Terarium, Bentuk Visualisasi Tanaman dalam Botol Kaca

Tercipta Tanpa Sengaja

Gambar 1
Gambar 1

Terarium adalah tanaman hias yang unik yang diselimuti oleh botol kaca. Tanaman hias ini dapat ditempatkan dalam ruangan minimalis maupun luas. Menurut Dr. Ir Nurhayati H.S. Arifin, M. Sc, pengajar Lanskap Hortikultura dan Sejarah Pelestarian Lanskap IPB menjelaskan bahwa metode tanam di dalam wadah seperti ini dapat membentuk siklus air sendiri sehingga mampu bertahan sampai berminggu-minggu.

Ads

Seorang fisikawan asal London yang bernama Nathaniel B. Ward (1791-1868) adalah ilmuwan yang memperkenalkan model tanam ini. Nathaniel B. Ward tanpa sengaja menemukan cara penanaman dalam wadah kaca. Saat itu Nathaniel B. Ward melakukan riset di laboratoriumnya tentang pengaruh kelembapan udara terhadap serangga. Salah satu tabung percobaan yang ia buat dari gelas yang ditutup rapat, telah ditemukan sebatang kecambah pakis yang tumbuh subur. Nathaniel B. Ward beranggapan bahwa kecambah pakisnya hanya sebutir telur serangga yang dicobanya. Namun, hari demi hari, sosok tanaman lucu itu terus tumbuh dan berkembang sehingga terlihat sosok pakis yang sesungguhnya.

terarium
Gambar 2

Ward terus memperhatikan tanamannya tanpa udara didalam tabung. Ward mencoba dengan tabung yang ukurannya lebih besar dan ada banyak jenis tanaman didalam tabung. Lalu Ward berubah pikiran penelitian serangga dan akan meneliti tentang pertumbuhan tanaman dalam wadah yang tertutup. Terarium ini akan bertahan selama 15 tahun. Penemuan Ward diabadikan di Kerajaan Inggris zaman Dinasti Victoria yang berukuran 150 cm, lebar 75 cm dan tinggi 110 cm. Terdapat 65 jenis tanaman pakis dan suplir. Rumah kaca mini ini sangat terkenal di Kerajaan Inggris kalangan Bangsawan.

Baca juga: Yuk Buat dan Rawat Terarium Sendiri

Jenis-Jenis Terariun

Dapat dibedakan menjadi tiga jenis yaitu:

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com
  • Terarium terbuka (dry terrarium)

Model jenis ini memiliki sisi yang wadahnya terbuka sehingga memerlukan banyak penyiraman daripada model tertutup (Container Gardening Ideas, n.d) dan sangat cocok untuk tanaman yang kering dan tidak tahan pada kelembapan udara yang tinggi.

  • Terarium tertutup (wet terrarium)

Model tertutup cocok memiliki ketahanan suhu dan kelembapan yang tinggi. Perawatannya justru lebih mudah, mereka tidak perlu sibuk untuk mencari sinar mahatari dan penyiramannya juga tidak terlalu sering tetapi pada penutup wadah dibuka seminggu sekali.

  • Terarium binatang (animal terrarium)

Model binatang cocok bagi mereka yang menyukai binatang reptil seperti kadal, ular, kura-kura dan sebagainya yang dapat menunjukkan ekosistem seperti habitat asli yang dipelihara. Desainnya dapat berupa tropis atau hutan tropis.

Kelebihan Terarium

Ada beberapa kelebihan metode tanam ini yaitu:

  1. Mudah untuk ditemukan, karena mudah didapatkan di lingkungan sekitar. Kita bisa membuat terarium secara online maupun di toko bunga.
  2. Mudah untuk dibuat, bahan baku yang diperlukan seperti kaca, toples, dedaunan dan bunga sangat mudah didapatkan. Kita bisa membuatnya dengan mudah apalagi di zaman yang serba canggih ini.
  3. Tidak banyak memakan tempat, bagi rumah yang kecil maupun luas, perawatan terarium bisa dilakukan karena bisa diletakkan di jendela, meja berkat ukurannya yang cukup kecil.
  4. Baik bagi psikologis, terarium dapat meminimalisir stress, dengan kita melihatnya, terarium akan merubah suasana hati kita menjadi lebih baik.
  5. Wadah kaca yang semakin variatif, biasanya wadah kaca menanam tanaman memiliki leher yang cukup besar, sehingga membuat cara penanaman lebih mudah. Terarium dimodifikasi tidak tertutup rapat, kebutuhan air harus dipenuhi agar mudah menyiramnya. Penyiramannya seperti tanaman pot lainnya hanya saja ini memiliki jangka waktu yang relatif lama.

Kekurangan Terarium

Ada beberapa kekurangan metode tanam ini yaitu:

  1. Perlu perawatan yang maksimal, kita harus mengetahui takaran jumlah air, pupuk agar tanaman tetap hidup. Kebersihan rumah kaca juga harus diperhatikan dan harus mendapatkan sinar matahari yang cukup.
  2. Barang yang mudah pecah, hati-hati jika kita menanam tumbuhan ini, bisa jadi tersentuh lalu pecah sehingga harus diletakkan ditempat yang aman.

 

Penulis: Siti Warhamni

Dikurasi oleh: Citra Isswandari Putri 

 

Referensi Artikel

  1. Bauer, Anna. 2008. “Terarium: 33 Glass Gardens to Make Your Own. Chronicle Books”. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Terarium diakes pada 16 Maret 2021. 
  2. Kristiani Ani. 2008. “Membuat Terarium, dari Hobi menjadi Bisnis”, (Jakarta Selatan, PT Agromedia Pustaka.
  3. Nurhayati. 2001. “Terarium: Si Bayi Manis di dalam Toples”. www.tabloidnova.com diakses pada 16 Maret 2021.
  4. Proferty Consultant. 2015. Terarium Menghadirkan Taman Mini dalam Wadah Kaca. 26 Maret 2021 http://www.popeti.com/berita/artikel/architecture/conservative-architecture/terarium-menghadirkan-taman-mini-dalam-wadah-kaca/ 

 

 

LindungiHutan.com merupakan Platfrom Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situa berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya. 

Yuk jadi Pioneer penghijauan didaerah tempat tinggalmu!