Bengkulu!
Terimakasih LindungiHutan Bengkulu! (Dok.LindungiHutan)

Instruktur yang mendampingi siswanya mengaku puas dengan materi yang disampaikan. Mereka berharap kegiatan serupa diadakan lebih sering dengan materi tentang lingkungan yang lebih beragam. (Kika/LH Bengkulu)*

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di daerahmu. LindungiHutan juga berpartisipasi dalam membantu pencegahan COVID-19 yang saat ini sedang menjadi pandemi dunia. Dengan kampanye #lindungidiri pada link berikut https://covid19.lindungihutan.com/, bantuan donasi dan keuntungan produk akan disalurkan melalui Yayasan Gerakan Indonesia Sadar Bencana.

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!