Sosok Pendekar Reboisasi Hutan Mangrove, Brebes

Penghargaan Kepada Sosok Pendekar Reboisasi Hutan Mangrove
Penghargaan Kepada Sosok Pendekar Reboisasi Hutan Mangrove

Banjir Rob sering terjadi di Brebes, ketika mengunjungi kabupaten ini pada tahun 1995  rob menjadi salah satu langganan masyarakat disini. Ribuan hektare tambak warga sekitar hilang diterjang abrasi. Perekonomian warga yang bergantung pada budidaya perikanan telah terancam. Bagaimana dengan Hutan Mangrove yang berada di Brebes?

Ads

Tahun 2000, kondisi abrasi semakin parah, sejumlah rumah warga sudah tergenang air laut. Pak Mashadi pun mulai mengajak masyarakat untuk sadar atas kondisi lingkungan di sekitar tempat tinggal dan lahan nafkah mereka. Baru pada 2005, sejumlah warga menerima ajakan Mashadi untuk menyelamatkan tanaman garda terdepan dari daratan pantura Brebes itu.

Baca Lainnya : Melestarikan Hutan Indonesia bersama KUFPEC

Beruntung, masih ada segelintir orang yang mau mendengarkannya dan bersedia bergabung. Saat ini, sudah banyak warga yang mau berjuang bersamanya. Sejak itu, dinginnya lumpur dirasakan kaki ayah tiga anak itu setiap harinya. Beliau bertekad merehabilitasi hutan mangrove melalui penanaman bibit mangrove. Saat ini, sudah ada sebanyak 3,35 juta pohon mangrove yang ditanam di areal sekitar 210 hektare di wilayah pantai Brebes. Menurutnya, banyak manfaat yang diperoleh dari penyelamatan pesisir dengan mangrove. Terjaganya wilayah pesisir dari abrasi yang selalu mengancam lahan budidaya perikanan di pantura Brebes.

Kehadiran mangrove di pesisir Pantura Brebes itu juga ‘mengundang’ berbagai hewan, semisal burung, dan kura-kura. Hal itu jauh berbeda dengan abrasi yang menerjang daerah itu beberapa tahun lalu.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Baca Lainnya : Lembah Baliem, Lembah Eksotis Di Pegunungan Papua

Yuk, Adakan Penghijauan di Daerahmu!

Bersama LindungiHutan, Menghijaukan Indonesia.

Sang Pendekar Hutan Mangrove
Sang Pendekar Hutan Mangrove

Berbagai penghargaan yang diterima Mashadi bukan akhir dari perjuangannya. Ia ingin mengubah kehidupan masyarakat Brebes lebih baik. Perjuangannya pun masih berlanjut lantaran masih ada lahan yang belum ditanami mangrove. Ia menargetkan, lahan seluas 1.100 hektare yang terdampak abrasi akan kembali pulih dengan ditanami mangrove selama 35 tahun.

Sang Pendekar Mangrove dari Brebes dalam Sebuah Acara TV Nasional
Sang Pendekar Mangrove dari Brebes dalam Sebuah Acara TV Nasional

Kalau abrasi tidak ditangani, rob bisa sampai jalanan pantura. Jalan pantura bisa tenggelam 10 tahun lagi jika mangrove tidak dapat direhabilitasi. Saat ini, sudah banyak perusahaan dan donatur yang mau memberikan sumbangan pohon mangrove dan menanamnya. Pak Mashadi pun pernah di undah untuk acara  kick andy di Metro TV. (Pai)*

Source: Tribun Jateng, Cradio

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di daerahmu. Selain daerahmu, kamu  juga bisa membantu menghijaukan daerah lainnya di Indonesia lho!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!