Tanam Mangrove, Sudah Punya Starter Pack?

Tanam Mangrove dari Dini
Gak Cuma Orang Dewasa yang Bisa Gabung Tanam Mangrove (Dok. LindungiHutan)

LindungiHutan.com, Semarang – Hai Sahabat LindungiHutan, tanam mangrove yuk!!

Ads

Menanam tumbuhan yang dikenal sebagai penahan gelombang dan pencegah abrasi ini ternyata membutuhkan beberapa peralatan lho. Apa saja sih?

  • Ajir dan tali rafia

Ajir merupakan potongan bambu yang berfungsi sebagai sandaran bibit mangrove yang kalian tanam. Ajir berfungsi untuk menahan bibit supaya tidak hanyut terbawa arus. Sedangkan tali rafia digunakan untuk mengikat bibit pada ajir.

  • Baju dan celana lapangan

Ketika akan mangroving, gunakan pakaian yang nyaman dan bahannya menyerap keringat. Pilihlah baju dan celana panjang, supaya mengurangi resiko luka tergores ketika berjalan di sela-sela mangrove. Bawa pula baju ganti, ga mau kan pulang dalam keadaan masih pakai baju kotor?

Baca Lainnya : Selamat Hari Sejuta Pohon Sedunia

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
Topi adalah Salah Satu Starter Pack Tanam Mangrove
Jangan Lupa Gunakan Topi untuk Kenyamanan (Dok. LindungiHutan)
  • Topi

Topi berguna untuk menghalau panasnya matahari, juga untuk keamanan dari kejatuhan ranting atau buah mangrove.

Yuk, Adakan Penghijauan di Daerahmu!

Bersama LindungiHutan, Menghijaukan Indonesia.

  • Alas kaki

Pakailah alas kaki atau minimal kaus kaki tebal saat berjalan di lumpur mangrove. Bertelanjang kaki akan membuat kalian rentan terluka karena menginjak batu, karang, akar mangrove, sampah, maupun teritip. Kurang disarankan memakai sepatu boot karena lumpur mangrove yang liat membuat kalian akan sulit bergerak.

Siapkan Alas Kaki yang Nyaman saat mau Tanam Mangrove
Siapkan Alas Kaki yang Nyaman saat mau Tanam Mangrove (Dok. Google)
  • Tumbler air minum

Aktivitas outdoor membuat kalian akan lebih sering berkeringat dan rentan dehidrasi, maka jangan lupa untuk siap sedia air minum ya! Bawalah tumbler untuk meminimalisir penggunaan plastik.

Bawalah tumbler untuk meminimalisir penggunaan plastik
Bawalah Tumbler untuk Meminimalisir Penggunaan Plastik (Sumber : Medina)
  • Sunblock dan lotion anti nyamuk

Demi kenyamanan, gunakan kedua benda tersebut sebelum terjun ke lokasi. Kegiatan penanaman biasanya dilakukan pagi-siang hari sehingga kita akan berjibaku dengan panasnya matahari yang akan membuat kulit menjadi belang. Selain itu, ga mau kan malah sibuk menghalau nyamuk ketika harusnya asik menanam?

  • Kamera waterproof

Kegiatan apapun belum lengkap tanpa dokumentasi, sehingga keberadaan kamera diperlukan untuk mengabadikan momen, termasuk saat penanaman mangrove. Disarankan untuk menggunakan kamera waterproof untuk antisipasi jika jatuh ke air atau lumpur.

P3K Antisipasi Kecelakaan Kecil
P3K Antisipasi Kecelakaan Kecil (Sumber : mommiesdaily)
  • P3K

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, sebaiknya obat-obatan tetap dibawa. Kejadian yang biasanya terjadi adalah tergores, sehingga minimal dalam kotak P3K kalian terdapat obat luka dan plester penutup luka.

Sudah Siap Melakukan Penanaman Mangrove?
Sudah Siap Melakukan Penanaman Mangrove? (Dok. LindungiHutan)

Jadi, sudah siap mangroving?? (Kika)*

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di daerahmu. Selain daerahmu, kamu  juga bisa membantu menghijaukan daerah lainnya di Indonesia lho!

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!

Enable Notifications    Ok No thanks