Tanaman Kemuning, Tanaman yang mirip bunga Melati

tanaman kemuning
Gambar 1. Kemuning

Hallo Sahabat alam! Sebelumnya, ada gak sahabat alam yang masih salah kira tanaman kemuning sebagai tanaman bunga melati karena warna dan wanginya yang mirip? Kalau ada, berarti kita sama nih! Tanaman yang mirip sama bunga melati ini namanya Kemuning atau dalam bahasa latinnya Murraya paniculata. Tanaman ini memiliki julukan orange jasmine karena daunnya seperti daun jeruk dan bunganya mirip bunga melati. Sayangnya, tumbuhan cantik yang berasal dari daratan India ini sudah langka keberadaannya di Indonesia.

Ads

Banyak orang yang menganl tanaman ini, tetapi juga jarang sekali dibudidayakan. Saking terkenalnya, tanaman ini dijadikan inspirasi salah satu cerita rakyat yang berasal dari Riau tentang seorang Putri Raja berhati baik bernama Putri Kuning. Tumbuhan yang cantik dan wangi ini, juga memiliki banyak manfaat bagi manusia, lho! selain sebagai perindang, tanaman ini juga dapat digunakan sebagai obat untuk beberapa penyakit. batang kayunya yang halus, padat, kuat dan warna uratnya yang senada cocok digunakan untuk membuat berbagai kerajinan seperti kotak tisu, nampan, tatakan gelas, dan gagang pisau.

 

Taksonomi

Kingdom : Plantae

Sub Kingdom : Tracheobionta

Divisi : Magnoliophyta

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Kelas : Magnoliopsida

Ordo : Sapindales

Famili : Rutaceae

Genus : Murraya

Spesies : Murraya paniculata 

 

Ciri-ciri Morfologi

  • Memiliki akar berwarna coklat dan sedikit putih kotor. Selain itu, akarnya memiliki sistem perakaran tunggang.
  • Dapat tumbuh hingga setinggi tujuh meter dengan pertumbuhan batang yang menyebar. Batangnya keras, beralur dan tidak berduri.
  • Bentuk daunnya mirip sekali dengan daun jeruk. Daunnya berjenis daun majemuk dengan susunan daun yang berselang-seling. Ukuran daun bervariasi mulai dari lebar 1-3 cm dan panjang 2-7 cm berbentuk jorong dengan permukaan daun yang licin berwarna hijau. Ujung dan pangkal daun runcing serta pinggiran daun yang sedikit beringgit.
  • Bunganya  memiliki susunan majemuk bertandan, berwarna putih bersih dengan bagian dalam sedikit kekuningan. Bunga biasanya tumbuh dari ujung ranting atau dari ketiak daun.
  • Buahnya biasanya berwarna jingga, tapi ada juga yang berwarna merah. Bentuknya mirip dengan melinjo, yakni bulat lonjong. Saat masih berbentuk biji, buahnya berwarna hijau.

 

Syarat Tumbuh

  • Dapat tumbuh di dataran tinggi maupun rendah,
  • Kelembaban sedang hingga tinggi,
  • Tanah yang baik untuk kemuning biasanya campuran kompos dengan tanah lempung.

 

Pembibitan

  1. Bibit diperoleh dari biji buah yang sudah tua,
  2. Pisahkan biji dari buah kemudian cuci dan keringkan. Simpang biji dalam wadah yang tertutup sebelum ditanam,
  3. Semai biji dalam polybag dengan media tanam yang berupa campuran tanah dan kompos dengan perbandingan 1:1,
  4. Setelah berumur 2-3 bulan, biji siap dipindahkan ke lahan.
Gambar 2. bunga kemuning berwarna putih
Gambar 2. bunga kemuning berwarna putih

Penanaman

Sebelum melakukan penanaman, langkah paling awal adalah gemburkan tanah dan campurkan pupuk organik (kandang atau kompos dengan perbandingan 1:1. Penanaman  dapat dilakukan dengan dua cara, yakni dari biji dan dengan cangkok.

Penanaman dari Biji Tanaman kemuning

  1. Setelah melakukan proses pembibitan di atas, buat lubang tanam pada lahan.
  2. Pindahkan tanaman yang berumur tiga bulan dari polybag dengan cara membuka plastik polybag dan letakkan tanaman pada lubang tanam lalu tutup lagi dengan tanah galian sampai akar dan tanah dari polybag tidak terlihat lagi.
  3. Siram dengan rutin agar kelembaban tanah terjaga.

Penanaman dengan Cangkok Tanaman Kemuning

  1. Pilih batang yang berukuran satu jari orang dewasa dengan cabang tumbuh ke arah atas.
  2. Kupas kulit batang sepanjang 3 cm.
  3. Kerok bagian kayu hingga kasar lalu diamkan selama 1-2 hari.
  4. Siapkan media tanam berupa tanah halus atau sabut kelapa serta siapkan pula alat tanam berupa plastik atau sabut kelapa dan karet atau tali.
  5. Tutup bagian batang yang dikupas dengan tanah halus lalu bungkus dengan plastik atau sabut kelapa dan ikat dengan tali. Patikan bagian ujung yang dikupas juga tertutup.
  6. Siram dengan teratur agar kelembaban tanah terjaga.

 

Pemeliharaan Tanaman Kemuning

  1. Tingkat kelembaban sangat penting diperhatikan. Penyiraman harus dilakukan rutin tapi dalam kadar yang sewajarnya karena kalau berlebihan juga akan membuat tanaman jadi layu. Siram ketika tanah mulai terlihat kering.
  2. Beri nutrisi dengan pupuk kandang secukupnya.
  3. Lakukan pengendalian rumput dan gulma secara rutin.
  4. Basmi hama dengan insektisida dan fungisida.

 

Gambar 3. Pemeliharaan Kemuning
Gambar 3. Pemeliharaan Kemuning

Manfaat Tanaman Kemuning

Tanaman kemuning memiliki segudang manfaat bagi manusia. daun kemuning berguna sebagai obat rematik, pemati rasa, sedatif, tiroid, antipiretik, antibakteri dan menurunkan kolesterol karena mengandung tanin dan alkaloid. Akarnya dapat digunakan sebagai obat bisul dengan cara meminum air rebusannya. sementara itu,Bunganya dapat mengobati memar jika dihancurkan dan dimasak dengan anggur untuk kemudian ditempelkan pada bagian tubuh yang memar.

Di Sumatera Barat, akar kemuning biasanya digunakan untuk membuat tangkai pisau atau golok. Urat kayunya yang bagus dan liat biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat sempoa, tangkai kuas dan tongkat. Sayangnya, sangat sedikit yang mau memelihara kemuning di pekarangan rumahnya karena beberapa alasan kepercayaan masyarakat sekitar. Padahal, kemuning tidak sulit untuk dirawat dan memiliki banyak manfaat serta dapat menjadi peneduh alami yang indah dan harum bagi kita.

 

Penulis : Yuliana

Dikurasi Oleh: Daning Krisdianti

Referensi Literatur

Agrotek.id. (n.d). Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Hias Kemuning. Retrieved January 20, 2021, from https://agrotek.id/klasifikasi-dan-morfologi-tanaman-hias-kemuning/

Bertani.co.id. 2020. 3 Cara Menanam Bunga Kemuning:Pembuatan Bonsai dan Manfaat. Retrieved January 20, 2021, from https://www.bertani.co.id/cara-menanam-kemuning/

Dlhk.jogjaprov.go.id. (n.d). Kemuning:Sepi dalam Kesendirian. Retrieved January 21, 2021, from https://dlhk.jogjaprov.go.id/kemuning-sepi-dalam-kesendirian

Greeners.co. 2018. Kemuning, Tidak Sekadar Harum. Retrieved January 20, 2021, from https://www.greeners.co/flora-fauna/kemuning-tidak-sekadar-harum/

Infobibit.com. 2020. Tips Budidaya Bonsai Kemuning Tumbuh Rimbun dan Indah. Retrieved January 20, 2021, from https://www.infobibit.com/bonsai-kemuning/

Rimbakita.com. (n.d). Kemuning-Taksonomi, Morfologi, Manfaat & Cara Menanam. Retrieved January 20, 2021, from https://rimbakita.com/kemuning/

 

Referensi Gambar

https://www.greeners.co/flora-fauna/kemuning-tidak-sekadar-harum/

https://www.infobibit.com/bonsai-kemuning/

https://www.pertanianku.com/mengenal-kemuning-tanaman-asli-asia/

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak! 

Yuk jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!