Trees For The Future

Kampanye alam Trees For The Future adalah kolaborasi Greater Good bersama LindungiHutan. Kampanye alam ini dibuat pada tanggal 19 April 2021 berupa penggalangan dana bibit mangrove yang akan ditanam di pesisir Untia. Kampanye ini berlatarkan kepedulian akan kondisi lingkungan yang semakin rusak. Hal ini menjadi tantangan bagi kita untuk sadar dan peduli dengan aksi nyata untuk memperbaiki ekosistem, terutama ekosistem mangrove di pesisir Untia yang rusak akibat penurunan garis pantai.

Ads

Tentang Kami, Greater Good

Greater Good merupakan sebuah platform online ramah lingkungan. Dewasa kini terjadi peningkatan kebutuhan manusia yang melibatkan produksi massal serta bahan kimia yang tidak terkontrol, jejak karbon serta kemasan produk yang berpotensi menjadi sampah. Hal ini akan berdampak tidak hanya untuk lingkungan, namun juga sosial serta kesehatan pengguna produk itu sendiri. Atas keprihatinan inilah Greater Good lahir di Indonesia. Greater Good menyediakan produk kebutuhan yang menjamin kualitas & keamanan produk serta penggunaan bahan yang ramah lingkungan.

Gambar 1 Akun Instagram Greater Good
Gambar 1 Akun Instagram Greater Good

Filosofi Greater Good yaitu secara totalitas menyediakan produk yang membuat kualitas hidup lebih sehat, penggunaan sumber daya yang berkesinambungan, dan memiliki tanggung jawab sosial. 

Salah satu nilai yang dipegang Greater Good adalah berkomitmen membantu perbaikan lingkungan melalui kegiatan amal dan sosial. Nilai inilah yang mendasari langkah nyata Greater Good berkolaborasi bersama LindungiHutan. Dengan kampanye alam Trees For The Future, Greater Good menggalang donasi untuk penanaman bibit mangrove di pesisir Untia. 

Kawasan pesisir Untia mengalami penurunan kuantitas mangrove yang disebabkan pembalakan liar hutan mangrove serta pembuatan tambak ikan yang tidak tertata. Angin musim barat adalah angin yang mengalir dari Asia (musim dingin) ke Australia (musim panas). Angin musim barat melewati Indonesia bagian barat. Angin ini mengandung curah hujan yang banyak karena melewati perairan dan samudra. Saat angin musim barat melanda, rawan menyebabkan abrasi dikarenakan terpaan anginnya yang lebih kencang. Sementara banjir akan melanda pematang di sebelah selatan yang merupakan kawasan tambak.

Ads
Kapan jaga hutan? Sekarang! Buka lindungihutan.com

Kondisi pesisir secara keseluruhan, apabila dilihat menggunakan citra satelit pada perhitungan pasang surut dan kenaikan air laut, ditemukan pada tahun 2025 mendatang akan terjadi kenaikan air laut di pesisir Makassar hingga 30 cm lebih. Pada tahun 2050 menjadi 60 cm lebih dan pada tahun 2075 mencapai 90 cm lebih. Pada tahun 2100 kenaikannya diperkirakan sudah mencapai 122 cm.

Gambar 2 Kampanye Alam Greater Good Bersama LindungiHutan
Gambar 2 Kampanye Alam Greater Good Bersama LindungiHutan

Untuk itulah diperlukan replantasi mangrove guna memperbaiki ekosistem bakau serta mengurangi abrasi pesisir Untia. Hal inilah yang mendasari Greater Good bersama LindungiHutan melakukan kampanye Trees For The Future di pesisir Untia. Dengan donasi sebesar Rp25.000,00 untuk setiap bibit mangrove. Kampanye ini direncanakan akan diselenggarakan tanggal 31 Desember 2021 mendatang. 

Selain menahan abrasi, beberapa jenis mangrove juga bernilai ekonomis, dari menjadi bahan makanan khas hingga menjadi habitat kepiting yang dapat dijual oleh warga sekitar. Nantinya saat habitat mangrove rimbun dan terjaga baik, kawasan ini akan menjadi habitat alami bagi hewan-hewan bakau, lingkungan observasi pendidikan dan garda terdepan ombak laut. Bersama Lindungihutan, semangat menanam untuk Bumi yang lebih hijau. 

 

Kontributor : Fitria Bimasa

 

Referensi Gambar:

 

Greater Good. (n.d.). [Screenshot] Instagram https://www.instagram.com/greater.goods/?hl=id

LindungiHutan. (2021, 19 April). [Campaign]. LindungiHutan. https://lindungihutan.com/greatergood

 

LindungiHutan.com merupakan Platform Crowdfunding Penggalangan Dana Online untuk Konservasi Hutan dan Lingkungan. Kunjungi situs berikut https://lindungihutan.com/kampanyealam untuk melakukan kegiatan dan aksi penghijauan teman-teman di berbagai daerah. Mari kita sama-sama melestarikan lingkungan dan menjaganya.

 

Yuk bergabung bersama kami sebagai pioneer penghijauan!