Tanaman Keladi: Karakteristik, Cara Menanam dan Merawat

Tanaman keladi yang kini tengah populer di kalangan pecinta tanaman hias merupakan tanaman yang termasuk dalam jenis caladium, keluarga talas-talasan atau family Araceae. Tanaman ini juga dikenal dengan nama kuping gajah, angel wings, dan heart of jesus. Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah ini kini tersebar ke penjuru dunia. 

Ads
Gambar 1 Macam-macam Tanaman Keladi
Gambar 1 Macam-macam Tanaman Keladi

Tanaman keladi memiliki tujuh macam jenis, diantaranya caladium bicolor, caladium humboldtii, caladium lindenii, caladium paradoxum, caladium schomburgkii, dan caladium ternatum. Dan saat ini terdapat lebih dari seribu hasil persilangan yang telah dibudidayakan. Keladi dengan harga mahal di indonesia diantaranya, keladi sexy pink, keladi shy cool, keladi fannie munson, keladi baret, keladi carolyn whorton, keladi white christmas, dan keladi wayang atau thai beauty.

BACA JUGA: Merawat Bumi Bersama Bumi Bulk-Store And Refillery Brand

Karakteristik

Gambar 2 Keladi Gingerland
Gambar 2 Keladi Gingerland

 

Tanaman keladi ini memiliki ciri khas pada daunya, yaitu daun yang berbentuk panah atau hati bertekstur tipis seperti kertas dan umumnya memiliki lapisan lilin yang mengakibatkan permukaannya licin. Tanaman ini tumbuh berawal dari umbi yang tertimbun tanah dan ukurannya tidak lebih dari satu meter. Perpaduan warna yang menarik pada daunnya sangat mengesankan menjadikannya salah satu tanaman yang digemari sebagai tanaman hias. Seperti pada jenis lord derby yang menampilkan corak warna hijau dan merah muda atau daun yang dominan berwarna putih dengan urat hijau yang mencolok dan masih banyak ragam coraknya. Tanaman keladi memiliki kemampuan bertahan hidup pada iklim yang sedikit lembab. 

BACA JUGA: Soul For Toli Toli Restoring Mangrove Forest

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Cara Menanam Keladi

Tanaman keladi akan terlihat cantik ketika diletakan di pinggir jendela dan balkon menggunakan pot atau ditanam langsung ditaman, baik sebagai pagar hidup yang dibariskan secara rapi atau ditempatkan pada pot. Terdapat empat cara untuk menanam tanaman ini, yaitu:

Dengan umbi

Caranya dapat dilakukan dengan memisahkan umbi samping atau membagi umbi menjadi beberapa bagian, lalu langsung ditanam.

Dengan biji

Biji yang digunakan di sini adalah biji yang berasal dari buah yang telah matang secara biologis dengan cirinya berwarna merah atau oranye. Kupas buah dan pisahkan antara daging buah dan biji, kemudian cuci bersih dan keringkan. Lalu tanam pada media tanah yang memiliki kelembapan terjaga.

Dengan rhizome atau rimpang

Potong rimpang sekitar 5 cm dengan memastikan terlihatnya calon akar, lalu tanam pada media campuran tanah dan kompos.

Dengan setek

Setek dilakukan dengan memotong bagian batang kira-kira 10-15 cm. Kemudian tanam pada media tanah atau lainnya yang memiliki kelembaban terjaga.

Cara Merawat Tanaman Keladi

Pilihlah metode yang tepat dengan memperhatikan karakteristik tanaman. 

Cara merawat tanaman keladi:

  1. Menjaga media tanaman tetap lembab (tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering)
  2. Hindari dari cahaya matahari langsung
  3. Buang bagian yang terkena hama (potong)
  4. Siram tanaman dengan air atau pupuk kompos.

BACA JUGA: Kampanye Alam Lets Keep The Earth Clean And Green

Penulis: Nurkhaeni

Dikurasi oleh Inggrit Aulia Wati Hasanah

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sam melestarikan lingkungan dan menjaganya.

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!