Timber Recycling: Daur Ulang Kayu untuk Menjaga Hutan

Indonesia merupakan negara yang mendapat sebuah anugerah dengan kesuburan tanahnya di setiap sudut nusantara dari Sabang sampai Merauke. Dengan kesuburan tanahnya, tumbuhan mudah tumbuh hingga membentuk kawasan pepohonan yang luas yang disebut dengan hutan. Hutan merupakan kawasan penting dalam menunjang keseimbangan alam bagi makhluk hidup di bumi. Indonesia memiliki kekayaan keanekaragaman yang melimpah dengan ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan yang memiliki kualitas tinggi yang tersebar di hutan seluruh nusantara. Indonesia merupakan salah satu negara dengan hutan hujan tropis terluas di dunia. Hal tersebut membuat kita sebagai warga negara ikut bangga dengan sumber daya yang dimiliki negara kita tercinta ini. Namun, terdapat berbagai permasalahan yang dijumpai dengan maraknya permintaan masyarakat tentang kebutuhan hidup sehingga terjadi eksploitasi hutan secara besar-besaran hingga merusak sebagian besar hutan kita. 

Ads

Hutan mengalami penyusutan wilayah di beberapa tahun belakangan karena maraknya eksploitasi dan alih fungsi lahan yang kerap dijadikan sebagai kawasan pembangunan industri. Dengan terjadinya kerusakan hutan karena maraknya eksploitasi yang tidak terkontrol, hal ini memunculkan berbagai permasalahan yang dapat merugikan makhluk hidup di bumi. Oleh karena itu, untuk mengurangi dampak buruk dikemudian hari, pentingnya menjaga hutan dari eksploitasi yang dapat merusak hutan. Menjaga hutan dapat menggunakan berbagai cara salah satunya yaitu dengan melakukan Timber Recycling. Lalu apa yang dimaksud dengan Timber Recycling itu? Mengapa bisa menjaga hutan kita? Yuk, simak artikel ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang Timber Recycling dan hubungannya dengan hutan kita. 

Gambar 1. Deforestation Trees ©inhibitat.com
Gambar 1. Deforestation Trees ©inhibitat.com

Apa itu Timber Recycling

Timber Recycling merupakan sebuah istilah yang berarti proses daur ulang limbah kayu bekas yang dijadikan sebuah produk sehingga dapat digunakan. Kayu yang didaur ulang biasanya berasal dari bongkaran bangunan tua, jembatan, maupun produksi alat rumah tangga yang berbahan dasar kayu. Limbah kayu dapat berupa hasil sisa olahan produsen kayu seperti serbuk kayu hasil pemotongan, ranting kayu, maupun potongan-potongan kayu. 

Gambar 2. Timber Recycling Process  ©Pinterest
Gambar 2. Timber Recycling Process  ©Pinterest

Limbah kayu akan terus-menerus meningkat seiring dengan bertambahnya permintaan masyarakat. Berbagai industri besar memanfaatkan kayu sebagai komponen utama produknya. Namun, minimnya pengolahan limbah yang tepat membuat limbah kayu ini terbuang percuma.  Limbah kayu ini kerap menimbulkan permasalahan dari penanganannya yang kurang baik seperti membuang limbah ke sungai, membakar maupun membiarkan limbah bertumpuk menjadi sesuatu hal yang tidak berguna. Hal tersebut dapat mencemari lingkungan. Dengan memanfaatkan limbah kayu sebagai bahan dalam sebuah produk yang berguna, kita dapat meningkatkan efisiensi penggunaan sumber daya alam (pohon) tanpa harus mengambil  sumber daya alam lain. Hal tersebut secara tidak langsung akan mengurangi resiko penyusutan hutan. 

Pengolahan Timber Recycling yang optimal dan secara efisien dapat menghasilkan sebuah produk yang berkualitas. Pengolahan ini dapat menghasilkan furniture baru seperti barang rumah tangga (lemari, bangku, meja, dll), hiasan dinding, bahan lantai maupun fashion yang menarik seperti sepatu maupun tas. Pengolahan yang kreatif dan unik  juga menjadi nilai tambah dari produk daur ulang kayu sehingga banyak digemari oleh masyarakat luas dan memiliki harga jual yang tinggi.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Daur Ulang Kayu  

Kegiatan daur ulang merupakan proses pemanfaatan bahan olahan seoptimal mungkin. Terdapat beberapa aspek daur ulang yang dapat dijadikan konsep utama Timber Recycling sehingga memiliki kualitas dengan harga jual yang tinggi yaitu:

  • Persiapan bahan baku

Persiapkan bahan baku yang akan digunakan untuk proses daur ulang menjadi sebuah produk memiliki kualitas yang baik. Proses ini dapat diawali dengan pemilihan limbah kayu yang berasal dari beberapa produsen kayu untuk mendapatkan limbah kayu dalam jumlah besar yang berkualitas, contohnya industri furniture yang menjadi penyumbang limbah kayu terbesar. 

  • Perencanaan produk

Perencanaan produk dapat dimulai dengan menggabungkan kreativitas dan kebutuhan pasar untuk membentuk limbah kayu menjadi sebuah produk yang bersifat baru, berguna, unik, serta barang yang memiliki harga jual. Kemudian susunlah proses pembuatan produk yang sistematis dan efisien sehingga pada saat proses pembuatan produk akan memungkinkan untuk menghemat energi dan waktu. 

  • Pembuatan produk

Proses produksi pembuatan limbah kayu merupakan realisasi dari perencanaan produk yang sudah dibuat sebelumnya. Pada proses pembuatan produk, penting untuk memperhatikan langkah-langkah yang efisien dalam penggunaan bahan baku sehingga pengolahan limbah optimal dan tidak menghasilkan limbah lagi dari proses ini. Pembuatan produk limbah kayu dapat bervariasi tergantung jenis produk yang akan dibuat, dalam pembuatannya beberapa proses terbentuknya produk memerlukan alat khusus maupun teknologi untuk meningkatkan kualitas produk limbah kayu ini.

  • Pemasaran produk

Proses ini merupakan proses terpenting dalam pengembangan produk yang sudah dihasilkan. Pemasaran produk dapat dimulai dengan meningkatkan kesadaran masyarakat akan produk hasil olahan limbah kayu ini supaya tidak dipandang sebelah mata. Begitu juga dengan perencanaan strategi pemasaran yang jelas dan menarik bagi konsumen sehingga dapat meningkatkan penghasilan dari penjualan produk dan secara perlahan dapat memperluas pasar. 

Manfaat Timber Recycling

Pemanfaatan limbah kayu sebagai bahan olahan utama dalam membuat produk dinilai dapat menjadi sebuah solusi dalam menghemat sumber daya serta dapat meminimalisir dampak kerusakan alam terus-menerus yang dilakukan untuk memenuhi produksi pasar. Hal ini mengingatkan kita bahwa industri kayu sangat tergantung pada hasil kayu hutan. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan kayu secara optimal sampai dengan limbahnya dinilai dapat mengurangi laju penebangan kayu sehingga kerusakan hutan dapat dicegah. Pemanfaatan limbah ini juga dapat membantu mengurangi efek resiko pencemaran lingkungan karena pembuangan limbah kayu yang tidak tepat sehingga produk hasil olahannya dapat disebut sebagai produk yang ramah lingkungan. 

Gambar 3. Hasil Olahan Daur Ulang Kayu ©Pinterest
Gambar 3. Hasil Olahan Daur Ulang Kayu ©Pinterest

Pengolahan limbah kayu bukan hanya berdampak bagi hutan namun juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan produk yang dijualnya. Dengan keterampilan dan kreativitas masyarakat, limbah kayu dapat diubah menjadi produk yang berguna maupun produk yang memiliki nilai seni yang tinggi sehingga menjadi peluang sebuah usaha, baik usaha kecil maupun menengah. 

 

Penulis: Moh. Dwi Bahtiar

 

Referensi Literatur

Hidayat,July., Pramono,Rudy. 2019. Desain Hijau: Pemanfaatan Limbah Kayu Jati untuk Desain Furnitur Naratif dengan Aplikasi Finis Ramah Lingkungan. Jurnal VISUAL, Vol. 14 No. 1.

Nurjanah,Ika. 2020. Pemanfaatan Limbah Kayu dalam Industri Kreatif Patung Kuda di Yogyakarta. Jurnal Studi Kultural, Vol. 5 No.1. 

Setiawan,Agus., Putra,Suwandana., et al. 2019. Implementasi Recyle Limbah Kayu Hasil Produksi Plywood dan Work Wood Menjadi Bahan Baku Produk Particle Board di PT. Kutai Timber Indonesia Pabrik Probolinggo. Journal Knowledge Industrial Engineering (JKIE).

Subari,Darni.,Udiansyah., et al. 2012. Ekosfisiensi dan Faktor Pendukung Dalam Implementasinya Pada Proses Produksi Industri Kayu Lapis di Kalimantan Selatan. Jurnal Penelitian Hasil Hutan, Vol. 30 No. 3.

Sutapa,Gentur. 2011. Konsep Daur Ulang dan Penerapannya Dalam Pemanfaatan Kayu Sebagai Bahan Baku. Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada.

Sutarman,Wayan. 2015. Pemanfaatan Limbah Industri Pengolahan Kayu di Kota Denpasar ( Studi Kasus Pada CV Aditya). Jurnal PASTI, Vol.10 No.1.

 

Referensi Gambar

https://inhabitat.com/wp-content/blogs.dir/1/files/2018/03/Deforestation-Trees-889×589.jpg

https://i.pinimg.com/originals/3e/e4/60/3ee460430ea1b9f7d145da336b87e4ab.jpg

https://i.pinimg.com/564x/33/a7/f7/33a7f71e98fddb64fd3ff9903c2a687e.jpg

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk mendukung kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di Semarang. Mari bersama melestarikan dan menjaga pesisir Indonesia dari bahaya abrasi yang dapat merugikan banyak pihak!

Yuk, jadi pioneer penghijauan di daerah tempat tinggalmu!