Soul for Toli-Toli “Restoring Mangrove Forest”

Lumrah bagi seorang manusia untuk saling mengasihi satu sama lain, saling memberikan apresiasi untuk setiap kebaikan yang mereka dapatkan. Seorang ayah yang memberi ucapan terima kasih kepada anaknya dan seorang kakak yang memberikan hadiah kepada adiknya. Sikap apresiasi merupakan gambaran dari rasa kasih sayang seorang manusia kepada sesamanya. Tetapi terkadang kita dengan mudahnya lupa bahwa ada satu entitas yang selalu mengasihani kita, selalu memberi kasih, dan perhatian yang tidak pernah habis. Dia tidak pernah meminta balas budi untuk setiap hal yang dia berikan, dia hanya memberi dan terus memberi. 

Ads

Entitas itu bernama “Bumi”. Tidak dapat dipungkiri bahwa kehidupan kita hingga saat ini sangatlah bergantung kepada bumi, meski dengan kesadaran ini kita tetap bersikap acuh dan terus merusaknya seiring waktu berjalan. Kita yang harusnya berterima kasih malah terus bersikap yang sebaliknya, seperti menebang hutan tanpa pandang bulu dan membuka lahan tanpa adanya pertimbangan terlebih dahulu. Akhirnya kerusakan yang dialami bumi akan berbalik kepada kita semua, baik kerusakan yang terjadi di daratan maupun di lautan, erosi maupun abrasi terjadi tanpa henti. 

Dengan penuh kesadaran dan kepedulian terhadap bumi, Soul4Earth memutuskan untuk melakukan sebuah inisiasi yang merangkul kita untuk menumbuhkan rasa peduli. Soul4Earth mengajak kita semua untuk bergabung dalam sebuah kampanye yang bertajuk “Soul for Toli-Toli, Restoring Mangrove Forest”.

 

Soul4Earth

Soul for Earth lahir untuk menghadirkan produk-produk eco-friendly dengan harga terjangkau karena menyadari problematika bahwa selama ini eco-friendly selalu dicap sebagai gaya hidup yang mahal. Dengan adanya produk-produk ramah lingkungan dengan harga yang lebih terjangkau, Soul ingin mengajak lebih banyak orang untuk dapat berpartisipasi dalam mengurangi sampah sehingga gaya hidup yang ramah lingkungan tidak hanya eksklusif untuk kalangan atas saja.

Laman Instagram Soul4Earth ©Instagram
Gambar 1 Laman Instagram Soul4Earth ©Instagram

Sejak awal dimulai pada tahun 2020, Soul berkomitmen untuk turut berkontribusi menjaga kelestarian lingkungan. Soul menjual barang-barang ramah lingkungan dengan harga terjangkau supaya semakin banyak orang dapat beralih ke gaya hidup lebih ramah lingkungan yang selama ini selalu dicap mahal. Soul menyadari bahwa banyak sekali langkah-langkah kecil yang dapat dilakukan untuk menjaga kelestarian alam ini. Aspirasi Soul tidak hanya sekadar memberikan akses terhadap lebih banyak orang, tapi bagaimana turut serta juga dalam memberikan kontribusi nyata terhadap lingkungan melalui setiap pendapatan yang telah diperoleh.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Soul yang berkomitmen untuk berkontribusi dalam upaya menjaga keutuhan dan kelestarian lingkungan melihat bahwa Indonesia yang telah merdeka selama 75 tahun masih terus saja mengalami bencana yang tidak lain disebabkan oleh ulah masyarakat Indonesia sendiri. Kesadaran masyarakat untuk memperlakukan alam dengan penuh kasih masihlah sangat rendah, dilihat dari sikap egois yang mementingkan diri sendiri. Misalnya membuang embuang sampah sembarangan, membuang air tanpa peduli akan konsekuensi di masa yang akan datang, dan penebangan hutan alam di wilayah pesisir. Hutan yang di mata masyarakat hanya sekumpulan komoditas kayu siap untuk dimanfaatkan tanpa henti.

 

Soul for Toli-Toli, Restoring Mangrove Forest

Kampanye Alam Soul for Toli-Toli with Soul4Earth  ©LindungiHutan
Gambar 2 Kampanye Alam Soul for Toli-Toli with Soul4Earth  ©LindungiHutan

Masyarakat tidak sadar bahwa hutan pesisir mempunyai beribu manfaat yang akan dan bahkan telah dirasakan manusia. Hutan pesisir memiliki peran baik langsung maupun tidak langsung yang akan menopang kehidupan masyarakat di sekitarnya, melindungi daratan dari abrasi, menghalau laju angin laut menuju daratan yang terlalu kencang, mencegah intrusi garam yang akan mencemari sumber mata air, dan juga menjaga kualitas air itu sendiri. Sayangnya sikap acuh masyarakat mengakibatkan terkikisnya hutan pesisir dari tahun ke tahun, banyak lahan pesisir yang rusak bahkan semakin hari terus tenggelam karena kenaikan permukaan air laut. Apabila hal ini dibiarkan, masyarakat hanya akan menyeret dirinya sendiri menuju jurang kehancuran. Oleh karenanya, Soul memutuskan untuk membentuk sebuah inisiatif penanaman bibit mangrove di Pesisir Ogotua, Toli-Toli, Sulawesi Tengah.

Pesisir Ogotua terletak di sebelah utara Kabupaten Toli-Toli. Wilayah ini merupakan wilayah terluar Indonesia yang mempunyai peran penting dalam menegakkan kedaulatan Indonesia. Namun, abrasi dan reklamasi yang menimpa Pesisir Ogotua sangat membahayakan karena mengakibatkan tergerusnya tanah di sekitar wilayah yang lama kelamaan akan membuat tempat ini hilang dari kedipan mata. Kondisi ini diperparah dengan upaya reklamasi yang terus terjadi. Reklamasi sendiri merupakan upaya meningkatkan sumber daya alam lahan dari aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan dengan cara pengeringan lahan ataupun pengerukan tanah. Namun pada kenyataannya, upaya yang kurang dieksekusi dengan baik malah memperburuk keadaan lingkungan dan masyarakat pesisir yang bergantung dalam mata pencaharian mereka.

Soul, dengan kampanye ini,  berharap dapat menanam tumbuhan mangrove yang nantinya akan sangat berperan dalam upaya peredaman laju abrasi, menjaga kualitas, dan produktivitas perairan, yang tentunya akan membawa manfaat bagi para nelayan dan petani tambak di sekitar pesisir. Hutan mangrove merupakan bagian dari green belt, yaitu pemisah fisik daerah perkotaan dan pedesaan yang merupakan zona bebas bangunan atau ruang terbuka hijau yang membatasi perkembangan suatu penggunaan lahan agar tidak saling mengganggu.

Kampanye  yang bekerja sama dengan Lindungi Hutan ini akan melakukan penanaman bibit Mangrove Rhizopora sebagai salah satu upaya untuk mencegah abrasi. Akar mangrove memiliki fungsi untuk menjerat sedimen. Selain menjaga keutuhan daratan yang telah ada sebelumnya, juga diharapkan dapat memunculkan daratan baru kedepannya. Akar mangrove juga dapat mempercepat penguraian limbah organik dan limbah kimia yang dapat mencemari kualitas perairan laut.

Kampanye Soul for Toli-Toli Restoring Mangrove Forest akan membuka penggalangan dana online dengan donasi sebesar Rp15.000,00 di laman khusus LindungiHutan dan juga setiap pembelian produk dari Soul sendiri akan disisihkan dalam upaya penanaman mangrove. Soul4Earth juga aktif dalam menyebarkan kampanye peduli lingkungan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai gaya hidup yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Mereka berharap upaya ini dapat memulihkan dan menjaga kelestarian Pesisir Ogotua.

 

Memberi hadiah bagi Bumi

Kita sadar bahwa memberi hadiah kepada sesama merupakan hal yang wajar, tidak dapat dipungkiri bahwa setiap orang pasti pernah memberi sesuatu bagi seseorang yang mereka kenali. Memberikan hadiah tidak serta merta sebagai bentuk balas budi terhadap kebaikan yang telah dilakukan orang lain kepada kita, tetapi terkadang kita memberi tanpa pernah sekalipun mendapatkan hadiah yang sama dari orang yang kita sayangi. Beda cerita dengan hal yang telah kita beri kepada Bumi.  Bumi telah memberikan banyak hal tanpa kita sadari mulai dari tempat untuk berlindung, udara untuk bernafas, lahan untuk bercocok tanam, dan masih banyak kebaikan lainnya yang sayangnya kita sebagai manusia tidak pernah ada niatan untuk membalasnya meskipun dengan rasa terima kasih.

Reklamasi Wilayah Pesisir ©dictio.id
Gambar 3 Reklamasi Wilayah Pesisir ©dictio.id

Manusia yang terlalu lama memalingkan mata, telah banyak menimbulkan kerusakan bagi Bumi. Seperti pada penggunaan produk yang tidak ramah lingkungan atau bahkan cenderung merusak lingkungan secara drastis. Sudah waktunya bagi kita untuk mulai sadar bahwa Bumi pun membutuhkan rasa ucapan terima kasih melalui tindakan nyata dari kita sebagai makhluk penghuninya. Salah satu tindakan nyata yang dapat kita lakukan adalah dengan ikut serta dalam menghijaukan area hutan mangrove. Hutan mangrove dapat menopang masyarakat baik dalam segi sosial, ekonomi dan lingkungan.

Kampanye alam yang dilakukan Soul4Earth merupakan salah satu bentuk ucapan terima kasih kita kepada bumi. Harapannya kegiatan ini dapat menanggulangi dan mencegah berbagai kerusakan alam yang telah dan akan mengancam Pesisir Ogotua, Sulawesi Tengah. Selain itu, kegiatan ini berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar untuk semakin peduli dalam menjaga pesisir Ogotua yang merupakan tempat tinggal mereka. Kita juga dapat ikut serta dalam upaya ini dengan berdonasi dalam pembelian benih pada laman yang tersedia. Yuk kita mulai melakukan tindakan nyata bagi Bumi kita tercinta!

 

Penulis: Muhamad Agung Triyudha Agustiana

 

Referensi Gambar

Soul4Earth. (n.d.-a). [Screenshoot]. Instagram. https://www.instagram.com/soul4earth/

LindungiHutan. (2021, March 16). [Campaign]. LindungiHutan. https://lindungihutan.com/soulforearth

[Photograph].(n.d.). Dictio.id. https://www.dictio.id/t/apa-dampak-reklamasi-terhadap-daerah-pesisir-pantai/67437

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu.