Tanam Bibit Anggrek Di Rumah, Pulihkan Kembali Pantai Berigheen, Situbondo

Gunung Sawur, Lumajang – iPlant.id bersama dengan LindungiHutan berhasil melaksanakan kampanye alam berupa aksi penanaman pohon di Gunung Sawur, Lumajang. Kegiatan penanaman ini dilakukan sebagai salah satu bentuk kontribusi iPlant.id untuk melestarikan alam Indonesia. Sadar atau tidak, Indonesia mengalami berbagai kerusakan alam yang disebabkan oleh berbagai bencana alam dan aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab, seperti pembukaan lahan baru, penebangan liar, pembuangan limbah industri di sumber air, dan lain-lain. Akibatnya, kerusakan alam ini mendatangkan berbagai bencana alam yang dapat mengancam keberlangsungan hidup manusia, seperti tanah longsor, banjir, tanah tenggelam, krisis air bersih, dan lain-lain. Menyadari akan masalah ini, iPlant.id memutuskan untuk membentuk sebuah kampanye alam berupa penanaman pohon di Gunung Sawur untuk usaha pelestarian lingkungan dan mendorong kesadaran masyarakat akan pelestarian lingkungan.

Ads
Gambar 1 Kampanye Alam iPlant.id © LindungiHutan
Gambar 1 Kampanye Alam iPlant.id © LindungiHutan

Seluruh rangkaian kegiatan kampanye alam ini berhasil dilaksanakan tanpa adanya kendala yang berarti. Kampanye yang dimulai dengan menyebarkan informasi melalui jaringan media sosial iPlant.id dan LindungiHutan ini diakhiri dengan kegiatan penanaman di Gunung Sawur pada tanggal 7 Maret 2021. Kegiatan ini dihadiri oleh tim LindungiHutan, KSM Bina Lestari, dan lima peserta dari gabung aksi. Kegiatan penanaman pohon ini diharapkan akan menambah jumlah resapan air di area gunung.

Apa Itu iPlant.id?

iPlant.id merupakan sebuah toko online yang menjual berbagai kebutuhan berkebun yang dapat dikirim ke seluruh pelosok Indonesia. Pendiri iPlant.id melihat adanya kebutuhan masyarakat Indonesia akan kebutuhan berkebun di rumah yang berkualitas dan terpercaya. Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk menyediakan segala kebutuhan berkebun, seperti tanaman hidup, benih, pupuk, dan lain-lain. Kebutuhan ini mereka sebar melalui akun Instagram @iplant_shop dan laman resmi mereka.

Gambar 2 Salah Satu Akun Instagram iPlant.id © Instagram
Gambar 2 Salah Satu Akun Instagram iPlant.id © Instagram

Selain menyediakan kebutuhan berkebun, iPlant.id juga menyediakan berbagai informasi untuk mendorong masyarakat berkebun. Informasi tersebut berupa segala fakta menarik mengenai kegiatan berkebun dan tanaman yang disebarkan melalui akun Instagram @iplant.id. Informasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan ketertarikan masyarakat untuk melakukan kegiatan berkebun. Tentunya, hal ini akan memberikan dampak baik bagi lingkungan dengan meningkatkan resapan air, penyaringan udara, dan keanekaragaman hayati. 

iPlant.id juga menyediakan akses konsultasi gratis bagi masyarakat untuk memudahkan kegiatan berkebun. Mereka akan menjawab berbagai permasalahan masyarakat saat dan sebelum berkebun. Pertanyaan yang sering ditanyakan akan diterbitkan di akun Instagram @iplant.id untuk memudahkan masyarakat mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Semua ini dilakukan untuk menciptakan tren menanam yang nantinya akan membawa dampak baik bagi lingkungan.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Kampanye Alam iPlant.id

Pada saat yang sama, iPlant.id memiliki keinginan untuk memberikan kontribusi nyata dalam usaha pelestarian lingkungan. Seperti yang tertulis sebelumnya, mereka melihat berbagai masalah lingkungan yang timbul dari kerusakan lingkungan di Indonesia. Oleh karena itu, mereka memutuskan membentuk kampanye alam berupa penanaman pohon.

Kegiatan penanaman ini dilakukan di Gunung Sawur untuk menghijaukan Gunung Sawur yang terkena erupsi Gunung Semeru. Bagi yang tidak tahu, Gunung Sawur merupakan pos pengamatan Gunung Api Semeru. Gunung sawur juga menjadi salah satu obyek wisata untuk menikmati keindahan Gunung Semeru tanpa perlu mendakinya. Sayangnya, Gunung Sawur mengalami banyak tanah longsor dan erosi karena kurangnya area resapan air yang baik. Hal ini diperparah dengan erupsi Gunung Semeru yang telah merusak beberapa bagian dari hutan Gunung Sawur. Melihat kondisi ini, iPlant.id memutuskan untuk mengubah lokasi penanaman pohon yang sebelumnya dilakukan di Pantai Berigheen, Situbondo menjadi Gunung Sawur, Lumajang.

Gambar 3 Kegiatan Penanaman Benih Alpukat © Dokumentasi Tim LindungiHutan
Gambar 3 Kegiatan Penanaman Benih Alpukat © Dokumentasi Tim LindungiHutan

Kampanye alam ini berbentuk penggalangan dana dan penanaman benih pohon alpukat yang dilakukan oleh iPlant.id dan LindungiHutan. Kegiatan kampanye dilakukan dengan menyebarkan informasi di jaringan media sosial iPlant.id dan LindungiHutan untuk mendorong masyarakat Indonesia, terutama generasi muda dan pecinta alam, untuk berkontribusi dalam usaha pelestarian lingkungan. Selain itu, mereka juga membuka sebuah penggalangan dana online di laman khusus LindungiHutan untuk memberikan kesempatan berkontribusi bagi masyarakat. Pada saat yang sama, iPlant.id menyisihkan sebagian profit penjualan mereka untuk pembelian benih pohon alpukat dalam rangka menyukseskan kegiatan kampanye alam tersebut.

Semua usaha iPlant.id dan LindungiHutan telah membuahkan hasil yang memuaskan. Mereka berhasil mengumpulkan dan menanam 166 bibit alpukat yang memiliki tinggi 100 cm dan diameter kurang dari 1 cm dalam kondisi yang baik. Rangkaian kegiatan ini telah menghabiskan dana sebesar Rp2.540.000,00. 

Hijaukan Indonesia, Selamatkan Bumi!

Seperti yang kita ketahui, alam memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Tanpa alam, manusia tidak dapat hidup dikarenakan alam merupakan sumber kehidupan. Ia menyediakan oksigen, air bersih, sumber makanan, penstabil iklim, dan masih banyak lagi. Sayangnya, ada banyak kerusakan alam yang terjadi di dunia, terutama di Indonesia. Kerusakan alam ini diakibatkan oleh bencana alam dan aktivitas manusia yang tidak bertanggung jawab. Jika kerusakan alam tersebut dibiarkan, maka akan tiba waktunya bumi menjadi tidak layak ditinggali. Oleh karena itu, kita harus melestarikan dan melindungi alam untuk keberlangsungan hidup manusia dengan menanam pohon.

Gambar 4 Perjalanan Menuju Area Penanaman © Dokumentasi Tim LindungiHutan
Gambar 4 Perjalanan Menuju Area Penanaman © Dokumentasi Tim LindungiHutan

Menanam pohon merupakan salah satu cara untuk memperbaiki kerusakan alam yang ramah lingkungan. Pohon memiliki kemampuan untuk menyaring udara, menyediakan sumber makanan, menstabilkan ekosistem, memperbaiki lahan yang rusak, menahan tanah, dan masih banyak lagi. Tentunya, semua ini akan memberikan dampak baik bagi keberlangsungan hidup manusia dan lingkungan. Menanam pohon di Indonesia, terutama di daerah yang mengalami kerusakan alam yang parah, akan memberikan kesempatan bagi daerah tersebut untuk pulih, menciptakan ekosistem yang sehat, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar.

Kegiatan kampanye ini merupakan salah satu usaha penghijauan yang dilakukan untuk menyelamatkan bumi dari berbagai kerusakan alam. Usaha ini akan meningkatkan kualitas ekosistem, menambah daerah resapan air, dan menjamin keberlangsungan hidup manusia. Selain itu, LindungiHutan dan iPlant.id berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya usaha pelestarian lingkungan bagi kehidupan manusia. Walaupun rangkaian kampanye ini telah berakhir, usaha pelestarian lingkungan tidak boleh berhenti di sini. Masih ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk terus melestarikan lingkungan melalui berbagai kampanye alam yang ada di LindungiHutan. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo hijaukan Indonesia!

 

Penulis: Jeannette Sharon

 

Referensi Gambar:

iPlant.id. (n.d.). [Screenshot]. Instagram. https://www.instagram.com/iplant.id/?hl=en

LindungiHutan. (2020, September 1). [Campaign]. LindungiHutan. https://lindungihutan.com/iplantid

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. 

Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!