Wanaswara

Sutra Bombay, Tanaman Hias yang Berbunga

Krokot

Gambar 1. Tanaman Sutra Bombay.

Di kehidupan sehari-hari, kita menjumpai banyak sekali tumbuhan yang tidak kita ketahui manfaatnya. Jangankan manfaatnya, namanya saja kadang kita tidak ketahui. Biasanya, kita hanya akan membiarkan tumbuhan perdu tumbuh liar di kebun rumah. Hingga pada saat datang ajalnya, tumbuhan tersebut akan dibabat habis untuk menghindari semak belukar. Memang, tanaman perdu ini adalah tanaman gulma yang mengganggu tumbuhan lainnya. Namun, jangan sembarang membabat habis tumbuhan liar yang tumbuh di kebun rumahmu. Bisa saja salah satu dari tanaman gulma yang tumbuh di kebunmu adalah sutra bombay. Sutra bombay adalah tumbuhan gulma yang memiliki banyak sekali manfaat dan dapat dijadikan tanaman hias yang indah. 

Ads

Ciri-ciri

Gambar 2. Sutra Bombay yang ditanam di dalam pot.

Siapa yang tidak tahu bunga krokot atau bunga yang memiliki nama lain sutra bombay? Tanaman ini bisa hidup di mana saja. Tanaman ini juga tidak membutuhkan perawatan yang rumit dan tidak memerlukan pupuk selama ditanam. Sutra bombay bisa hidup di tanah liat, berpasir, dan tidak butuh banyak air. Sifat adaptasi sutra bombay dengan lingkungan luar biasa baik. Hal ini dikarenakan tumbuhan ini adalah tanaman gulma bagi tumbuhan semusim lainnya.

Walaupun begitu, tetap banyak yang menyukai bunga sutra bombay sebagai tanaman hias. Karena bunganya yang indah dan perawatan yang mudah. Sutra bombay juga memiliki banyak manfaat, bisa dimasak untuk sayur, obat herbal, dan terakhir tentu saja sebagai tanaman hias. Meski begitu, terdapat beberapa orang yang tak suka akan kehadiran bunga sutra bombay di kebun mereka karena mengganggu tumbuhan lainnya. 

Sutra bombay memiliki akar tunggang berwarna putih kotor, batang bulat, beruas, berdaging, dan berwarna merah kecoklatan. Daun sutra bombay berbentuk bulat telur, berwarna hijau, dan berdaun tunggal.  Daun sutra bombay memiliki panjang 1-3 cm dan lebar 1-2 cm saja. bunga sutra bombay biasanya berwarna merah, putih, kuning; berbunga majemuk; berada di ujung cabang pohon; mahkotanya berbentuk jantung; dan kepala putiknya biasanya berjumlah tiga sampai lima. Buahnya berbentuk kotak, licin, dan berwarna hijau. Bijinya berbentuk bulat dan berwarna hitam.

Sutra bombay sudah bukan menjadi masalah lagi untuk kita selama kita bisa mengelola pertumbuhan sutra bombay. Bagian batang dan daunnya juga bisa digunakan sebagai sayur. Tidak salah. Sutra bombay memang bisa dikonsumsi. Baik juga untuk kesehatan kita. Jadi, terus buka mata dan cari tahu lebih dalam. Siapa tahu tumbuhan yang ada di sekitarmu memiliki banyak manfaat yang sedang tak terduga-duga sebelumnya.

Ads

Jenis

Sutra bombay termasuk dalam famili plantae dari suku portulacaceae. Genus ini memiliki sekitar 40 hingga 100 jenis atau spesies yang tersebar dari daerah tropis hingga subtropis (daerah yang memiliki 4 musim). Banyak sekali jenis tanaman portulaca yang tersebar di seluruh dunia. Ada yang hanya dijadikan sebagai tanaman hias hingga dijadikan sebagai sayur untuk konsumsi sehari-hari. Namun, rata-rata tanaman jenis ini dapat dikonsumsi. 

Jenis tanaman yang dapat dimakan adalah portulaca oleracea. Tanaman ini memiliki batang yang lunak, daun bulat telur, dan bunga berwarna kuning. Tanaman ini juga sangat baik untuk pemenuhan gizi dan sebagai obat herbal yang baik. Perawatan tumbuhan ini juga sangat mudah dan tak memerlukan banyak air. Jadi, tak perlu sering-sering menyiram tanaman ini.

Jenis tanaman yang sering dijadikan sebagai tanaman hias adalah portulaca grandiflora karena bentuk mahkota bunganya menyerupai mahkota bunga mawar. Jadi, banyak orang yang menyukai tanaman yang satu ini. Selain itu, perawatan yang mudah menjadi salah satu alasan mengapa orang menyukai portulaca grandiflora. Ada sebutan lain juga untuk tanaman ini yakni Mose Rose. Hal ini dikarenakan mawar ini terlihat seperti mawar yang memiliki banyak kandungan air di dalam mahkota bunganya.

Selain itu, banyak juga varietas tanaman sutra bombay, yakni portulaca afternoon delight yang bunganya mekar sepanjang hari dan akan menguncup saat senja hari. Ada lagi, portulaca duet yang memiliki karakteristik laiknya nama yang disematkan kepadanya.Yup, mahkota bunganya memiliki dua warna yang berpadu membentuk pola di atas mahkota bunga. Tak mau ketinggalan, ada portulaca fairytale, nama yang sangat manis sekali. Nama ini terasa sangat sesuai karena bentuk kelopaknya yang menguncup  disertai tepi yang akan mengembang seperti rok peri yang manis dan cantik. Terakhir, ada portulaca sundance, yang bukan berarti bunganya akan menari-nari di bawah sinar matahari, karena ini bukan dunia mimpi atau dunia fantasi. Jadi, maksud dari nama tersebut mewakili bentuk mahkota bunga yang lebih besar dari varietas lainnya. Itulah beberapa jenis tanaman sutra bombay.

Manfaat

WHO atau Badan Kesehatan Dunia menyatakan sutra bombay adalah tanaman obat yang diprioritaskan. Saat ini, sudah 23 negara dunia yang tercatat menggunakan sutra bombay menjadi obat. Sudah terbukti bahwa sutra bombay memang tanaman mungil yang sangat ajaib. Di China, tanaman ini bahkan dijadikan obat untuk pasien disentri.

Antioksidan dan vitamin E yang terkandung didalam sutra bombay juga cukup banyak dibanding sayuran rata-rata. Antioksidan dan vitamin E sangat baik untuk kesehatan kulit. Jadi, kalau ingin memiliki kulit yang sehat dan awet muda, konsumsilah sutra bombay secukupnya. Perlu diimbangi juga dengan konsumsi sayuran dan buah-buahan agar gizi lainnya dapat terpenuhi.

Sutra bombay mengandung vitamin B, vitamin A, fosfor, vitamin C, dan zat besi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Dengan mengonsumsi tanaman sutra bombay, banyak manfaat yang dapat diambil. Tentu saja tanaman ini dapat dijadikan obat herbal pengganti obat-obatan kimia yang memiliki efek samping yang kurang baik untuk tubuh.

Sutra bombay dapat meredakan demam, peluruh air kencing, menurunkan gula darah, pereda nyeri, menguatkan jantung, menghilangkan bengkak, melancarkan darah, serta sebagai antioksidan pencegah pertumbuhan sel kanker di tubuh. Ini karena kandungan gizi yang baik di dalam sutra bombay. Jadi, jangan anggap remeh tanaman kecil yang tampak tak berguna ini. Bunga sutra bombay juga sangat indah, bukan.

Semakin kesini, banyak ditemukan tumbuhan herbal  yang baik untuk kesehatan. Seperti tumbuhan sutra bombay di atas. Dengan demikian, manusia akan terus berinovasi dengan obat herbal yang baik untuk tubuh dan ramah lingkungan. Dari hal sekecil itu, kita bisa menyelamatkan lingkungan. Pemakaian bahan baku akan kembali pada sumber yang ramah lingkungan.

Kini, tinggal cara pengolahannya yang perlu ditingkatkan lagi agar produksi obat herbal tidak menjadi bahaya bagi lingkungan sekitar. Manusia harus sadar akan keseimbangan alam yang semakin terganggu. Untuk mengembalikan keadaan alam seperti sedia kala, tidak ada manusia yang mampu untuk melakukan hal tersebut. Alam memulihkan keadaannya sendiri. Manusia hanya bisa membantu bagian kecil dalam pemulihan alam. Namun, alam sendiri lah yang mengambil alih bagian paling banyak. Sedini mungkin, manusia harus sadar akan tingkah laku yang akan berdampak pada lingkungan alam. Jangan biarkan alam yang telah memberi manfaat malah dibalas air tuba.

Budidaya

Sebenarnya, budidaya sutra bombay tidak terlalu susah. Sutra bombay adalah tumbuhan yang dapat beradaptasi dengan baik di berbagai tempat. Perawatannya juga tidak sulit. Tidak dirawat saja, sutra bombay dapat tumbuh dengan baik. Apalagi kalau kita tanam dengan perawatan yang sangat baik. Tentu akan jauh lebih lebat lagi.

Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan ini termasuk dalam tumbuhan kultivar yang tahan akan kekeringan, cuaca panas, dan mudah perawatannya. Jadi, sutra bombay dapat bertahan lama. Meski demikian, sutra bombay tetap butuh dipindah tanam (replant), agar tumbuh dengan maksimal. Secara alamiah, sutra bombay dapat melakukan replant sendiri. Namun, berhubung kita yang menanam dan merawatnya, sekalian saja kita repot untuk merawat tanaman yang bisa dimakan dan dijadikan tanaman hias.

Namun, jika ingin memiliki kebun sutra bombay yang cantik, tentu saja harus menyiapkannya media tanam yang sesuai dengan keinginan. Misalnya di pot atau di tanah yang dibentuk menjadi pola bulat atau kotak. Lalu, siapkan tanah humus atau tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang. Kemudian, ambil batang sutra bombay bagian yang sudah dewasa. Lalu, letakkan batang sutra bombay pada tanah yang sudah disiapkan sebelumnya. Terakhir, tunggu sampai akar tumbuh pada bagian bawah batang. Jangan lupa untuk menyiramnya setiap pagi dan sore agar bibit sutra bombay dapat tumbuh lebih subur lagi.

Persebaran

Sutra bombay dapat ditemukan di berbagai tempat karena adaptasi sutra bombay yang sangat baik. Di tempat kering, sutra bombay dapat tumbuh subur karena bagian batang dan daunnya memiliki cadangan air. Hal ini diperlukan agar tanaman ini tetap bisa bertahan hidup di daerah yang kering dan panas. Sama halnya dengan lidah buaya dan kaktus. Kedua tumbuhan itu dapat bertahan hidup didaerah tandus dengan cadangan air di daun dan batangnya.

Sutra bombay berasal dari daerah kering, dan panas, yakni daerah Brazil Selatan, Uruguay, dan selatan Argentina. Entah bagaimana tanaman mungil ini dapat menyebar luas ke setiap penjuru dunia. Persebaran sutra bombay sangatlah luas. Membentang dari Afrika Utara hingga Eropa Selatan melalui Timur Tengah anak benua India. Perjalanan tanaman kecil mungil ini sangat jauh. Meski tersebar ke tempat yang kering dan panas, tanaman ini tetap bisa hidup subur  tidak seperti tumbuhan hijau lainnya. 

Salah satu cara penyebaran alami tanaman sutra bombay yakni kotoran hewan yang memakan tanaman sutra bombay. Biji yang tidak dapat tercerna di dalam tubuh akan keluar dengan utuh. Maka, biji akan tersebar dimana hewan jalur hewan tersebut lewati. Hewan biasanya memiliki lintasan alami yang sangat jauh. Jadi tak heran jika tumbuhan sutra bombay dapat menyebar dengan sangat cepat. Selain itu, sutra bombay juga mudah sekali tumbuh. Jadi, tanaman ini tersebar semakin banyak. 

Jadi, tidak mengherankan kalau saat ini tanaman sutra bombay sangat diminati. Apalagi pada zaman pandemi ini. Semakin banyak orang yang suka menanam bunga atau sayur. Sutra bombay menjadi tanaman bagi pemula dalam berkebun. Sebab, tanaman ini mudah sekali perawatannya. Sutra bombay tak membutuhkan banyak air. Hanya tanah yang subur dan kaya akan zat hara agar dapat tumbuh dan berbunga dengan indah.

 

Penulis: Putri Handayani

 

Referensi literatur

Karno, B. P Sari, S. Anwar. Karakteristik morfologi dan sitologi tanaman Sutra Bombay (Portulaca grandiflora hook) hasil poliploidisasi dengan kolkisin pada berbagai konsentrasi dan frekuensi aplikasi. J. Agro Complex, 2017. PDF file. 23 April 2021.

 

Referensi gambar

https://www.melydaily.com/2019/09/krokot-purslane-di-musim-panas-di-austria-dan-manfaatnya-untuk-kesehatan/

 

LindungiHutan.com adalah Platform Crowdfunding Penggalangan Dana untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung penghijauan yang ada di seluruh Indonesia. mari bersama menjaga dan melestarikan hutan seluruh Indonesia.

Yuk jadi pioneer penghijauan untuk hutan Indonesia yang lebih baik.

Exit mobile version